Seperti yang sudah diketahui sebagian besar orang, bayi memiliki kulit yang lebih sensitive serta rentan terhadap iritasi atau ruam. Untuk itu, orangtua harus lebih bijak dalam memilih produk perawatan kulit untuk bayi. Karena jika sampai salah pilih produk, maka dapat berdampak buruk pada bayi.

Panduan memilih produk perawatan kulit bayi sensitif

Credit: Suara

Ada berbagai jenis produk perawatan kulit bayi seperti sabun, losion, baby oil, salep, tisu basah, dan bedak yang bisa ditemukan di toko- took. Namun, untuk kulit bayi yang sensitif tidak semua produk tersebut cocok untuk kulitnya. Untuk itu, ada baiknya orangtua membaca label pada kemasaan sebelum membeli produk tersebut.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih produk perawatan kulit bayi yang sensitif:

1. Lihat kandungan produk

Credit: Medcom.id
  • Bebas phthalate dan paraben. Produk perawatan kulit bayi yang mengandung zat aditif phthlate dan paraben harus dihindari. Karena, kedua zat ini dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan eksim pada kulit bayi. Penelitian membuktikan bahwa phthalate dan paraben berpotensi mengubah kadar hormon dalam tubuh setelah diserap kulit.
  • Hypoallergenic. Label ini menandakan bahwa kandungan produk dapat menyebabkan sedikit alergi pada kulit bayi. Akan lebih aman bila kamu tidak memilih produk perawatan kulit yang memiliki label ini walaupun kemungkinannya kecil terjadi alergi .
  • Bebas alkohol. Walaupun ada beberapa alkohol seperti fatty alcohol tidak memiliki efek pada kulit bayi, sebenarnya alkohol hanya diperuntukkan pada produk perawatan kulit orang dewasa. Alkohol dapat mengiritasi dan mengeringkan kulit bayi.
  • Hindari produk sabun antibakteri. Meskipun kamu cemas dengan kuman atau bakteri yang menempel pada kulit bayi. Memilih sabun antibakteri sebenarnya tidak dibutuhkan oleh bayi. Bahan kimia tambahan yang terdapat pada sabun antibakteri, yaitu triclosan dikhawatirkan akan mengiritasi kulit bayi yang sensitif.
  • Bebas pewangi dan pewarna. Produk yang menggunakan bebas pewangi dan tidak berwarna tidak akan menyebabkan reaksi alergi pada kulit bayi. Bila kulit bayi kering atau memiliki eksim, semua produk yang mengandung pewangi akan mengiritasi dan memperburuk kondisi kulit.
  • Sesuai dengan pH kulitnya. Beberapa minggu setelah dilahirkan, permukaan kulit bayi berubah dari pH yang mendekati netral menjadi pH 5,5. Untuk itu, pilih produk perawatan kulit yang mendekati tingkat pH kulit bayi yang tidak akan menganggu lapisan kulit.

2. Cek kondisi kemasan

Credit: HaiBunda

Bila kandungan dalam produk sudah sesuai, kamu harus melihat kembali keadaan produk tersebut. Apakah terdapat cacat atau tidak, kemudian perhatikan tanggal kedarluwarsa produk. Dan bila tanggalnya sudah lewat atau hampir habis, sebaiknya beli yang baru.

3. Lihat aturan pakai dan label peringatan

Credit: Medcom.id

Penting bagimu untuk membaca aturan pemakaian pada kemasaan produk sebelum mengaplikasikannya pada kulit bayi. Dal ini mencegah terjadinya salah cara pemakaian atau pemakaian produk yang berlebihan.

Dan sebaiknya sebelum digunakan ke kulit bayi, sebaiknya tes dulu pada kulit bayi. Caranya oleskan sedikit produk pada area tangannya, kemudian tunggu hingga beberapa jam. Jika muncul ruam atau gatal, kemungkinan produk tersebut tidak cocok untuk kulit bayi.

 

Featured Image - Fimela