Pendapatan Menurun Kala Pandemi Bisa Picu Gangguan Mental, Ini Cara Mengatasinya

Pendapatan Menurun Kala Pandemi Bisa Picu Gangguan Mental, Ini Cara Mengatasinya

font size A Ǎ

Pandemi Covid-19 masih terus berlangsung – tak ada satu pun yang mengetahui kapan kondisi ini akan berakhir. Masih berlangsungnya pandemi, berarti sejumlah dampak buruk terus dirasakan oleh masyarakat, termasuk soal kesejahteraan.

Dampak buruk terkait pertumbuhan ekonomi kerap dialami, bahkan tak jarang pekerja yang pendapatannya menurun karena adanya pemotongan gaji. Kondisi seperti ini bisa menimbulkan masalah kesehatan mental – akibat stres yang dirasakan.

 

 

 

Reaksi cemas, takut, dan tertekan memang normal terjadi. Tetapi, hal ini tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Pastikan kamu tetap fokus untuk mencari solusi, sehingga urusan finansial bisa segera teratasi.

Lebih lanjut mengenai kesehatan mental – yang berkaitan dengan pendapatan menurun selama pandemi, berikut ini tiga tips untuk mengatasinya.

 

Tenangkan Diri

Pendapatan Menurun Kala Pandemi Bisa Picu Gangguan Mental, Ini Cara Mengatasinya

Pendapatan Menurun Kala Pandemi Bisa Picu Gangguan Mental, Ini Cara Mengatasinya / Credit: klikdokter.com

Hal pertama yang bisa dilakukan, yaitu tenangkan diri terlebih dahulu. Memang, rasa cemas akibat pendapatan menurun wajar terjadi. Tapi, hal ini mesti segera diatasi agar tidak berujung pada masalah mental lainnya, seperti depresi.

Jadi, usahakan untuk tetap tenang agar kamu pun bisa berpikir secara jernih. Tarik napas panjang, tahan selama 4 detik, lalu hembuskan perlahan – teknik ini bisa membuat kamu lebih tenang. Atau, lakukan kegiatan positif yang bisa membuatmu lebih rileks.

 

Buat Strategi Pengeluaran

Rencana baru dalam soal finansial sangat diperlukan. Mulailah dengan membuat strategi agar kondisi keuangan keluarga tetap stabil. Minimalkan pengeluaran, atau kamu bisa cari pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan.

Misalnya, coba gunakan keterampilan yang dimiliki untuk membuat suatu produk. Kemudian, kamu bisa menjual produk buatan kamu tersebut secara online. Cara ini paling diminati banyak orang untuk peroleh penghasilan tambahan.

 

Bekerja Sama Dengan Pasangan

Pendapatan Menurun Kala Pandemi Bisa Picu Gangguan Mental, Ini Cara Mengatasinya

Pendapatan Menurun Kala Pandemi Bisa Picu Gangguan Mental, Ini Cara Mengatasinya / Credit: daya.id

Jika kamu sedang mengalami penurunan pendapatan selama pandemi, pastikan kamu dan pasangan dapat bekerja sama dengan baik. Dengan begitu, keuangan keluarga bisa lebih stabil.

Ingatlah bahwa masalah finansial selama pandemi bisa diatasi bersama-sama. Coba diskusikan dengan pasangan mengenai hal tersebut – sehingga, ada ide-ide baru yang bisa dijadikan solusi untuk mengatasi hal ini.

Selain dengan pasangan dan keluarga, kamu pun bisa berdiskusi dengan teman-teman untuk memberi solusi terkait masalah keuangan.

 

 

 

Tak perlu berkecil hati kalau pendapatan harus menurun selama pandemi – ketahuilah bahwa kondisi seperti ini tidak akan selamanya. Terus berusaha untuk mencari solusi terbaik dan hadapi dengan tenang ya.

 

Featured Image - economy.okezone.com

Source - popmama.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!