Anak Sedang Masuki Masa Pubertas? Kenali Cara Hadapinya

Anak Sedang Masuki Masa Pubertas? Kenali Cara Hadapinya

TAGS : Anak tips pubertas
font size A Ǎ

Masa pubertas anak memang membawa berbagai perubahan, baik untuk anak maupun orangtua. Seperti diketahui, masa pubertas merupakan transisi anak untuk menuju kedewasaan. Meski demikian, masih banyak orangtua yang belum memahami bagaimana cara menghadapi anak di masa pubertas ini.

Tak jarang orangtua merasa bingung untuk mendukung buah hatinya yang sedang mengalami perubahaan fisik, psikologis, dan emosional.

Parents, nggak perlu khawatir ya! Karena, ada beragam hal yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak dalam menghadapi masa pubertas. Dengan membantu dan memberi dukungan pada anak – ia pun bisa merasa lebih nyaman.

 

 

 

Hal Apa yang Perlu Dilakukan Orangtua Dalam Menghadapi Anak Di Masa Pubertas?

Anak Sedang Masuki Masa Pubertas? Kenali Cara Hadapinya

Anak Sedang Masuki Masa Pubertas? Kenali Cara Hadapinya / Credit: id.theasianparent.com

Saat menghadapi anak di masa perubahan ini – kamu bisa awali dengan memulai percakapan menganai masa pubertas. Memang, tak mudah untuk berbicara dengan anak soal pubertas, terlebih jika obrolan ini menyangkut perubahan fisik yang terjadi.

Tetapi, kamu bisa menerapkan tiga langkah ini untuk memulai percakapan mengenai masa pubertas. Berikut ketiga langkah tersebut.

Cari Tahu Apa yang Diketahui Anak

Orangtua perlu mengetahui hal apa saja yang sudah diketahui anak soal masa pubertas. Kamu bisa mulai dengan bertanya “Apakah teman-temanmu membicarakan tentang pubertas dan perubahan fisik? Apa saja yang teman kamu katakan?”.

 

Berikan Fakta Pada Anak

Jangan lupa untuk jelaskan pada anak soal fakta dan perbaiki informasi yang salah ya. Misalnya katakan bahwa setiap orang pasti mengalami hal ini – tetapi, tidak selalu dengan kecepatan yang sama.

 

Gunakan Percakapan Santai

Anak Sedang Masuki Masa Pubertas? Kenali Cara Hadapinya

Anak Sedang Masuki Masa Pubertas? Kenali Cara Hadapinya / Credit: halodoc.com

Hindari membuat percakapan jadi terlalu kaku – sebab, anak justru jadi merasa kurang nyaman. Sebaliknya, gunakan percakapan santai sebagai kesempatanmu untuk membahas tentang masa pubertas.

Hal lain yang perlu diperhatikan orangtua – yaitu, anak mungkin tidak ingin membicarakan segala halnya pada orangtua. Jadi, coba untuk tidak memaksakan komunikasi ketika anak tidak mood untuk mengobrol ya.

 

 

 

Bantu Anak Hadapi Masa Puber, Ajak Ia Jalani Gaya Hidup Sehat

Anak Sedang Masuki Masa Pubertas? Kenali Cara Hadapinya

Anak Sedang Masuki Masa Pubertas? Kenali Cara Hadapinya / Credit: kompas.com

Dilansir dari Halodoc – ternyata, gaya hidup sehat juga mampu bantu anak untuk memaksimalkan masa pubertas yang sedang dialami.

Apa saja gaya hidup sehat tersebut?

  • Ajak anak konsumsi makanan sehat. Selama masa pubertas, napsu makan cenderung meningkat. Orangtua perlu memenuhi kebutuhan gizi anak remaja dengan menyediakan beragam makanan penuh gizi dan nutrisi ya.
  • Olahraga rutin. Agar kesehatan fisik dan mental tetap terjaga, ajak anak untuk rutin berolahraga. Lakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu, dengan durasi 30 menit di setiap sesinya.
  • Perhatikan waktu istirahat. Pastikan anak sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas.

Biar lebih optimal, perhatikan pula asupan vitamin anak di masa pubertas. Sejumlah vitamin dapat bantu menjaga kesehatannya, sekaligus memberi asupan energi yang cukup. Berikan anak multivitamin lengkap, seperti Enervon Active setiap hari.

Enervon Active mengandung non acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc. Sejumlah vitamin ini dapat bantu jaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Lalu, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon Active mampu optimalkan proses metabolisme. Sehingga tubuh memiliki energi yang lebih tahan lama. Sudah pasti, tubuh jadi tak mudah lelah selama beraktivitas.

 

 

 

Menghadapi anak di masa pubertas memang bukanlah perkara mudah – hal terbaik yang bisa dilakukan orangtua adalah membantu dan mendukungnya, sehingga anak pun merasa lebih nyaman.

 

Featured Image - doktergenz.hipwee.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!