6 Hak Anak Di Rumah Yang Mesti Dipenuhi Oleh Orangtua

6 Hak Anak Di Rumah Yang Mesti Dipenuhi Oleh Orangtua

font size A Ǎ

Sama seperti orang dewasa, anak-anak tentu memiliki hak untuk hidup yang layak, terlebih selama berada di rumah bersama keluarga. Untuk itu, orangtua dituntut bisa memenuhi hak anak di rumah – hal ini juga memiliki kaitan erat dengan pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

 

 

 

Tak melulu soal kewajiban yang perlu dilakukan anak – tetapi, hak anak di rumah pun mesti dipenuhi oleh orangtua. Mulai dari soal kesehatan, hingga kenyamanan anak selama berada di rumah bersama anggota keluarga lainnya.

Setidaknya, ada enam hak anak di rumah yang perlu dipenuhi orangtua. Apa saja hak tersebut?

 

6 Hak Anak Di Rumah

6 Hak Anak Di Rumah Yang Mesti Dipenuhi Oleh Orangtua

6 Hak Anak Di Rumah Yang Mesti Dipenuhi Oleh Orangtua / Credit: sehatq.com

Hak Mendapat Asupan Nutrisi

Sejak usia dini, anak membutuhkan asupan nutrisi yang baik – ini bisa diperoleh melalui makanan dan minuman bergizi. Dengan demikian, pertumbuhan anak dapat berjalan secara optimal.

Hak anak yang satu ini perlu diberikan sejak awal kehidupannya, seperti anak berhak mendapatkan ASI yang dilanjurkan dengan makanan pendamping. Kemudian, hal ini juga bisa dilakukan dengan memberi anak makanan 4 sehat 5 sempurna.

Tak lupa – hak anak untuk mendapat asupan vitamin yang baik. Salah satunya, dengan memberi multivitamin khusus anak, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Enervon-C Plus Sirup memiliki kandungan vitamin lengkap untuk si kecil, yaitu, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Hak Mendapat Jaminan Kesehatan

Selanjutnya, hak anak di rumah juga meliputi jaminan kesehatan yang layak diterimanya. Jaminan kesehatan, meliputi imunisasi, makanan yang sehat, akses ke layanan kesehatan, hingga pemeriksaan gigi setiap enam bulan.

 

Hak Mendapat Perlindungan

6 Hak Anak Di Rumah Yang Mesti Dipenuhi Oleh Orangtua

6 Hak Anak Di Rumah Yang Mesti Dipenuhi Oleh Orangtua / Credit: kumparan.com

Orangtua juga perlu memenuhi hak anak yang satu ini ya! Pastikan anak mendapatkan perlindungan dan keamanan – ini berlaku bagi anak perempuan maupun laki-laki. Lindungi anak dari kekerasan secara fisik, verbal, psikis, hingga perlakuan yang berbahaya.

 

Hak Mendapat Pendidikan

Anak juga berhak mendapatkan pendidikan layak, baik dari lembaga sekolah maupun di rumah. Jika orangtua belum mampu menyekolahkan anak, Pemerintah melalui Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 mengenai Perlindungan Anak – pihak pemerintah akan bertanggung jawab memberi biaya bantuan.

Selain di sekolah, anak juga berhak diberi bimbingan selama bekerja di rumah, misalnya ketika sedang mengerjakan PR.

 

Hak Untuk Bermain

6 Hak Anak Di Rumah Yang Mesti Dipenuhi Oleh Orangtua

6 Hak Anak Di Rumah Yang Mesti Dipenuhi Oleh Orangtua / Credit: kalderanews.com

Selain hak anak di rumah dalam hal pendidikan, anak juga berhak memiliki waktu untuk bermain. Ingat, bermain juga termasuk salah satu cara untuk belajar, lho.

Melalui aktivitas bermain anak bisa mempelajari berbagai hal baru yang ada di sekitarnya. Lebih baik lagi, jika orangtua menemani anak bermain – selain baik untuk perkembangan si kecil, kegiatan ini juga bisa mempererat hubungan orangtua dan anak.

 

Hak Mendapat Kesejahteraan Hidup

Yang dimaksud di sini, yaitu hal-hal yang membuat anak merasa nyaman dan tidak merasa kesulitan. Hak ini dapat diberikan orangtua berupa pakaian, uang jajan, hingga rekreasi.

 

 

 

Tidak hanya memberi kewajiban yang perlu dilakukan anak, tetapi orangtua juga mesti memenuhi hak anak di rumah ya. Sebab, secara langsung dan tak langsung – sejumlah hak tersebut mampu memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan si kecil!

 

Featured Image - portaljember.pikiran-rakyat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!