Moms Sering Stres Ketika Dampingi Anak Belajar Online? Yuk, Atasi Dengan Cara Ini

Moms Sering Stres Ketika Dampingi Anak Belajar Online? Yuk, Atasi Dengan Cara Ini

font size A Ǎ

Moms, apakah kamu sering mengalami rasa stres selama mendampingi anak belajar online di rumah? Tenang, sepertinya hal ini dialami oleh hampir setiap orangtua dengan anak yang masih duduk di bangku sekolah ya.

Belum terbiasa dengan sekolah online – menjadi penyebab utama orangtua menjadi bingung dan merasa stres. Belum lagi, jika kamu juga bekerja dari rumah – seolah-olah kamu memikul beban berat di pundak setiap harinya.

Tapi kini kamu tak perlu khawatir! Setidaknya ada lima cara yang perlu kamu lakukan untuk mengurangi rasa stres selama mendampingi anak sekolah online.

Untuk ulasan lengkapnya, silahkan baca di bawah ini ya!

 

 

 

Moms Sering Stres Ketika Dampingi Anak Belajar Online? Yuk, Atasi Dengan Cara Ini

Moms Sering Stres Ketika Dampingi Anak Belajar Online? Yuk, Atasi Dengan Cara Ini / Credit: klikdokter.com

Support System yang Kuat

Poin terpenting, yaitu kamu perlu memiliki support system yang baik. Ini berarti sama-sama mengetahui tentang keadaan ibu dalam membimbing anak sekolah online, sekaligus ikut berkontribusi dalam meringankan beban si ibu.

Misalnya, kamu dapat bergabung dalam komunikasi yang sama – dengan begitu kamu dapat menceritakan hal apa saja yang sudah dilalui dan merasa selalu dimengerti.

 

Turunkan Ekspektasi

Moms Sering Stres Ketika Dampingi Anak Belajar Online? Yuk, Atasi Dengan Cara Ini

Moms Sering Stres Ketika Dampingi Anak Belajar Online? Yuk, Atasi Dengan Cara Ini / Credit: bloktuban.com

Jika ibu sedang melewati masa-masa stres selama menemani anak belajar online – salah satu cara yang bisa bantu redakan stres tersebut, yaitu dengan menurunkan ekspektasi mengenai keadaan yang sedang kamu jalani.

Ekspektasi di sini berkaitan dengan jadwal teratur yang biasanya dijalani sebelum pandemi. Sebab, jadwal tersebut sangat sulit diterapkan di kondisi sekarang ini.

 

Mengontrol Emosi

Efek dari stres yang dirasakan seringkali berpengaruh pada emosi, terlebih saat berhadapan dengan anak-anak. Ingat, emosi ini mesti dijaga ya, moms! Jangan sampai karena emosi kamu jadi memarahi si kecil.

Salah satu indikator kebutuhan emosi bisa kamu jaga dengan melihat apakah kebutuhan sendiri sudah terpenuhi atau belum. Jika kamu merasa emosi dan marah – bisa jadi ada kebutuhan diri yang belum terpenuhi.

 

Menerapkan Rutinitas Pagi

Moms Sering Stres Ketika Dampingi Anak Belajar Online? Yuk, Atasi Dengan Cara Ini

Moms Sering Stres Ketika Dampingi Anak Belajar Online? Yuk, Atasi Dengan Cara Ini / Credit: entrepreneur.com

Hal ini juga penting untuk menjaga suasana hati, lho! Membentuk kebiasaan pagi yang dilakukan secara konsisten – dapat membuat harimu terasa lebih lancar. Misalnya, kamu senang minum teh di pagi hari, maka lakukan hal tersebut sebagai rutinitasmu.

Intinya, memanjakan diri sendiri dengan baik alias me time – merupakan cara efektif untuk menyenangkan diri sebelum berhadapan dengan aktivitas sepanjang hari.

 

Usahakan Punya Me Time

Mendampingi anak sekolah online bukan berarti ibu tak boleh punya me time, lho. Jika kamu tak sempat melakukan me time di pagi hari, kamu dapat mengalihkan waktu tersebut menjadi malam hari. Yang penting, kamu dapat konsisten melakukan me time setiap hari, meski terbilang sebentar.

 

 

Wah, apakah kamu punya cara tersendiri untuk mengatasi rasa stres selama mendampingi anak belajar dari rumah? Apapun hal yang kamu lakukan, yang terpenting dapat membuatmu tetap bahagia di tengah kondisi sulit. Tetap semangat!

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - popmama.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!