8 Hal Soal Sopan Santun yang Penting Diajarkan Pada Anak

8 Hal Soal Sopan Santun yang Penting Diajarkan Pada Anak

TAGS : Anak sopan santun
font size A Ǎ

Setiap orangtua pasti menginginkan buah hatinya tumbuh menjadi pribadi yang baik. Termasuk dalam hal menerapkan sikap sopan santun.

Untuk memulainya, orangtua dapat mengajari anak sopan santun – melalui 8 hal paling mendasar ini!

 

 

 

Alasan ‘namanya juga masih anak-anak’ sepertinya sudah tak lagi berlaku dalam urusan sopan santun. Karena, usia yang masih kecil bukanlah alasan orangtua untuk tidak mengajarkan sikap yang satu ini, lho. Ketika anak melakukan hal yang kurang sopan – ini bukanlah karena sengaja, tetapi anak belum tahu.

Untuk itu, mengajari anak soal sopan santun sejak usia dini penting dilakukan. Sopan santun merupakan materi dasar yang perlu diberikan pada anak, bahkan sejak masa awal kehidupannya.

Semakin dini sopan santun diajarkan, maka semakin banyak pula kesempatan anak untuk mengembangkan sikap positif ketika berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, sopan santun – juga berperan penting agar si kecil mudah diterima di lingkungannya.

Meski mengajari sopan santun tidaklah mudah dilakukan, tetapi orangtua dapat memulainya dengan menerapkan delapan hal sederhana ini.

Apa saja kedelapan hal tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

Mengucap ‘Tolong’

8 Hal Soal Sopan Santun yang Penting Diajarkan Pada Anak

8 Hal Soal Sopan Santun yang Penting Diajarkan Pada Anak / Credit: blog.mizanstore.com

Yang pertama, anak perlu diajarkan untuk mengucap kata ‘tolong’ setiap kali mereka membutuhkan bantuan seseorang. Hal ini diterapkan baik dalam lingkup keluarga, maupun lingkungan sekitarnya ya.

 

Katakan ‘Terima Kasih’

Sama seperti ‘tolong’, ucapan ‘terima kasih’ – juga jadi ajaran sopan santun yang paling mendasar, lho. Anak-anak perlu dilatih mengucapkan kata ini setiap kali ia menerima pemberian maupun bantuan dari orang lain.

 

Ucapkan ‘Maaf’

Jika anak melakukan kesalahan, latih ia untuk dapat mengucapkan kata ‘maaf’. Meskipun sulit, tetapi anak perlu dibiasakan menerapkan ajaran sopan santun ini ya.

 

Tidak Menyela Pembicaraan

8 Hal Soal Sopan Santun yang Penting Diajarkan Pada Anak

8 Hal Soal Sopan Santun yang Penting Diajarkan Pada Anak / Credit: aura.tabloidbintang.com

Ketika orangtua sedang mengobrol dengan orang lainnya, anak mungkin sering merasa diabaikan atau dikesampingkan. Jadi, tak heran jika ia sering mengganggu kamu dan menghentikan pembicaraan. Nah, hal ini tak boleh dibiarkan ya!

Ajari anak bahwa tidak baik untuk menyela pembicaraan, kecuali ada kondisi mendesak. Dan ingatkan ia bahwa kamu akan segera merespon setelah selesai mengobrol.

 

Minta Izin

Anak juga perlu dilatih untuk meminta izin ketika akan melakukan sesuatu hal, atau saat akan mengambil barang yang bukan miliknya.

 

Tidak Berkomentar Negatif

Sopan santun juga menyangkut tutur kata anak, lho – hal ini wajib dijaga sejak kecil! Ajari anak untuk tidak berkomentar negatif mengenai orang lain, termasuk soal fisik. Beri pemahaman bahwa orang tidak dapat dinilai hanya dari penampilan saja.

 

Mengetuk Pintu

8 Hal Soal Sopan Santun yang Penting Diajarkan Pada Anak

8 Hal Soal Sopan Santun yang Penting Diajarkan Pada Anak / Credit: metro.co.uk

Meskipun mendasar, tapi poin sopan santun ini penting sekali diajari! Minta anak untuk selalu mengetuk pintu tiap kali ia akan masuk ke dalam ruanhan maupun ke rumah orang lain. Lalu, ajari pula kalau ia mesti menunggu sampai pemilik ruangan mengatakan ‘silahkan masuk’.

 

Mengucapkan ‘Permisi’

Anak juga perlu belajar mengucap kata ‘permisi’ ketika akan lewat di depan orang yang lebih tua. Selain itu, hal ini berlaku ketika ia akan menyela pembicaraan dua orang.

 

 

 

Nah, itu dia delapan hal paling mendasar soal sopan santun yang perlu kamu ajari pada anak. Meski terkesan sepele, tetapi sejumlah hal tersebut punya dampak yang positif bagi anak, terlebih dalam urusan pertemanannya nanti!

 

Featured Image - orami.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!