Liburan akhir tahun sudah tiba – di momen seperti ini, banyak masyarakat yang memiliki rencana bepergian, termasuk mengunjungi keluarga. Namun, apakah kegiatan tersebut aman dilakukan semasa pandemi?

 

 

 

Sebenarnya, masyarakat memang lebih dianjurkan untuk berada di rumah saja. Dengan begitu, risiko penularan virus corona pun bisa diminimalisir. Untuk itu, bagi kamu yang belum memutuskan rencana pergi liburan atau mengunjungi keluarga – simak dahulu sejumlah informasi di bawah ini!

 

Lindungi Keluarga Dari Covid-19 Selama Liburan, Bagaimana Caranya?

Kunjungi Keluarga Saat Liburan Akhir Tahun. Amankah Dilakukan Di Tengah Pandemi? / Credit: parentstory.com

Seperti yang sudah disebutkan, cara paling ampuh melindungi diri dan keluarga dari ancaman virus, yaitu dengan berada di rumah saja. Sebab, virus corona sangat mudah menular – bahkan, dari orang yang tidak menunjukkan gejala sekalipun.

Untuk menjaga keamanan keluarga, berikut ini hal yang bisa dilakukan.

 

Sudah Punya Hasil Tes Covid-19, Jadi Bolehkah Berlibur Bersama Keluarga?

Kunjungi Keluarga Saat Liburan Akhir Tahun. Amankah Dilakukan Di Tengah Pandemi? / Credit: theconversation.com

Sayangnya, surat keterangan bebas Covid-19 atau hasil tes yang negatif bukanlah jaminan. Idealnya, kamu dan keluarga pelu melakukan karantina sebelum dan sesudah menerima hasil tes – untuk menghindari kemungkinan paparan.

Ingat, meski hasil tes negatif, belum tentu kamu benar-benar terbebas dari paparan virus. Ini disebabkan karena virus membutuhkan waktu untuk berkembang di dalam tubuh.

 

Bagaimana Kalau Ingin Mengunjungi Orang yang Lebih Tua?

Kunjungi Keluarga Saat Liburan Akhir Tahun. Amankah Dilakukan Di Tengah Pandemi? / Credit: blog.alfacart.com

Lalu, bagaimana jika ingin mengunjungi orang yang lebih tua, misalnya kakek dan nenek? Sebaiknya dihindari dahulu. Sebab, lansia memiliki risiko paling tinggi untuk terinfeksi virus, hingga mengalami gejala yang lebih parah.

Jadi, mengunjungi orang yang lebih tua sangatlah berisiko bagi mereka. Meski liburan akhir tahun terasa berbeda jika tak mengunjungi kakek dan nenek – tetapi, ada baiknya rayakan secara virtual. Ini merupakan cara teraman yang bisa dilakukan.

 

 

 

Liburan tanpa bepergian bersama keluarga, atau tak berkumpul bersama orang terkasih memang kurang menyenangkan. Meski demikian, menghindari kerumunan dan bepergian ke luar rumah – merupakan langkah tepat untuk melindungi diri dan keluarga dari ancaman virus.

 

Featured Image - futuready.com

Source - popmama.com