Orangtua Wajib Ajari Anak Sikap Mandiri, Lho! Tapi, Bagaimana Cara Lakukannya?

Orangtua Wajib Ajari Anak Sikap Mandiri, Lho! Tapi, Bagaimana Cara Lakukannya?

font size A Ǎ

Sikap mandiri – setiap orangtua tentu ingin anaknya tumbuh menjadi sosok yang mandiri ya? Agar anak terbiasa, orangtua perlu mengajari sikap mandiri sejak usia dini. Jika tidak, anak justru terus menerus bergantung pada orangtua dan tak kunjung mandiri, lho.

 

 

 

Memang, ada rasa kebanggaan tersendiri jika anak sudah mampu melakukan berbagai hal sendiri, tanpa meminta bantuan orangtua maupun orang di sekitarnya. Tak hanya soal bangga, tetapi sikap mandiri pun merupakan bekal penting bagi anak ketika ia tumbuh dewasa. Dengan punya sikap mandiri, anak bisa menghadapi dunia dan berbagai tantangan – tanpa harus bergantung pada orang lain.

Lalu, bagaimana caranya agar anak mampu bersikap mandiri? Kelima tips berikut ini bisa kamu coba terapkan, lho.

Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

 

 

 

5 Tips Ajari Anak Sikap Mandiri

Orangtua Wajib Ajari Anak Sikap Mandiri, Lho! Tapi, Bagaimana Cara Lakukannya?

Orangtua Wajib Ajari Anak Sikap Mandiri, Lho! Tapi, Bagaimana Cara Lakukannya? / Credit: momsindonesia.com

Beri Tugas Kecil

Mengajari anak sikap mandiri bisa dimulai dengan cara yang paling sederhana, yaitu memberi tugas kecil. Seperti apakah itu? Misalnya, minta anak untuk terlibat dalam pekerjaan rumah, membereskan tempat tidur, merapihkan mainan, hingga menjaga adiknya.

Dari sini, anak bisa belajar soal tanggung jawab, meningkatkan percaya diri, dan sudah pasti terlatih menerapkan sikap mandiri.

 

Menentukan Pilihan Sendiri

Agar anak tidak bergantung pada orang lain, biasakan ia untuk menentukan pilihannya sendiri. Nah, orangtua juga tak boleh memaksakan keinginan pada anak ya! Orangtua lebih baik memberi masukan soal keputusan yang dipilih anak. Beri ia penjelasan positif dan negatif dari keputusan tersebut.

Bagaimana jika anak keliru soal pilihannya? Kamu perlu memberi penjelasan yang mudah dipahami, sehingga nantinya anak dapat mengambil keputusan yang lebih baik lagi.

 

Hindari Selalu Membantu

Orangtua Wajib Ajari Anak Sikap Mandiri, Lho! Tapi, Bagaimana Cara Lakukannya?

Orangtua Wajib Ajari Anak Sikap Mandiri, Lho! Tapi, Bagaimana Cara Lakukannya? / Credit: educenter.id

Ketika anak sedang mengalami kesulitan, coba hindari langsung memberi bantuan ya. Misalnya, ia kesulitan untuk mengikat tali sepatu – biarkan anak berusaha terlebih dahulu, tetapi kamu tetap beri ia dukungan ya.

Dengan demikian, anak pun terbiasa menerapkan sikap mandiri dan tidak selalu bergantung pada orang lain.

 

Ciptakan Lingkungan Ramah Anak

Ketika anak sedang dalam proses belajar sikap mandiri, pastikan kamu menciptakan lingkungan yang aman dan ramah. Misalnya, ketika ia belajar mandi sendiri, buatlah lantai kamar mandi dalam keadaan bersih dan tidak licin.

Atau, saat anak belajar mencuci piring, beri ia piring dan gelas plastik agar tidak berisiko mudah pecah.

 

Hargai Usaha Anak

Orangtua Wajib Ajari Anak Sikap Mandiri, Lho! Tapi, Bagaimana Cara Lakukannya?

Orangtua Wajib Ajari Anak Sikap Mandiri, Lho! Tapi, Bagaimana Cara Lakukannya? / Credit: parenting.dream.co.id

Meskipun terlihat sepele, tetapi menghargai usaha anak dapat meningkatkan semangatnya, lho. Keinginan anak untuk terus maju pun terus bertambah. Beri anak pujian dan dukungan dalam proses pengembangan sikap mandirinya ya.

 

 

 

Apakah kamu sudah siap menerapkan sejumlah tips tersebut untuk mengajari anak sikap mandiri? Memang, melatih sikap mandiri bukanlah perkara mudah, lho. Anak butuh waktu untuk memahami dan menerapkan hal tersebut.

Yang penting, kamu perlu menjadi contoh yang baik, serta selalu dukung perkembangan anak, terlebih dalam soal berperilaku.

 

Featured Image - cussonskids.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!