Memiliki vitamin dan mineral tubuh bisa terpenuhi. Lalu, bagaimana jika tidak? Kemungkinan sejumlah fungsi tubuh tak bisa berjalan dengan baik, lho!

Diet yang kurang nutrisi bisa menimbulkan berbagai gejala dan masalah kesehatan. Wah, sudah pasti tidak menyenangkan ya? Sejumlah gejala ini mengindikasikan adanya masalah akan kebutuhan vitamin dan mineral tubuh.

Mengenai sejumlah tanda kekurangan vitamin dan mineral – bisa bantu kamu memperbaiki dan menyesuaikan pola makanmu nih.

Untuk itu, berikut sejumlah gejala umum dari kekurangan vitamin dan mineral yang wajib kamu perhatikan!

 

 

 

5 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin dan Mineral

Hati-Hati, Alami 5 Hal Ini Jadi Tanda Tubuhmu Kekurangan Vitamin dan Mineral / Credit: health.kompas.com

Rambut dan Kuku Rapuh

Kamu kekurangan vitamin B7 alias biotin? Ada kemungkinan kamu bisa alami tanda ini! Ketika kekurangan vitamin B7, maka gejala yang paling dirasakan termasuk rambut mudah rapuh, menipis, dan bercabang. Begitu pula dengan kondisi kuku.

Selain itu, gejala lain dari kekurangan vitamin dan mineral – lebih tepatnya vitamin B7 bisa berupa kelelahan berkepanjangan, nyeri otot, kram, dan kesemutan di tangan atau kaki.

 

Sariawan

Kalau kamu sering sariawan – ini tandanya kamu kekurangan vitamin B, lebih tepatnya vitamin B6. Tak hanya sariawan, ketika kamu kekurangan deretan vitamin tersebut, kamu bisa alami sudut mulut retak atau kering, bibir berdarah, dan produksi air liur berlebihan.

Jadi, kalau kamu alami gejala ini coba perbanyak konsumsi makanan kaya akan vitamin B kompleks ya!

 

Gusi Berdarah

Hati-Hati, Alami 5 Hal Ini Jadi Tanda Tubuhmu Kekurangan Vitamin dan Mineral / Credit: tribunnews.com

Nah, yang satu ini merupakan indikasi bahwa kamu kekurangan vitamin C – yang punya peran penting dalam menjaga kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan berperan sebagai antioksidan.

Ingat, vitamin C tak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, lho. Untuk itu, memenuhi kebutuhannya, baik dari sumber makanan maupun suplemen sangat dianjurkan. Jadi, dampak buruk dari kekurangan vitamin C bisa dihindari!

 

Kulit Kepala Bersisik

Dermatitis seboroik merupakan bagian dari masalah kesehatan kulit yang memengaruhi area penghasil minyak di tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi gatal dan mengelupas.

Meski dermatitis seboroik kemungkinan disebabkan oleh berbagai faktor, tetapi kekurangan vitamin B kompleks – seperti vitamin B3, vitamin B2, dan vitamin B6 merupakan salah satu penyebab yang patut diperhatikan.

Jadi, bagi penderita dermatitis seboroik disarankan untuk rajin mengonsumsi makanan yang kaya akan sejumlah vitamin di atas ya.

 

Rambut Rontok

Gejala kekurangan vitamin dan mineral yang juga paling sering dialami, yaitu rambut rontok. Tanda ini mengindikasikan bahwa kamu kekurangan zat besi, vitamin B3, vitamin B7, dan asam linoleat. Untuk itu, coba penuhi kebutuhan vitamin tersebut ya – siapa tahu masalah rambut rontokmu bisa segera diatasi.

 

 

 

Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral Dengan Minum Enervon-C!

Hati-Hati, Alami 5 Hal Ini Jadi Tanda Tubuhmu Kekurangan Vitamin dan Mineral / Credit: investor.id

Dapat disimpulkan dari penjelasan di atas – kekurangan sejumlah vitamin dan mineral, lebih tepatnya vitamin C dan vitamin B kompleks bisa menyebabkan sejumlah gejala di atas ya. Nah, untuk menghindarinya kamu disarankan minum multivitamin lengkap, seperti Enervon-C nih!

Mengapa sih mesti Enervon-C?

Karena kandungan Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat dalam Enervon-C dapat bantu menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Selain itu, rutin minum Enervon-C berarti kamu sudah memenuhi kebutuhan vitamin di atas – sudah pasti ini bisa menghindarimu dari sejumlah gejala-gejala tersebut ya?

Enervon-C tersedia dalam dua jenis, yaitu Enervon-C tablet dengan kandungan vitamin C 500 mg. dan Enervon-C Effervescent yang punya kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg!

 

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sudah jelas ya mengenai tanda-tanda dari kekurangan vitamin dan mineral yang mungkin kamu alami? Mulai sekarang, yuk perhatikan kembali pola makanmu agar tubuh tetap sehat.

 

Featured Image - goodnet.org