Setiap orang pasti memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda, tergantung dari pola hidup yang dijalani masing- masing orang, serta makanan yang dikonsumsi sehari- hari. Sistem daya tahan tubuh yang lemah dapat membuat kamu cenderung lebih rentan terserang penyakit, terutama jika cuacanya sedang tidak menentu.

Untuk itu, penting sekali mengenali tanda- tanda daya tahan tubuh yang sedang menurun. Berikut beberapa tandanya:

1. Berat badan turun atau naik secara esktrim

Credit: Republika

Saat berat badan kamu turun atau naik secara ekstrim kamu harus lebih berhati-hati. Bisa jadi hal ini disebabkan daya tahan kamu yang turun atau ada virus yang menyerang kamu. Kenaikan berat badan yang ekstrim dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

2. Rongga hidung terlalu kering

Credit: Fimela

Hidung yang tersumbat tentu mengganggu kenyamanan. Tetapi, jika rongga hidung terlalu kering itu juga tidak baik. Karena, lendir yang ada di dalam hidung berfungsi untuk membantu mengeluarkan dan membersihkan virus yang akan masuk ke tubuh. Tidak adanya lendir di dalam hidung, sama artinya dengan memberi jalan masuk bagi kuman untuk menyerang pertahanan tubuh.

3. Tak cukup minum

Credit: Jawapos

Ada alasan mengapa dokter selalu memberitahu kita untuk banyak minum air ketika sedang sakit, karena tubuh membutuhkan banyak air putih untuk mengeluarkan racun. Kebutuhan minum setiap orang pun berbeda- beda, tergantung dari kondisi tubuh serta aktivitas masing- masing.

Cara mengetahui apakah kita sudah cukup minum atau belum adalah dengan melihat warna urin. Urin yang baik adalah yang berwarna jernih atau kuning muda jernih.

4. Stres berkepanjangan

Credit: Vemine

Stres adalah salah satu pertanda bahwa daya tahan tubuh kamu turun. Hindari masalah yang dapat menyebabkan kamu terlalu stres. Karena saat stres, pertahanan tubuh terhadap penyakit pun ikut turun.

5. Sering tidak enak badan

Credit: Hipwee

Biasanya, orang dewasa mendapat flu sekitar 2-3 kali dalam setahun. Jika kamu mengalaminya lebih dari jumlah ini, sudah bisa dipastikan kondisi tubuh sedang di level yang rendah dan perlu segera ditindaklanjuti dengan istirahat dan makanan bergizi.

 

Featured Image - Lifestyle Kompas