Sistem kekebalan tubuh merupakan poin terpenting yang wajib kita jaga, terlebih selama masa pandemi Covid-19. Melakukan berbagai cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh sangat dianjurkan. Jika imunitas sudah terjaga dengan baik, maka risiko terserang berbagai macam penyakit pun dapat diminimalisir.

Meningkatkan daya tahan tubuh mudahnya dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Tetapi, salah satu cara terbaik untuk melakukannya – yaitu dengan vitamin B kompleks.

Tak bisa dipungkiri, vitamin C dan vitamin B kompleks merupakan kombinasi dua vitamin yang berperan penting dalam menjaga, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Rutin mengonsumsi kedua vitamin tersebut, baik dalam bentuk makanan maupun multivitamin – mesti dilakukan agar tubuh mendapat perlindungan ekstra.

 

 

 

Vitamin C, Nutrisi Penting Dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Rutin Konsumsi Vitamin C dan B Kompleks, Cara Baik Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh / Credit: womantalk.com

Kamu pasti sudah tahu bahwa vitamin C memang nutrisi yang berperan penting dalam menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Dalam perannya meningkatkan imunitas tubuh – vitamin C dapat mendorong produksi sel darah putih, yang disebut limfosit dan fagosit. Keduanya dapat membantu melindungi tubuh dari serangan virus penyebab infeksi.

Kemudian, vitamin C juga membantu kinerja sel darah putih jadi lebih efektif dan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Berperan sebagai antioksidan dan menguatkan perlindungan terhadap kulit. Dan, vitamin C mampu mempercepat penyembuhan luka.

 

Vitamin B Kompleks, Juga Tak Kalah Penting

Rutin Konsumsi Vitamin C dan B Kompleks, Cara Baik Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh / Credit: edukasi.kompas.com

Yang juga tak kalah penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh, yaitu vitamin B kompleks. Sayangnya, manfaat yang satu ini masih jarang diketahui banyak orang, lho.

Vitamin B kompleks terdiri dari delapan jenis vitamin yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuhmu. tetapi, jenis vitamin B yang punya peran paling besar dalam hal tersebut – adalah vitamin B6 (Pyrodoxine).

Berdasarkan studi yang dirilis oleh PubMed, tubuh yang kekurangan vitamin B6 dapat mempengaruhi respons imun karena produksi antibodi yang terganggu.

Vitamin B6 dapat membantu mengontrol kadar homosistein dalam darah. Selain itu, vitamin B6 dibutuhkan tubuh untuk menyerap vitamin B12 serta memproduksi sel- sel sistem kekebalan tubuh dan sel darah merah.

Jadi, kebutuhan vitamin B6 yang tercukupi dapat berdampak langsung dengan peningkatan sistem imunitas tubuh, karena produksi antibodi yang juga ikut meningkat.

Kemudian, vitamin B2 (Riboflavin) juga memiliki peran dalam meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin B2 berperan untuk membantu metabolisme makanan sehingga dapat diubah jadi energi, sehingga tubuh tidak mudah lemas dan daya tahan tubuh tidak ikut menurun.

Dan vitamin B12 juga sangat membantu metabolisme tubuh. Jika kamu kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan menurunkan respons imun, terutama ketika tubuh sedang diserang infeksi virus maupun bakteri. Dengan  kata lain, vitamin B12 memiliki efek langsung dalam meningkatkan imunitas tubuh.

 

 

 

Kedua Vitamin Tersebut Bisa Kamu Dapatkan Dengan Cara Ini

Rutin Konsumsi Vitamin C dan B Kompleks, Cara Baik Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh / Credit: ngovee.com

Setelah mengetahui peran vitamin C dan vitamin B kompleks dalam meningkatkan daya tahan tubuh – kini sudah saatnya kamu memenuhi kebutuhannya setiap hari.

Vitamin C bisa kamu peroleh dari sejumlah buah-buahan seperti jeruk, stroberi, kiwi, apel, pepaya, jambu biji, dan mangga. Sedangkan, sayuran yang kaya akan vitamin C, yaitu bayam, kale, kembang kol, brokoli, dan kubis.

Sementara, untuk vitamin B kompleks dapat kamu temui pada daging merah, ikan, produk susu dan olahannya, pasta, telur, gandum, dan biji-bijian.

Tapi tahukah kamu bahwa memenuhi kebutuhan vitamin C dan vitamin B kompleks tak cukup hanya dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan di atas? Untuk itu, kamu sangat direkomendasikan minum multivitamin, seperti Enervon-C setiap hari!

Mengapa mesti Enervon-C?

Karena, Enervon-C merupakan multivitamin yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Selain itu, Enervon-C juga dapat optimalkan proses metabolisme tubuhmu, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi energi yang lebih tahan lama!

Dari penjelasan di atas kamu memang disarankan mengonsumsi multivitamin Enervon-C setiap hari ya. Baik dalam bentuk tablet, maupun Enervon-C Effervescent yang punya kandungan Vitamin C 1000 mg.

 

Langkah Lain Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Rutin Konsumsi Vitamin C dan B Kompleks, Cara Baik Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh / Credit: republika.co.id

Mengonsumsi vitamin C dan vitamin B kompleks setiap hari memang penting dilakukan – tetapi, kamu juga perlu mengimbanginya dengan pola hidup sehat lain, yaitu:

 

Tunggu apa lagi? Sudah saatnya kamu mulai menerapkan deretan langkah meningkatkan daya tahan tubuh di atas, sehingga kesehatan tubuhmu makin terjaga!

 

 

 

Featured Image - usada.org