Mengenal Etika Bisnis dan Berbagai Prinsip Pentingnya

Mengenal Etika Bisnis dan Berbagai Prinsip Pentingnya

TAGS : bisnis kerja etika
font size A Ǎ

Dalam dunia kerja, kamu pasti tahu bahwa etika profesi sangat penting diterapkan. Tetapi, tak hanya itu saja – etika bisnis juga merupakan pedoman yang wajib dilakukan, baik oleh pihak perusahaan maupun usaha perorangan.

Perlu diketahui, etika bisnis berlaku ketika kamu sedang menjalani bisnis, hingga selama ada transaksi yang sedang berlangsung.

Lebih lanjut mengenai etika bisnis – berikut ini ulasan lengkapnya, serta berbagai prinsip utama dalam penerapannya.

 

 

 

Apa Itu Etika Bisnis?

Mengenal Etika Bisnis dan Berbagai Prinsip Pentingnya

Mengenal Etika Bisnis dan Berbagai Prinsip Pentingnya / Credit: jurnal.id

Dilansir dari Glints – etika bisnis merupakan prinsip moral yang digunakan sebagai pedoman pebisnis dalam menjalani usahanya. Hal tersebut berlaku terhadap cara pelaku bisnis dalam ‘membawa’ dirinya di pertemuan penting. Atau, bagaimana pebisnis menjalani usahanya.

Ketika sedang mengambil keputusan, para pebisnis mesti tahu batasan mana yang benar dan salah. Perlu diketahui – hal ini juga dilakukan berdasarkan etika bisnis yang berlaku.

Etika bisnis penting diterapkan, sebab bisnis dapat dijalani secara etis dan sesuai dengan hukum yang berlaku. Selain itu, etika bisnis juga mampu menjamin kesejahteraan karyawan, client, dan pihak lainnya yang bekerja sama.

Etika bisnis memiliki nilai yang terkandung di dalamnya – dan sejumlah nilai tersebut merupakan standar yang perlu diperhatikan ketika dalam menjalani bisnis, serta saat pengambilan keputusan.

 

 

 

Prinsip Utama Etika Bisnis

Mengenal Etika Bisnis dan Berbagai Prinsip Pentingnya

Mengenal Etika Bisnis dan Berbagai Prinsip Pentingnya / Credit: linovhr.com

Rasa Hormat

Prinsip etika bisnis pertama, yaitu rasa hormat. Hal ini harus diikuti oleh para profesional dan diterapkan pada sesama kolega, rekan bisnis, maupun karyawan. Lalu, prinsip ini juga penting, terlebih ketika sedang melakukan meeting dengan pihak luar.

Contoh termudahnya, yaitu memperhatikan ketika orang berbicara dan tidak memotong ucapannya, berdiri ketika melakukan perkenalan, serta mengucapkan terima kasih jika diberi bantuan.

Dengan adanya rasa hormat, tentu saja kerja sama bisnis dapat berjalan lebih baik, bahkan mampu bertahan lama.

 

Kejujuran dan Integritas

Dalam menjalani etika bisnis, prinsip kejujuran dan integritas pun juga penting. Meski cukup sulit dijalani, terlebih jika kamu dihadapkan dengan situasi yang mengharuskan untuk memilih antara profit dan melakukan hal yang benar.

Ingatlah, ketika ragu – kamu sebaiknya lakukan hal yang menurutmu benar. Mementingkan keuntungan saja, justru bisa merugikan kamu di masa mendatang.

 

Keadilan

Biar semua pihak merasa nyaman, pebisnis mesti menerapkan prinsip keadilan. Etika bisnis ini dilakukan agar tidak ada penyalahgunaan kekuasaan dari atasan ke karyawan. Dengan begitu, semua pihak pun juga bisa memperoleh haknya.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah memahami soal etika bisnis beserta prinsip pentingnya ya? Jika kamu sedang menjalani bisnis – cobalah untuk menerapkan sejumlah etika di atas ya.

 

Featured Image - strategidanbisnis.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!