Sering Overthinking? Waspadai Sejumlah Dampaknya Bagi Kesehatan Tubuh

Sering Overthinking? Waspadai Sejumlah Dampaknya Bagi Kesehatan Tubuh

font size A Ǎ

Overthinking merupakan salah satu kebiasaan yang kerap kali dialami oleh banyak orang. Apakah kamu juga sering overthinking? Sebenarnya, hal ini wajar dialami – tetapi, tak boleh terlalu sering ya. Sebab, overthinking bisa menyebabkan dampak buruk pada kesehatan kamu, lho.

 

 

 

Overthinking – istilah yang ditujukan pada segelintir orang yang terlalu memikirkan suatu hal, termasuk hal-hal yang sepele. Kebiasaan terlalu banyak berpikir ini dilakukan secara berlebihan. Umumnya, para overthinker menganggap kebiasaan tersebut dapat membantu memahami situasi.

Tapi, hal tersebut justru salah, lho. Sebab, tanpa disadari – overthinking justru membuat masalah jadi lebih ruwet. Nah, kalau kamu termasuk salah satu overthinker, coba kurangi kebiasaan yang satu ini ya!

Overthinking yang dibiarkan begitu saja – dan terjadi secara berlarut, dapat menyebabkan dampak buruk pada kesehatan, baik secara mental maupun fisik.

 

Dampak Overthinking Terhadap Kesehatan Mental

Sering Overthinking? Waspadai Sejumlah Dampaknya Bagi Kesehatan Tubuh

Sering Overthinking? Waspadai Sejumlah Dampaknya Bagi Kesehatan Tubuh / Credit: lifestyle.kompas.com

Terjebak dalam scenario “bagaimana kalau….” Sering kali dipikirkan secara berlebihan oleh para overthinker – padahal, masalah yang dihadapi tidaklah terlalu berat. Overthinking malah membuat insting jadi tak bisa bekerja dengan baik, dan berujung pada pemilihan keputusan yang kurang tepat.

Selain itu, overthinking juga dapat membuat penderitanya memikirkan sesuatu secara berulang kali – tapi, tidak ada solusi yang diambil. Jadi, overthinking hanya membuang waktu dan tenaga kamu saja, tanpa menghasilkan suatu hal yang berarti.

Overthinking akan memberi dampak buruk terhadap kreativitas kamu – hal ini berkaitan dengan kerja otak saat proses kognitif. Makin sering kamu overthinking, maka semakin sulit pula kamu dapat berpikir secara kreatif. Pada akhirnya, kamu pun bisa merasa putus asa.

Dari penjelasan tersebut – overthinking akan berujung pada terganggunya kesehatan mental.

 

 

 

Lalu, Apa Dampaknya Pada Kesehatan Fisik?

Sering Overthinking? Waspadai Sejumlah Dampaknya Bagi Kesehatan Tubuh

Sering Overthinking? Waspadai Sejumlah Dampaknya Bagi Kesehatan Tubuh / Credit: halodoc.com

Overthinking dapat menimbulkan rasa stres berlebihan. Pada saat stres, sistem saraf pusat dalam tubuh akan mengirim sinyal untuk melepas hormon adrenalin dan kortisol – pelepasan kedua hormon tersebut akan memengaruhi produksi gula darah dari organ hati, yang berperan untuk memberi energi.

Lalu, jika energi tak dipakai, tubuh akan menyerap gula darah kembali. Hasilnya, proses ini pun dapat mengakibatkan detak jantung meningkat, pusing, sakit kepala, mual, letih, napas terengah-engah, serta sulit berkonsentrasi.

Sering pula overthingking menyebabkan kesulitan tidur. Sebab, otak terus dipaksa untuk berpikir – hal inilah yang membuatmu lebih sulit tidur. Hati-hari, kurang tidur dapat menurunkan kekebalan tubuh, serta meningkatkan risiko penyakit berbahaya.

 

Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasi Overthinking

Sering Overthinking? Waspadai Sejumlah Dampaknya Bagi Kesehatan Tubuh

Sering Overthinking? Waspadai Sejumlah Dampaknya Bagi Kesehatan Tubuh / Credit: sehatq.com

Kini, sudah saatnya kamu segera mengatasi masalah overthinking – jika dibiarkan saja, overthinking dapat menyebabkan sejumlah dampak buruk, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Untuk mengatasinya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Kendalikan pikiran kamu. Cobalah memberi batas waktu agar tidak memikirkan sesuatu secara berulang kali.
  • Sadari bahwa skenario buruk yang kamu pikirkan hanya hasil dari kecemasan berlebih.
  • Hindari merenung terlalu lama. Karena, hal ini tidak dapat menyelesaikan masalah. Sebaiknya, refleksikan diri dan belajar dari kesalahan.
  • Alihkan kebiasaan overthinking dengan melakukan aktivitas yang kamu senangi. Misalnya, berolahraga, berkebun, memasak, dan lain sebagainya.

 

 

 

Apakah kamu mengalami overthinking? Yuk, segera atasi masalah tersebut dengan cara di atas! Hindari membiarkannya begitu saja ya – sebab, kebiasaan ini dapat menyebabkan berbagai dampak buruk terhadap kesehatanmu.

 

Featured Image - klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!