Golden Age: 3 Pola Pendidikan yang Perlu Diterapkan Pada Anak

Golden Age: 3 Pola Pendidikan yang Perlu Diterapkan Pada Anak

font size A Ǎ

Parents! Kalian pasti sudah sering mendengar kata golden age ya? Masa ini merupakan periode emas anak – di mana otak dan fisik si kecil sedang mengalami perkembangan secara pesat. Golden age akan terjadi ketika anak berusia 0-5 tahun.

Untuk mengoptimalkannya, orangtua mesti menerapkan sejumlah pola pendidikan yang baik, termasuk memenuhi kebutuhan nutrisi kecil.

 

 

 

Golden age merupakan momen kritis anak – karena, golden age merupakan waktu terbaik untuk memaksimalkan seluruh perkembangan dan pertumbuhan anak, terlebih yang berkaitan dengan kecerdasannya.

Salah satu untuk optimalkan golden age anak, yaitu dengan menerapkan pola pendidikan yang baik. Sebab, kasih sayang orangtua sangat berpengaruh terhadap kecerdasan anak di periode emas ini. Adanya interaksi yang baik – mampu meningkatkan segala kemampuan yang dimiliki anak.

 

3 Pola Pendidikan Di Masa Golden Age

Golden Age: 3 Pola Pendidikan yang Perlu Diterapkan Pada Anak

Golden Age: 3 Pola Pendidikan yang Perlu Diterapkan Pada Anak / Credit: ruangmom.com

Pola Asah

Pertama, ada pola asah – apakah itu? Pola asah merupakan upaya merawat anak yang bertujuan untuk mengasah dan merangsang semua kemampuan yang dimiliki anak. Pola pendidikan ini juga baik untuk memunculkan bakat terpendam anak.

Menerapkan pola asah di masa golden age, bisa diterapkan dengan mengasah kemampuan anak melalui pendidikan dan pembelajaran.

 

Pola Asih

Menerapkan pola asih dapat memperkuat bonding antara orangtua dan anak. Dengan adanya ikatan, kasih sayang antara anak, orangtua, dan sesama pun dapat terbentuk dengan baik.

Pola asih dapat dituangkan melalui bentuk pujian, penghargaan, kasih sayang, memberi anak pengalaman baru, rasa tanggung jawab, dan mengajarkan kemandirian pada anak. Pola asih yang benar dapat memaksimalkan perkembangan kecerdasan emosi si kecil.

 

Pola Asuh

Di masa golden age, pola asuh yang tepat juga diperlukan – hal ini berkaitan erat dengan cara merawat anak di kehidupan sehari-hari. Baik soal asupan gizi, kebutuhan tempat tinggal yang layak, pakaian yang bersih dan nyaman, serta memenuhi kebutuhan lain soal kesehatan anak.

Perlu diketahui – deretan hal tersebut berperan penting dalam pertumbuhan anak, terlebih soal kebutuhan gizi yang cukup.

 

 

Memenuhi Kebutuhan Gizi,

Kunci Penting Optimalkan Golden Age

Golden Age: 3 Pola Pendidikan yang Perlu Diterapkan Pada Anak

Golden Age: 3 Pola Pendidikan yang Perlu Diterapkan Pada Anak / Credit: berkeluarga.id

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memenuhi kebutuhan gizi anak wajib dilakukan – sebab, ini berkaitan erat dengan pertumbuhannya, terlebih di masa golden age.

Untuk itu, orangtua disarankan untuk menerapkan sejumlah hal berikut ini.

  • Penuhi kebutuhan nutrisi anak sehari- hari. Pastikan ia mendapat makanan bergizi seimbang, yang kaya akan sejumlah vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, asam folat, zinc, kalsium, selenium, omega 3, dan omega 6.
  • Perhatikan asupan cairan anak. Jangan sampai si kecil mengalami dehidrasi.
  • Berikan ia camilan sehat seperti buah – kamu bisa mengolahnya dalam bentuk jus.
  • Beri multivitamin khusus anak untuk optimalkan pertumbuhannya.

Berkaitan dengan multivitamin anak – kamu bisa berikan multivitamin sirup yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup yang memiliki kandungan vitamin lengkap untuk si kecil, yaitu, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

 

 

Untuk maksimalkan golden age anak, para orangtua dituntut untuk melakukan upaya yang lebih ekstra, salah satunya dengan menerapkan sejumlah pola pendidikan di atas ya. Hal tersebut dapat membantu pertumbuhan sekaligus perkembangan anak selama periode emasnya.

 

Featured Image - berkeluarga.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!