Kadar Gula Darah Stabil, Jadi Kunci Jaga Imunitas Kuat

Kadar Gula Darah Stabil, Jadi Kunci Jaga Imunitas Kuat

font size A Ǎ

Selama pandemi, menjaga sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh memang jadi perhatikan banyak orang. Terutama, bagi orang yang memiliki penyakit penyerta alias komorbid, seperti diabetes – mengontrol gula darah jadi hal wajib untuk menjaga imunitas tubuh.

 

 

 

Bagi orang dengan diabetes, poin tersebut sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh. Mengingat, pasien diabetes cukup rentan terhadap infeksi virus corona. Dalam hal ini, glukosa memiliki peran penting – yaitu, untuk menghasilkan energi.

Energi diambil dari glukoa – yang terdapat di dalam darah. Kemudian masuk ke sel tubuh. Tetapi, jika kadar gula tinggi, maka glukosa justru berada di dalam darah, bukan sel. Padahal, tubuh membutuhkan energi untuk melawan infeksi.

Jadi, ketika tubuh mampu memperoleh energi maksimal – maka imunitas tubuh pun makin kuat dalam melawan infeksi. Ini penting diketahui, sebab pasien Covid-19 dengan diabetes memiliki risiko mengalami infeksi dan komplikasi yang jauh lebih berat dan berbahaya.

 

Kadar Gula Darah Stabil, Jadi Kunci Jaga Imunitas Kuat

Kadar Gula Darah Stabil, Jadi Kunci Jaga Imunitas Kuat / Credit: theweek.in

Ketika kadar gula darah tidak terkontrol dengan baik – imunitas lebih lemah. Akibatnya, infeksi mudah masuk dan proses pengobatan pun lebih sulit dijalani. Dalam hal ini, petugas medis mesti menurunkan kadar gula darah pasien terlebih dahulu. Hal ini tentu tidaklah mudah dilakukan.

Untuk itu, orang dengan diabetes sangat dianjurkan mengontrol kadar gula darah, sekaligus melakukan cara pencegahan lainnya. Apa saja?

 

 

 

Cara Mencegah Orang Dengan Diabetes Terinfeksi Covid-19

Kadar Gula Darah Stabil, Jadi Kunci Jaga Imunitas Kuat

Kadar Gula Darah Stabil, Jadi Kunci Jaga Imunitas Kuat / Credit: jovee.id

Terapkan Protokol Kesehatan

Poin ini tak berlaku bagi penderita diabetes saja, melainkan untuk seluruh masyarakat. Protokol kesehatan 3M perlu dilakukan secara bersamaan untuk memaksimalkan pencegahan penularan virus.

Selain itu, penting sekali untuk pasien diabetes agar menghindari keramaian dan berada di rumah jika tidak ada keperluan mendesak.

 

Kontrol Gula Darah

Pastikan kadar gula darah selalu terkendali dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan mengatur pola makan yang tepat, memilih makanan dengan indeks glikemik yang rendah, dan menjaga berat badan tetap seimbang.

 

Pantau Gula Darah

Pasien diabetes juga dianjurkan untuk selalu memantau gula darah. Jika ada perubahan yang mengkhawatirkan, segera konsultasikan dengan dokter untuk perawatan yang tepat.

 

Jaga Kesehatan Jantung dan Ginjal

Diabetes memiliki kaitan erat dengan kondisi jantung dan ginjal. selalu jaga kesehatan jantung dan ginjal tetap baik, sehingga risiko komplikasi, sakit berat, dan kerusakan organ dapat menurun.

 

Perhatikan Asupan Makanan dan Vitamin

Diabetes dan kadar gula seringkali dipengaruhi oleh asupan makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, perhatikan asupan makanan yang baik. Pilih makanan yang tidak memicu naiknya kadar gula darah dengan cepat. Selalu konsumsi makanan yang seimbang dalam porsi yang sesuai.

Tak ketinggalan, penuhi selalu kebutuhan vitamin, terlebih yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh – seperti vitamin C. Untuk memudahkan kamu, disarankan mengonsumsi suplemen vitamin C setiap hari, seperti Enervon-C.

Mengapa mesti Enervon-C?

Karena, Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat bantu menjaga daya tahan tubuh biar tidak mudah sakit.

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg. Keduanya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

 

Latihan Fisik

Kadar Gula Darah Stabil, Jadi Kunci Jaga Imunitas Kuat

Kadar Gula Darah Stabil, Jadi Kunci Jaga Imunitas Kuat / Credit: alodokter.com

Olahraga yang rutin merupakan salah satu langkah pencegahan yang tepat. Selain itu, olahraga dapat menjaga berat badan, yaitu salah satu hal penting pada pasien diabetes.

 

Kendalikan Stres

Selama pandemi, pasien diabetes juga harus selalu mengendalikan rasa stres. Karena, kondisi ini juga dapat menurunkan kesehatan pada pasien diabetes. Kendalikan rasa stres dengan melakukan berbagai kegiatan yang positif, menyenangkan, dan kreatif selama di rumah.

 

 

 

Bagi kamu yang memiliki penyakit penyerta, termasuk diabetes – pastikan selalu menerapkan gaya hidup sehat agar imunitas tubuh tetap terjaga, sekaligus terapkan protokol kesehatan selama berada di luar rumah.

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!