Liburan tahun baru sudah di depan mata – meski demikian, pergantian tahun kali ini dibarengi dengan pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai. Sudah genap satu tahun pandemi melanda, tetapi angka kasus penularan masih terus meningkat.

Untuk meminimalisir semakin meningkatknya kasus positif Covid-19, pemerintah akhirnya menutup sementara berbagai tempat wisata yang berada di DKI Jakarta. Ini berlaku di tanggal 31 Desember 2020 dan 1 Januari 2021.

 

 

 

Libur Tahun Baru, Deretan Tempat Wisata Jakarta Ini Akan Tutup / Credit: travel.kompas.com

Agar pergerakan masyarakat dapat diminimalisir – dengan begitu, penularan pun dapat terkendali. Sejumlah tempat wisata di DKI Jakarta pun ditutup selama libur tahun baru. Hal tersebut diinformasikan melalui akun Instagram Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

Dalam unggahan tersebut tertulis bahwa seiring dengan seruan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No.17 Tahun 2020 – mengenai pengendalian kegiatan masyarakat dalam pencegahan Covid-19 di masa libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021, maka sejumlah tempat wisata pun ditutup sementara waktu.

Ada pun sejumlah tempat wisata di DKI Jakarta yang ditutup selama libur Natal dan Tahun Baru, di antaranya:

  1. Museum Sejarah Jakarta
  2. Museum Taman Prasasti
  3. Museum MH. Thamrin
  4. Museum Joang 45
  5. Museum Seni Rupa dan Keramik
  6. Museum Tekstil
  7. Museum Wayang
  8. Museum Bahari
  9. Pulau Cipir
  10. Pulau Kelor
  11. Pulau Onrust
  12. Rumah Si Pitung
  13. Taman Ismail Marzuki (TIM)
  14. Gedung Kesenian Jakarta
  15. Wayang Orang Bharata
  16. Taman Benyamin Sueb
  17. Miss Tjijih
  18. Gedung Latihan Kesenian (5 wilayah kota)
  19. Laboratorium Tari dan Karawitan Condet
  20. Kawasan Perkampungan Budaya Betawi

 

Mengingat masih terus meningkatnya kasus positif Covid-19 di Indonesia – keputusan akan penutupan sejumlah lokasi wisata di atas merupakan hal yang tepat dilakukan.

Hingga kini, masyarakat masih terus dihimbau untuk terus menerapkan langkah pencegahan, yaitu 3M yang meliputi risiko penularan virus.

 

 

 

Featured Image - travelspromo.com

Source - cnnindonesia.com