Mendidik Anak Soal Kebiasaan Makan Sehat, Perlu Dilakukan Sejak Dini

Mendidik Anak Soal Kebiasaan Makan Sehat, Perlu Dilakukan Sejak Dini

font size A Ǎ

Hidup sehat memang perlu diterapkan, termasuk pada anak-anak. Dengan demikian, kesehatan tubuh tetap terjaga, dan imunitas pun semakin kuat. Tentu saja, dua poin tersebut sangat diperlukan, terlebih selama pandemi.

Seperti diketahui, pandemi mengharuskan kamu memiliki kesehatan tubuh yang prima – sehingga risiko penularan virus pun bisa diminimalisir.

 

 

 

Hidup sehat dapat dimulai dari pola makan yang terbentuk dari kebiasaan sehari-hari. Untuk itu, mendidik anak menerapkan kebiasaan makan sehat sejak dini – wajib diterapkan oleh setiap orangtua ya!

Sebab, tak hanya virus corona saja – tetapi, ada berbagai penyakit yang berasal dari kebiasaan buruk, termasuk pola makan yang tidak sehat.

Memang, mendidik anak untuk terbiasa mengonsumsi makanan sehat, bukanlah perkara mudah. Mengingat, anak-anak yang justru lebih tertarik pada makanan manis, junk food, maupun beragam makanan cepat saji.

Tetapi, orangtua tak perlu khawatir ya. Kamu tetap bisa mendidik anak untuk membiasakan konsumsi makanan sehat kok – kamu hanya perlu menerapkan kelima tips mudah berikut ini!

Biar nggak penasaran, yuk langsung saja simak informasi lengkapnya.

 

 

 

5 Tips Mendidik Anak Terbiasa Konsumsi Makanan Sehat

Mendidik Anak Soal Kebiasaan Makan Sehat, Perlu Dilakukan Sejak Dini

Mendidik Anak Soal Kebiasaan Makan Sehat, Perlu Dilakukan Sejak Dini / Credit: lifestyle.kompas.com

Hindari Mengkritik Berlebihan

Apakah kamu masih suka mengomentari atau mengkritik berlebihan soal pilihan makanan anak? Ada baiknya, kamu segera hentikan kebiasaan ini! Sebab, memarahi anak akan membuatnya semakin tergiur akan makanan tak sehat, lho.

Sebaliknya, fokuskan dirimu untuk mendidik anak dalam urusan hidup sehat, misalnya buatlah ia menyukai makanan-makanan sehat, seperti sayur, buah, daging ungags, ikan, susu dan beragam produk olahannya.

 

Perhatikan Kebutuhan Gizi

Melihat anak lahap mengonsumsi beragam jenis makanan, memang menyenangkan ya? Tapi, hati-hati, kamu mesti tetap memperhatikannya! Sebab, jika tidak – anak bisa mengalami kelebihan berat badan alias obesitas.

Pastikan asupan makanan yang dikonsumsi sudah mencukupi kebutuhan kalori harian si kecil ya.

 

Menikmati Makanan

Mendidik Anak Soal Kebiasaan Makan Sehat, Perlu Dilakukan Sejak Dini

Mendidik Anak Soal Kebiasaan Makan Sehat, Perlu Dilakukan Sejak Dini / Credit: orami.co.id

Selanjutnya, biarkan anak makan secara tenang dan menikmati menu makanannya. Hindari memberi makan anak sembari berjalan – karena, hal ini bisa menyebabkan sakit perut dan makanan tidak dapat tercerna dengan baik.

Dengan membiarkan anak menikmati makanannya, maka kamu sudah bisa mendidik anak untuk tidak makan dalam porsi yang berlebihan.

 

Ajak Anak Memasak

Selain menjadi penyantap makanan, kamu juga bisa mengajak anak menyiapkan makanan bersama ya. Agar ia makin tertarik, ajak anak untuk ikut berbelanja dan memilih jenis makanan sehat yang ia sukai!

Lalu, ajari pula anak untuk mencuci buah dan sayuran, mencuci tangan, dan mempersiapkan menu makanannya. Jangan lupa, untuk beri pujian ketika si kecil bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik.

 

Makan Bersama Keluarga

Mengajak anak bersama keluarga – juga termasuk salah satu cara mendidik anak untuk terbiasa hidup sehat, lho. Kegiatan ini dapat membuat anak semakin semangat mengonsumsi makanan sehat! Selain itu, makan bersama keluarga dapat mempererat ikatan dengan si kecil.

 

Mendidik anak untuk mengonsumsi makanan sehat memang penting ya – terlebih, untuk menjaga kesehatan, serta mengoptimalkan proses tumbuh kembangnya. Tapi, ada yang tak kalah penting nih!

Apakah hal tersebut?

 

 

Berikan Multivitamin Anak Juga Penting, Lho!

Mendidik Anak Soal Kebiasaan Makan Sehat, Perlu Dilakukan Sejak Dini

Mendidik Anak Soal Kebiasaan Makan Sehat, Perlu Dilakukan Sejak Dini / Credit: kumparan.com

Memberi anak asupan makanan yang sehat dan bernutrisi – serta, mengajak anak mengurangi konsumsi makanan dan minuman tinggi garam atau gula memang baik dilakukan sejak dini. Hal ini juga memengaruhi proses tumbuh kembang anak, lho.

Nah, biar makin optimal, berikan pula tambahan suplemen khusus anak ya. Ini dapat berupa multivitamin yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup Anak.

Enervon-C Plus Sirup memiliki kandungan vitamin lengkap untuk si kecil, yaitu, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

 

 

Jadi, bagaimana nih? Kamu memang disarankan mendidik anak membiasakan hidup sehat sejak usia dini ya! Lalu, penuhi pula berbagai kebutuhan nutrisinya – agar ia pertumbuhan anak semakin maksimal!

 

Featured Image - klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!