5 Kesalahan Ini Termasuk Melanggar Etika Bisnis, Lho. Wajib Dihindari!

5 Kesalahan Ini Termasuk Melanggar Etika Bisnis, Lho. Wajib Dihindari!

font size A Ǎ

Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, sepertinya cukup banyak orang yang menggunakan sosial media, terlebih untuk urusan berbisnis ya?

Tetapi sayangnya, masih banyak pelaku bisnis yang justru salah menggunakan sosial media dalam memasarkan produknya nih! Ada beragam etika bisnis yang masih terus dilanggar, lho. Hati-hati, hal ini bisa mengakibatkan konsumen hilang dalam sekejap!

Bagi kamu pelaku bisnis, sudah pasti tak ingin konsumen kamu kabur gara-gara kamu melanggar etika bisnis kan? Nah, untuk itu ada lima langgaran etika bisnis yang wajib kamu hindari!

Apa saja? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

5 Hal yang Melanggar Etika Bisnis

Bom Pesan Singkat

5 Kesalahan Ini Termasuk Melanggar Etika Bisnis, Lho. Wajib Dihindari!

5 Kesalahan Ini Termasuk Melanggar Etika Bisnis, Lho. Wajib Dihindari! / Credit: xant.ai

Pasti tak sedikit di antara kamu yang kerap mendapat pesan singkat berisi penawaran produk? Saat ini, metode mengirim pesan singkat secara masal memang sering dilakukan oleh pelaku bisnis. Tapi, sayangnya cara ini dapat mengganggu konsumen, lho!

Jika kamu mengirim pesan singkat sesekali – ini tak masalah. Tapi, yang wajib dihindari adalah mengirimnya secara terus menerus. Bisa-bisa calon konsumen merasa terganggu!

 

Spamming

Kamu juga pasti sering melihat pelaku bisnis meninggalkan komentar di beberapa akun sosial media, terlebih artis. Seperti “kami menjual produk X, silahkan kunjungi akun @ABC”. Cara ini mesti segera dihentikan!

Metode spamming merupakan hal yang melanggar etika bisnis, lho. Sebab, kamu berisiko kehilangan kreadibilitas bisnis karena melakukan cara ini.

 

Tag Secara Acak

5 Kesalahan Ini Termasuk Melanggar Etika Bisnis, Lho. Wajib Dihindari!

5 Kesalahan Ini Termasuk Melanggar Etika Bisnis, Lho. Wajib Dihindari! / Credit: businessinsider.com

Selain spamming dalam bentuk komentar, tag calon konsumen secara acak – juga merupakan hal yang melanggar etika bisnis! Cara ini dapat mengganggu calon konsumen – dan justru mereka jadi tak tertarik membeli produkmu.

Ada baiknya, kamu gunakan metode lain seperti Facebook Ads atau Instagram Ads – cara ini lebih efektif menarik pembeli, lho.

 

Menggunakan Foto Orang Lain

Kamu pernah membeli barang secara online, tapi realitanya tak sebagus di foto? Biasanya, hal ini terjadi karena penjual menggunakan foto orang lain. Akibatnya, barang yang diperoleh konsumen pun berbeda.

Coba hindari hal yang satu ini ya! Ketahuilah bahwa kelangsungan suatu bisnis dapat dipengaruhi oleh banyaknya pelanggan yang melakukan repeat order.

 

Tidak Aktif dan Kurang Kreatif

Biar bisnis makin berkembang, kamu dituntut untuk makin kreatif dan aktif dalam memasarkan produk. Sebuah bisnis sudah pasti akan meningkat – jika kamu melakukan beragam inovasi di dalamnya. Hindari melakukan hal yang monoton jika kamu ingin penjualan meningkat!

 

 

Nah, itulah lima hal yang melanggar etika bisnis – kelima hal ini wajib kamu hindari ya! Agar konsumen dan calon konsumen kamu tidak hilang begitu saja.

 

Featured Image - chuckgallagher.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!