Menangis merupakan cara alami bayi untuk menyampaikan rasa tidak nyaman atau tanda ia membutuhkan sesuatu. Namun, sebagai ibu baru kamu mungkin sering merasa bingung ketika bayi terus menangis.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena berikut beberapa Teknik yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan bayi yang menangis.

1. Bedong bayi

Credit: Liputan6

Berada dalam bedongan bisa mencegah tubuh bayi gemetaran, sehingga membuatnya merasa lebih aman dan nyaman. Di samping itu, cara ini juga bisa membantu bayi tertidur lebih tenang dan nyenyak.

Jika kamu ingin membedong bayi pastikan kamu mengetahui bagaimana cara yang benar untuk melakukannya. Terlalu erat membedong bayi bisa menyebabkan merusak persendian kaki bayi, bahkan hingga merusak tulang rawan dari rongga pinggul dan juga bisa membuatnya sulit bernapas dengan baik.

2. Posisikan bayi meringkuk

Credit: Kumparan

Di dalam rahim, bayi menghabiskan sebagian besar waktunya dalam posisi meringkuk. Itu sebabnya menggendong atau membaringkan bayi dalam posisi meringkuk bisa membuat bayi merasa lebih nyaman. Posisi ini dilakukan dengan mengapit bayi pada sisi tubuh, tepatnya di bawah lenganmu.

Namun perlu diketahui, meletakkan bayi dalam posisi seperti ini, hanya dilakukan jika ia terus-menerus menangis. Sementara dalam kondisi biasa, selalu letakkan bayi dalam posisi telentang.

3. Bisikan suara ‘sshhh..’

Credit: Liputan6

Kebanyakan orang tua pasti sering mengeluarkan suara ‘sshhh..’ sambil mengusap atau menepuk punggungnya saat bayi menangis terus.

Membisikkan suara ‘sshhh..’ tepat di telinga bayi bisa membuat mereka lebih tenang dan nyaman. Hal ini karena suara tersebut mirip dengan suara ketika bayi berada di dalam rahim.

4. Mengayunkan bayi

Credit: Grid.ID

Gerakan berirama seperti mengayun atau menggoyangkan bayi akan mengingatkan ia ketika masih di dalam perut. Jika semakin kencang tangisan bayi, maka kamu harus semakin kuat pula mengayunkannya. Namun ingat, kamu harus berhati-hati ketika mengayunkannya. Dan sambil mengayun bayi, kamu bisa menyanyikan lagu dengan tempo lambat dan suara lembut.

5. Sentuhan lembut

Credit: Hipwee

Sentuhan bisa merangsang perasaan nyaman di otak bayi. Itu sebabnya, jangan pernah meremehkan “kekuatan” sentuhan untuk membuat si kecil merasa lebih nyaman. Meski begitu, bayi juga terkadang membutuhkan lebih dari sekedar sentuhan untuk membuatnya nyaman, seperti menepuk-nepuk punggungnya atau memijatnya dengan lembut.

Yang harus diperhatikan ketika bayi menangis

Credit: Jawapos

Menangis merupakan cara alamiah bayi untuk berkomunikasi dan menyampaikan rasa tidak nyaman atau membutuhkan sesuatu. Sebagian besar bayi menangis karena mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim.

Selama 9 bulan bayi terbiasa dengan suasana rahim. Adanya cahaya, warna, tekstur, suara, juga sensasi-sensasi baru seperti rasa lapar atau akan terasa sangat mengganggu bagi mereka. Oleh karena itu, menciptakan sensasi yang menyerupai kondisi di dalam rahim merupakan cara terbaik untuk menenangkan bayi menangis.

Namun jika bayi menangis terus menerus walaupun kamu telah berusaha menenangkan dengan berbagai cara yang sudah disebutkan di atas, jangan ragu untuk menghubungi dokter anak. Terutama apabila kamu juga mengamati beberapa tanda atau gejala yang aneh pada si kecil.

 

Featured Image - Hai Bunda