Antioksidan, Kandungan Penting yang Juga Dapat Tingkatkan Imunitas

Antioksidan, Kandungan Penting yang Juga Dapat Tingkatkan Imunitas

font size A Ǎ

Kamu pasti sudah mengenal kandungan antioksidan, ya? Nutrisi yang terkandung dalam sejumlah jenis vitamin, termasuk vitamin C ini merupakan kandungan penting untuk tubuh. Sebab, antioksidan mampu melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit – termasuk berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Antioksidan – merupakan senyawa yang bekerja melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, terlebih akibat radikal bebas. Sejatinya, tubuh bisa memproduksi antioksidan sendiri, meski demikian kamu disarankan juga mengonsumsi sejumlah makanan bernutrisi tinggi yang kaya antioksidan.

Mengapa demikian? Agar manfaat dari antioksidan tersebut bisa bekerja secara optimal dalam tubuhmu.

 

 

 

Apa Saja Manfaat Antioksidan?

Antioksidan, Kandungan Penting yang Juga Dapat Tingkatkan Imunitas

Antioksidan, Kandungan Penting yang Juga Dapat Tingkatkan Imunitas / Credit: super-hrana.si

Selain berperan sebagai pelindung tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas – antioksidan juga punya berbagai manfaat baik lainnya, berikut ini di antaranya.

  • Mencegah kerusakan sel dan organ tubuh
  • Mencegah tubuh terserang berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal
  • Mencegah terjadinya penuaan dini
  • Meningkatkan daya tahan tubuh

 

Lalu, Bagaimana Cara Kerja Antioksidan?

Antioksidan, Kandungan Penting yang Juga Dapat Tingkatkan Imunitas

Antioksidan, Kandungan Penting yang Juga Dapat Tingkatkan Imunitas / Credit: halodoc.com

Mengenai cara bekerja kandungan ini – antioksidan akan bekerja melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang menyerang. Radikal bebas yang sering memapari tubuh manusia seperti sinar matahari, bahan kimia, polusi, stres, junk food, hingga kurangnya waktu istirahat.

Nantinya, paparan radikal bebas akan membentuk molekul yang mengambil elektron dari sel-sel normal. Akibatnya, sel menjadi tidak stabil dan rusak. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, kerusakan sel bisa menyebabkan kerusakan organ dan menimbulkan penyakit.

Di sinilah peran antioksidan – kandungan ini akan bekerja melawan radikal bebas, serta mengembalikan elektron pada sel yang tidak stabil. Dengan begitu, kerusakan sel pun dapat dicegah.

 

Sumber Antioksidan

Antioksidan, Kandungan Penting yang Juga Dapat Tingkatkan Imunitas

Antioksidan, Kandungan Penting yang Juga Dapat Tingkatkan Imunitas / Credit: okadoc.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya – antioksidan dapat diperoleh dari sejumlah makanan tertentu, seperti sayur dan buah, serta rempah-rempahan. Untuk itu, kamu memang direkomendasikan mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya ya – jadi, manfaat antioksidan bisa kamu rasakan!

Tapi perlu diketahui nih, setiap buah dan sayur punya jenis antioksidan yang berbeda ya. Misalnya, buah jeruk, kiwi, jambu biji, dan mangga punya antioksidan dalam bentuk vitamin C – ini baik untuk menjaga daya tahan tubuhmu.

Ingin perlindungan tubuh makin maksimal? Kamu bisa dapatkan antioksidan dalam bentuk multivitamin yang mengandung vitamin lengkap, seperti Enervon-C!

Enervon-C memiliki kandungan Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

 

 

 

Jadi, tunggu apa lagi? Dari penjelasan di atas, kamu memang dianjurkan memperoleh asupan antioksidan setiap harinya ya. Dengan begitu, kesehatan tubuh – terutama imunitas dapat terjaga.

 

Featured Image - lifepack.id

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!