Apakah Kamu Mudah Tertular Flu? Hati-Hati, Ini Tanda Kekebalan Tubuh Lemah!

Apakah Kamu Mudah Tertular Flu? Hati-Hati, Ini Tanda Kekebalan Tubuh Lemah!

font size A Ǎ

Memasuki musim peralihan – tak jarang cuaca jadi tidak menentu. Terkadang matahari terik menyinari, kemudian turun hujan. Wah, kondisi cuaca seperti ini wajib diwaspadai ya. Sebab, hal ini merupakan salah satu penyebab kekebalan tubuh jadi menurun.

Lalu, bagaimana jika kekebalan tubuh menurun? Bisa jadi kamu lebih mudah terserang penyakit, salah satunya flupenyakit yang kerap dialami selama musim peralihan. Nah, kalau kamu mudah terserang flu, artinya kekebalan tubuhmu memang sedang melemah, nih.

Mengapa demikian?

 

 

 

Penyebab Mudah Terserang Flu

Apakah Kamu Mudah Tertular Flu? Hati-Hati, Ini Tanda Kekebalan Tubuh Lemah!

Apakah Kamu Mudah Tertular Flu? Hati-Hati, Ini Tanda Kekebalan Tubuh Lemah! / Credit: alodokter.com

Flu – termasuk salah satu penyakit yang sering dialami masyarakat. Mengingat, virusnya yang mudah menular. Virus penyebab flu – rhinovirus, mudah sekali menyebar melalui udara atau sentuhan tangan yang sudah terkontaminasi virus.

Jika kamu sudah tertular, biasanya akan timbul gejala-gejala flu yang mudah dideteksi, seperti hidung berair, tenggorokan sakit, demam ringan, sakit kepala, hingga bersin-bersin.

Meski memang mudah menular, tetapi ada lho orang yang ternyata jauh lebih mudah mengidap flu, dibandingkan orang lainnya. Umumnya, hal ini disebabkan karena alergi tertentu. Tetapi, faktor utamanya, yaitu kekebalan tubuh yang sedang melemah.

Kekebalan tubuh melemah – kerap terjadi selama musim peralihan, terlebih jika sudah memasuki musim hujan. Kondisi tersebut dapat meningkatkan jumlah mikroorganisme – yang membuat kekebalan tubuh bisa kewalahan dalam melawannya.

Jika sistem kekebalan tubuh tidak berhasil melawan mikroorganisme tersebut, tubuh bisa lebih mudah jatuh sakit.

Dari penjelasan di atas, kamu juga disarankan untuk mengenali sejumlah penyebab yang mengakibatkan sistem kekebalan tubuh melemah. Apa saja penyebab tersebut?

 

 

 

Penyebab Kekebalan Tubuh Melemah

Apakah Kamu Mudah Tertular Flu? Hati-Hati, Ini Tanda Kekebalan Tubuh Lemah!

Apakah Kamu Mudah Tertular Flu? Hati-Hati, Ini Tanda Kekebalan Tubuh Lemah! / Credit: halodoc.com

Stres

Setiap orang pasti merasakan stres ya? Tapi, rasa stres ini tak boleh dibiarkan berlarut, lho. Sebab, stres dapat menyebabkan kekebalan tubuh harus bekerja lebih keras dalam mempertahankan kesehatan – hal ini juga bisa menurunkan kekebalan tubuh.

 

Kurang Aktivitas Fisik

Sistem kekebalan tubuh tidak dapat bekerja dengan baik jika kamu menerapkan pola hidup sedentari. Untuk itu, pastikan kamu tetap aktif bergerak – atau lakukan olahraga ringan minimal 30 menit per hari ya.

 

Kurang Tidur

Kebiasaan ini seringkali dianggap sepele, padahal dapat berdampak besar pada menurunnya kekebalan tubuhmu! Tidur merupakan aktivitas penting – sebab ketika tidur sel-sel dalam darah bekerja melawan infeksi.

 

Asupan Nutrisi Kurang Baik

Pola makan yang tidak sehat, terutama jika dikombinasikan dengan kurangnya aktivitas fisik – tentu dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah. Untuk itu, kamu sangat dianjurkan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, termasuk buah-buahan dan sayur.

 

 

 

Lalu, Bagimana Agar Kekebalan Tubuh Tetap Kuat?

Apakah Kamu Mudah Tertular Flu? Hati-Hati, Ini Tanda Kekebalan Tubuh Lemah!

Apakah Kamu Mudah Tertular Flu? Hati-Hati, Ini Tanda Kekebalan Tubuh Lemah! / Credit: food.detik.com

Untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat – mudahnya, kamu disarankan menjalani pola hidup sehat. Hal ini meliputi konsumsi makanan sehat dan bernutrisi, istirahat yang cukup, kelola stres dengan baik, dan rutin berolahraga.

Kemudian, yang tidak boleh dilewatkan – yaitu memenuhi kebutuhan vitamin, terlebih vitamin C dan vitamin B kompleks. Mengapa demikian? Sebab, sejumlah vitamin tersebut secara efektif dapat menjaga sistem kekebalan tubuh kamu.

Untuk memenuhinya, kamu dapat minum multivitamin dengan kandungan lengkap seperti Enervon-C, lho!

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – kombinasi sejumlah vitamin tersebut dapat bantu jaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Selain itu, Enervon-C mampu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuhmu dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama! Nah, kalau manfaat yang ini berkaitan erat dengan kandungan vitamin B kompleks ya.

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet – kalau yang ini punya kandungan vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C 1000 mg yang mampu memberi rasa segar!

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya penjelasan mengenai mudah terkena flu – berarti sistem kekebalan tubuhmu sedang lemah. Mulai sekarang, yuk terapkan pola hidup sehat – jadi kamu tak mudah terpapar flu dan berbagai penyakit lainnya!

 

Featured Image - honestdocs.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!