Memberikan susu kepada anak merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan setiap harinya. Bagi si kecil yang bisa menerima beragam jenis susu tentu tidak masalah. Tetapi, ada anak yang ternyata memiliki alergi terhadap susu sapi. Kondisi ini sendiri muncul ketika tubuh si kecil alergi terhadap protein utama yang terkanung di dalam susu sapi, yaitu whey dan kasein.

Itu berarti, dalam hal ini sistem kekebalan tubuh si kecil justru menimbulkan reaksi berlebih dengan protein tersebut. Tubuh anak menganggap bahwa protein susu sapi tersebut adalah zat asing berbahaya yang harus disingkirkan. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh anak akan melepaskan histamin dan respons kimiawi lainnya yang mengakibatkan munculnya tanda dan gejala alergi susu sapi.

Memiliki anak yang alergi susu sapi memang seringkali membuat orangtua kebingungan dalam menanganinya. Berikut beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi anak yang alergi susu sapi:

1. Kenali gejala alergi si Kecil

Credit: HaiBunda

Ada beberapa gejala yang mungkin timbul ketika anak memiliki alergi terhadap susu sapi. Perhatikan ketika si kecil mengalami diare, mual, muntah, atau muncul eksim serta ruam merah yang gatal pada kulit. Selain itu, ada kemungkinan akan timbul masalah pada saluran pernapasan anak. Mulai dari batuk, pilek, hingga sesak seperti sedang mengalami asma. Jadi, jika si kecil mengalami beberapa gejala tersebut, kemungkinan ia alergi terhadap susu sapi.

2. Konsultasikan gejala alerginya ke dokter

Credit: Hipwee

Apabila gejala atau alergi susu sapi pada anak muncul, jangan tunda untuk segera membawanya ke dokter anak konsultan alergi dan imunologi. Biasanya, untuk memastikan kondisi si kecil, dokter mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan medis.

Jika hasilnya positif, dokter biasanya dapat meresepkan beberapa jenis obat-obatan untuk membantu meredakan gejala alergi. Di samping itu, dokter juga akan memberikan rekomendasi alternatif nutrisi.  

Selain itu, orangtua juga diharapkan untuk lebih cermat dalam memilih asupan makanan dan minuman harian anak. Menghindari makanan dan minuman dengan kandungan protein susu sapi adalah salah satu solusi untuk si kecil dengan alergi susu sapi.

3. Kendalikan alerginya dengan solusi nutrisi yang tepat

Credit: Hellosehat

Alergi susu sapi merupakan masalah yang cukup umum dialami oleh anak, tetapi tidak boleh dianggap remeh. Karena, berbagai gejala yang timbul berpengaruh langsung terhadap sistem pencernaan anak dan membuatnya tidak nyaman. Sebaiknya, hindari memberikan anak produk dengan kandungan susu sapi di dalamnya. Dan sebagai gantinya, kamu bisa memberikan susu jenis lainnya untuk membantu memberikan nutrisi penting bagi anak yang alergi susu sapi.

Salah satu jenis susu yang bisa kamu berikan yaitu susu formula berbasis soya. Susu formula berbasis soya tidak mengandung protein susu sapi yang bisa memicu timbulnya alergi dan mengandung protein dari soya atau kedelai sebagai pengganti protein dari susu sapi.

Susu formula berbasis soya tidak kalah bernutrisi karena memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti minyak ikan, omega 3 & 6, dan nutrisi lainnya yang telah melalui proses fortifikasi, susu formula berbasis soya dapat mendukung tumbuh kembang anak.

 

Featured Image - Hello Sehat