Sebagian dari kamu, pasti sudah mengenal pekerjaan yang lagi tren saat ini. Ya, content creator merupakan pekerjaan yang sedang banyak dilakukan – bahkan, tak jarang pula orang yang beralih profesi jadi content creator.

Memang, memiliki konten yang menarik untuk meningkatkan bisnis sangat penting, terlebih di era digital. Segala sesuai yang dilihat secara online – dapat menarik calon konsumen untuk mengunjungi platform bisnis kamu.

Nah, inilah tugas content creator untuk mengemas konten jadi semenarik mungkin. Sehingga, orang pun tertarik melihat hingga membeli produk yang dipasarkan. Tapi, apakah kamu sudah mengenal lebih lanjut soal content creator? Dan bagaimana cara kerjanya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk silahkan simak ulasannya berikut ini.

 

 

 

Apa Itu Content Creator?

Content Creator Jadi Karir Paling Diminati! Yuk, Kenali Cara Kerjanya / Credit: money.kompas.com

Pembuat konten alias content creator – seseorang yang membuat konten agar menjadi menarik dan membuat penasaran orang yang melihatnya. Konten tersebut harusnya bersifat mengedukasi, atau menghibur. Dengan demikian, calon konsumen pun tertarik terhadap produk yang dipasarkan.

Setelah calon konsumen merasa tertarik dengan produk – maka, ia pun akan mengujungi platform bisnis, baik media sosial maupun halaman website.

Seorang content creator akan menghubungkan produk kamu dengan sebuah cerita dan menambahkan ‘sentuhan’ emosi. Konten yang menarik secara emosional inilah yang mampu membuat audiens terhubung dengan produk kamu. Dan tertarik untuk membelinya.

 

 

 

Cara Kerja Content Creator

Content Creator Jadi Karir Paling Diminati! Yuk, Kenali Cara Kerjanya / Credit: inhandsagency.com

Setelah mengetahui definisi dari content creator, lalu bagaimana dengan cara kerjanya? Secara umum, content creator bertugas sebagai penghubung antara sebuah brand dengan audiens atau target pasar. Lebih lengkap – berikut ini cara kerjanya dalam menarik audiens media sosial.

Mengenal Audiens

Yang pertama, content creator mesti mengenal audiensnya terlebih dahulu. Mengumpulkan informasi tentang followers, mulai dari usia, jenis kelamin, lokasi, dan minat – kemudian barulah konten yang menarik dibuat.

Konten tersebut diharapkan dapat mendorong followers untuk menyukai, berbagi, berkomentar, bahkan berminat untuk membeli produk yang dipasarkan.

 

Mengikuti Tren

Seorang content creator juga dituntut untuk mengikuti tren yang sedang berlangsung. Tentu saja, ini dapat membantu content creator dalam proses penyajian kontennya ya.

 

Membuat Konten yang Menarik

Content creator juga harus bisa membuat konten yang membangkitkan emosi audiens. Tapi ingat – konten tersebut mesti dikemas dalam bentuk yang cerdas dan bijaksana.

 

Merancang Strategi dan Menganalisis Data

Pembuat konten juga perlu menentukan tujuan utama dari konten yang dibuat, terlebih jika konten tersebut berkaitan dengan bisnis klien. Kemudian, content creator akan melacak statistik, hasil, dan mengumpulkan data terkait konten yang sudah dibuat sebelumnya.

 

Berperan Sebagai Representasi Brand

Content creator juga berperan sebagai ‘suara’ dari suatu brand. Dengan konten yang buat, content creator diharapkan bisa mewakili suatu brand tertentu. Pembuat konten dapat membantu meningkatkan pasar, serta mewakiliki brand secara positif.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya soal content creator dan cara kerjanya? Nah, apakah kamu berniat menjadi seorang content creator? Yuk, terus asah kemampuan kamu dan perluas riset mengenai berbagai hal yang sedang tren saat ini!

 

Featured Image - wanderbites.com