Pedoman Gizi Seimbang, Pola Makan yang Baik Untuk Imunitas Tubuh

Pedoman Gizi Seimbang, Pola Makan yang Baik Untuk Imunitas Tubuh

font size A Ǎ

Jika dahulu ada slogan 4 sehat 5 sempurna – kini sudah dilengkapi menjadi pedoman gizi seimbang, yang merupakan pilar prinsip untuk diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Hampir mirip seperti sebelumnya, pedoman gizi seimbang merupakan gizi harian yang meliputi makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan.

Dengan menerapkan pedoman gizi seimbang, maka kesehatan dan asupan gizi tubuh dapat tercukupi secara baik. Dalam kata lain, hal ini juga bisa dapat bantu meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

Seperti diketahui, imunitas merupakan hal penting, terlebih semasa pandemi. Sebab, dengan memiliki kekebalan tubuh yang kuat – berarti, kamu dapat meminimalisir terjadinya penularan virus corona berbahaya.

 

 

Nah, tapi tak hanya menerapkan pedoman gizi seimbang saja ya yang mampu meningkatkan imunitas – tetapi, perlu diimbangi dengan konsumsi multivitamin lengkap, seperti Enervon-C setiap harinya.

Kenapa sih harus Enervon-C? Karena, kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat dalam Enervon-C dapat bantu jaga daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat memilih konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C. Atau, Enervon-C Effervescent – kalau yang ini punya kandungan Vitamin C 1000 mg!

Kembali membahas pedoman gizi seimbang – panduan ini memiliki empat pilar prinsip yang penting untuk diterapkan. Apa saja keempat pilar tersebut?

 

Konsumsi Makanan Beragam

Pedoman Gizi Seimbang, Pola Makan yang Baik Untuk Imunitas Tubuh

Pedoman Gizi Seimbang, Pola Makan yang Baik Untuk Imunitas Tubuh / Credit: decode.uai.ac.id

Untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang, kamu perlu mengonsumsi makanan beragam, yaitu yang mengandung makronutrien – karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Lalu, mikronutrien – terdiri dari vitamin dan mineral.

Jangan lupa, perhatikan pula jumlah makanan dan terapkan jadwal makan teratur ya.

 

Biasakan Hidup Bersih

Membiasakan hidup bersih dapat mengurangi risiko kamu terinfeksi virus, kuman, maupun bakteri penyebab penyakit. Poin yang satu ini juga sangat disarankan, terlebih selama pandemi virus corona.

Menjaga kebersihan penting dilakukan, sebab semakin sering tubuh terkena penyakit, maka semakin sulit pula tubuh untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Contoh mudah menerapkan hidup bersih – berupa rutin cuci tangan, atau menggunakan alas kaki ketika bepergian.

 

Rutin Melakukan Aktivitas Fisik

Pedoman Gizi Seimbang, Pola Makan yang Baik Untuk Imunitas Tubuh

Pedoman Gizi Seimbang, Pola Makan yang Baik Untuk Imunitas Tubuh / Credit: nona.my

Rajin bergerak – juga termasuk dalam pedoman gizi seimbang, lho. Dengan rutin berolahraga, berat badan dapat terkendali, stres berkurang, tidur menjadi lebih nyenyak, serta menjaga kesehatan otak dan daya ingat.

Kamu dianjurkan melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari, atau minimal 3-5 kali dalam sepekan.

 

Pertahankan Berat Badan Ideal

Selalu pantau dan pertahankan berat badan, sehingga indeks massa tubuh (IMT) tetap berada dalam batas normal.

Jika kamu memiliki nilai IMT tinggi – ini menandakan kelebihan berat badan alias overweight, sehingga berat badan pun sebaiknya diturunkan. Sementara, angka IMT yang di bawah normal – bisa berarti kamu kekurangan asupan kalori dan protein.

Kedua kondisi tersebut, baik kelebihan maupun kurang berat badan, tidak baik untuk kesehatan tubuh dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah tahu ya mengenai pedoman gizi seimbang – yang juga baik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Yuk, mulai sekarang praktekkan pedoman gizi seimbang ya!

 

Featured Image - indozone.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!