Stres Bisa Lemahkan Kekebalan Tubuh. Kok Bisa?

Stres Bisa Lemahkan Kekebalan Tubuh. Kok Bisa?

font size A Ǎ

Kamu pasti sudah mengetahui ya kalau rasa stres yang kerap dialami merupakan salah satu penyebab kekebalan tubuh menurun. Untuk itu, kamu memang dianjurkan mengetahui cara mengelola stres yang baik. Meski demikian, mengapa sih stres bisa turunkan kekebalan tubuh? Informasi lengkapnya bisa kamu simak di sini ya!

 

 

 

Stres dapat diartikan sebagai sesuatu hal yang terjadi – hal inilah yang dapat mengganggu pikiran, hingga keseimbangan kehidupan manusia. Kondisi stres yang terjadi berlarut-larut, dapat mengganggu mood, merasa kurang nyaman pada diri sendiri, perubahan sikap perilaku, dan memberi dampak buruk bagi kesehatan – salah satunya berkaitan dengan kekebalan tubuh.

Sejatinya, stres memiliki dua jenis, yaitu stres akut – yang tidak memberi dampak terlalu berat bagi kesehatan. Dan, stres kronis – jenis ini bisa mengganggu kesehatan tubuh secara signifikan.

Tubuh manusia dapat bersifat adaptif terhadap stres akut, sebab jenis stres ini umumnya mudah diatasi. Namun, jika dibiarkan terlalu lama, stres akut bisa menjadi kronis – akhirnya mengganggu kesehatan, sekaligus mengakibatkan kerusakan jaringan.

Dari kerusakan jaringan yang terjadi – kekebalan tubuh akan menurun. Ketika orang mengalami stres, ada sejumlah hormon yang dikeluarkan seperti corticotropin-releasing hormone (CRH), sehingga imunitas pun melemah.

 

Pengaruh Stres Terhadap Kekebalan Tubuh

Stres Bisa Lemahkan Kekebalan Tubuh. Kok Bisa?

Stres Bisa Lemahkan Imunitas Tubuh. Kok Bisa? / Credit: doktersehat.com

Kekebalan tubuh memang dapat terpengaruhi ketika kamu merasa stres. Bahkan, imunitas kulit kamu pun bisa ikut terganggu, lho. Dilansir dari Klik Dokter – beberapa penelitian menyebutkan bahwa kulit merupakan organ tubuh yang sensitif terhadap stres.

Jadi, selain menurunnya kekebalan tubuh – kemudian, kamu lebih mudah sakit. Stres juga dapat memengaruhi imunitas kulit. Jadi, tak heran ketika stres kulit kamu cenderung bermasalah, seperti kulit semakin kering, atau timbul jerawat.

 

 

 

Lalu, Bagaimana Cara Atasi Stres Agar Kekebalan Tubuh Terjaga?

Stres Bisa Lemahkan Kekebalan Tubuh. Kok Bisa?

Stres Bisa Lemahkan Imunitas Tubuh. Kok Bisa? / Credit: alodokter.com

Ingat! Kamu tak boleh berlarut dalam rasa stres yang kamu alami ya. Jadi, kamu perlu mengelola stres dengan baik – sehingga rasa stres berkepanjangan pun bisa dihindari.

Kamu dapat kelola stres dengan melakukan beberapa kiat ini.

Relaksasi

Cara paling mudah, yaitu lakukan berbagai kegiatan yang dapat menenangkan pikiranmu, misalnya olahraga, meditasi, atau menghirup aromaterapi. Yang penting kegiatan tersebut bisa membuatmu relaks dan meningkatkan mood.

 

Bersih dan Rapih

Tahukah kamu kalau kebersihan dan kerapihan juga dapat membuat pikiranmu lebih tenang? Ya, jadi kamu bisa mulai merapihkan ruangan dan benda-benda di sekelilingmu, hal ini bisa bantu kurangi rasa stres.

 

Melakukan Hobi

Kalau kamu punya hobi yang sempat tertunda, ini saatnya kamu mulai melakukannya! Penelitian menunjukkan bahwa melakukan hobi yang menyenangkan dapat mengurangi dampak negatif dari stres.

 

Setelah melakukan deretan kiat mengatasi stres – jangan lupa untuk terapkan pola hidup yang sehat ya. Sebab, poin ini juga penting untuk menjaga kekebalan tubuh kamu, lho! Selain itu, pola hidup sehat juga bisa bantu kamu terhindar dari rasa stres yang kerap muncul.

Dengan rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, hingga istirahat yang cukup – tentu saja bisa mengurangi dan menghindarimu dari stres kan?

Nah, satu hal lagi yang penting – selalu penuhi kebutuhan vitamin harianmu ya! Ini bisa dilakukan dengan minum multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C.

Enervon-C punya kandungan vitamin baik, mulai dari Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang baik untuk menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Belum lagi, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C – kandungan ini bisa bantu proses metabolisme. Jadi, tubuhmu memiliki sumber energi yang lebih tahan lama! Bisa bikin kamu makin produktif, ya?

 

 

 

Apakah belakangan waktu terakhir kamu sering alami stres? Wah, mesti segera diatasi ya! Sebab, stres dalam jangka panjang bisa menurunkan kekebalan tubuh dan mengganggu kesehatan, lho.

Untuk atasinya, kamu bisa coba mulai terapkan sejumlah kiat di atas – dan pastikan kamu menerapkan pola hidup sehat juga ya!

 

Featured Image - cleanandclear.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!