Kegiatan Di Rumah Bareng Anak Makin Menyenangkan, Lakukan Aktivitas Fisik Ini!

Kegiatan Di Rumah Bareng Anak Makin Menyenangkan, Lakukan Aktivitas Fisik Ini!

font size A Ǎ

Hingga kini, anak-anak masih diharuskan untuk belajar dari rumah – kebijakan tersebut diambil untuk mengurangi angka penularan virus corona. Belum lagi, anak-anak lebih rentan terpapar virus, karena kekebalan tubuh yang belum terbentuk secara sempurna.

Belajar dari rumah tentu saja membuat anak rentan rewel dan bosan ya. Untuk itu, kamu bisa mengajaknya melakukan kegiatan di rumah – tetapi, yang melibatkan aktivitas fisik.

Melakukan kegiatan di rumah, terlebih yang membuat anak makin sering bergerak – dapat membuat si kecil makin sehat dan kuat. Tapi, imbangi pula dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya ya agar pertumbuhannya makin maksimal!

 

 

 

5 Kegiatan Di Rumah Bareng Anak,

Yang Libatkan Aktivitas Fisik!

Kegiatan Di Rumah Bareng Anak Makin Menyenangkan, Lakukan Aktivitas Fisik Ini!

Kegiatan Di Rumah Bareng Anak Makin Menyenangkan, Lakukan Aktivitas Fisik Ini! / Credit: id.theasianparent.com

Olahraga

Kegiatan di rumah satu ini – memang merupakan aktivitas fisik yang menyenangkan. Yuk, coba ajak si kecil berolahraga ringan tapi tetap seru,, seperti senam, lompat tali, sepak bola, yoga, maupun jalan-jalan di sekitar rumah.

Biar lebih optimal, lakukan olahraga di pagi hari – sehingga kamu dan anak bisa mendapat paparan sinar matahari yang menyehatkan!

 

Bermain Peran

Kegiatan di rumah lainnya yang bisa dilakukan bersama anak, yaitu bermain peran. Misalnya, kamu berpura-pura berada di supermarket. Lalu, letakkan barang-barang di atas meja dan berikan papan harga.

Selanjutnya, minta anak berpura-pura menjadi pembeli, sementara kamu jadi kasirnya. Biarkan si kecil berbelanja apa yang ia inginkan dan minta ia untuk meletakkan barang di dalam kerajang belanja ya.

Agar makin seru, kamu juga bisa meminta anak untuk membayar belanjaan dengan uang mainan. Terdengar menyenangkan, ya?

 

Petak Umpet

Kegiatan Di Rumah Bareng Anak Makin Menyenangkan, Lakukan Aktivitas Fisik Ini!

Kegiatan Di Rumah Bareng Anak Makin Menyenangkan, Lakukan Aktivitas Fisik Ini! / Credit: tgrcampaign.com

Kamu pasti sudah familiar dengan permainan yang satu ini – mungkin, kamu pun pernah melakukannya semasa kecil. Petak umpet merupakan permainan tradisional yang sering dimainkan di mana saja, bahkan di rumah sekalipun!

Ajak si kecil untuk bermain petak umpet – kamu dan anak dapat bergantian untuk sembunyi dan mencari di area sekitar rumah. Tak hanya mudah dilakukan, petak umpet juga bisa bantu mengasah kreativitas anak, lho.

 

Berkebun

Berkebun juga merupakan kegiatan di rumah yang cocok dilakukan bersama anak. Selain menyenangkan, berkebun juga bisa dijadikan metode belajar yang mengasyikkan – tanpa harus membuat anak mudah bosan!

Kegiatan ini bisa mengajari anak tentang nama-nama tumbuhan. Lalu, berkebun juga bisa melatih anak untuk merawat lingkungan rumah dan tanaman. Jadi, ia pun bisa tumbuh menjadi anak yang peduli terhadap sekitarnya.

 

Membersihkan Rumah

Ingin kegiatan bersih-bersih rumah makin mudah dan cepat selesai? Kamu bisa ajak si kecil untuk berpartisipasi, lho. Tapi, berikan anak tugas yang ringan dan mudah dilakukan ya, seperti merapihkan mainan, membersihkan kamar pribadi, dan menyirami tanaman.

Mengajaknya membersihkan rumah – dapat melatih anak untuk lebih rajin dan mau bekerja keras. Selain itu, anak pun jadi lebih bisa menghargai kebersihan rumahnya!

 

 

 

Manfaat Mengajak Anak Melakukan Kegiatan Fisik Di Rumah

Kegiatan Di Rumah Bareng Anak Makin Menyenangkan, Lakukan Aktivitas Fisik Ini!

Kegiatan Di Rumah Bareng Anak Makin Menyenangkan, Lakukan Aktivitas Fisik Ini! / Credit: happyfresh.id

Tak hanya baik untuk perkembangan anak, tetapi sejumlah kegiatan di rumah tersebut – dapat menjaga tubuh anak tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Mulai dari, risiko obesitas, diabetes, risiko hipertensi, hingga kolesterol.

Yang tidak kalah penting – melakukan aktivitas fisik  dapat membangun kekuatan tubuh anak, meningkatkan kualitas tubuh, menghilangkan stres, dan menjaga kesehatan mental – deretan hal ini berkaitan dengan daya tahan tubuh.

 

Biar Anak Makin Aktif, Selalu Penuhi Kebutuhan Nutrisinya Ya!

Kegiatan Di Rumah Bareng Anak Makin Menyenangkan, Lakukan Aktivitas Fisik Ini!

Kegiatan Di Rumah Bareng Anak Makin Menyenangkan, Lakukan Aktivitas Fisik Ini! / Credit: berkeluarga.id

Agar anak semakin aktif dan semangat dalam melakukan berbagai kegiatan – jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisinya ya! Hal ini penting lho, sebab dari nutrisi anak bisa memperoleh energi untuk terus bergerak.

Lalu, bagaimana cara penuhi kebutuhan nutrisi si kecil?

Kamu disarankan memberikan si kecil variasi makanan penuh nutrisi dan bergizi seimbang, terutama yang mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, asam folat, zinc, selenium, serta omega 3 dan omega 6. Lalu, berikan pula camilan yang sehat dan bernutrisi seperti sayur dan buah. Serta cukupi kebutuhan cairan tubuh anak.

Agar makin optimal, kamu bisa berikan si kecil tambahan suplemen khusus anak. Biasanya, si kecil lebih suka yang berbentuk sirup, seperti Enervon-C Plus Sirup Anak - yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

 

 

Jadi, tunggu apa lagi? Sudah saatnya kamu mengajak si kecil untuk melakukan deretan kegiatan di rumah tersebut – dengan begitu, anak jadi makin aktif dan tetap sehat meski berada di rumah saja!

 

Featured Image - appletreebsd.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!