Sampai saat ini, masih belum ada pihak yang mampu memastikan dari mana asal Covid-19. Belum lama ini, ada klaim yang mengatakan bahwa Wuhan, China bukanlah lokasi pertama menyebarnya Covid-19. Melainkan, ada tiga negara yang disebut jadi tempat virus tersebut muncul.

 

 

 

Meski belum bisa dipastikan, tetapi WHO pun sudah merespons atas pernyataan tersebut. Dikutip dari Detik – pihak WHO mengatakan bahwa hal ini sangat spekulatif, tetapi WHO meyakini bahwa virus tersebut tak berasal dari Wuhan, China.

Selain China, ada beberapa negara lainnya yang disebut sebagai tempat asal virus corona. Apa saja negara tersebut?

 

Spanyol

Bukan China, 3 Negara Ini Diklaim Jadi Tempat Pertama Menyebarnya Covid-19 / Credit: aa.com.tr

Covid-19 sempat diyakini berawal dari Spanyol. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya jejak virus corona pada air limbah di Spanyol. Bahkan, penemuan tersebut dilaporkan sebelum virus corona mulai menyebar di China. Berdasarkan studi, diklaim bahwa keberadaan genom SARS-CoV-2 ditemukan dalam sampel limbah Barcelona dari Maret 2019 silam.

Penemuan virus corona dalam air limbah tersebut diyakini terjadi karena air limbah merupakan tempat yang ideal untuk virus.

 

Italia

Bukan China, 3 Negara Ini Diklaim Jadi Tempat Pertama Menyebarnya Covid-19 / Credit: newsaf.cgtn.com

Seorang epidemolog China, Zheng Guang mengatakan bahwa virus corona bukanlah berasal dari China. Menurutnya, virus tersebut hanya teridentifikasi pertama kali di kota Wuhan.

Kemudian, ia pun mengutip sebuah penelitian di Italia, yang menunjukkan bahwa Covid-19 sudah menyebar di Italia terlebih dahulu – tepatnya, sebelum Desember 2019.

Berdasarkan studi National Cancer Institute (INT), kota Milan, Italia, Covid-19 sudah menyebar di kota tersebut sejak September 2019. Ini menunjukkan bahwa Covid-19 memang sudah menyebar, bahkan sebelum kasus pertama di Wuhan.

 

India

Bukan China, 3 Negara Ini Diklaim Jadi Tempat Pertama Menyebarnya Covid-19 / Credit: iisd.org

Setelah China dan Italia, kini ada pula studi yang menyebut bahwa Covid-19 pertama kali menyebar di India. Studi tersebut dimuat dalam jurnal medis The Lancet – berjudul The Early Cryptic Transmission and Evolution of SARS-CoV-2 in Human Hosts.

Dalam studi tersebut, peneliti juga menghitung mutasi jenis virus corona di 17 negara, seperti Australia, Bangladesh, Yunani, Amerika Serikat, Italia, India, dan Republik Ceko. Dari sini peneliti menarik kesimpulan – wabah Covid-19 pertama terjadi di wilayan dengan keragaman genetik.

Dari hal tersebut ditemukan bahwa tidak ada tempat yang lebih beragam secara genetik selain India dan Bangladesh – oleh karena itu, disebut jika India merupakan tempat pertama merebaknya virus corona.

 

 

 

Featured Image - rfi.fr

Source - detik.com