Setiap orangtua pasti ingin anaknya sistem imun yang kuat – Untuk bantu anak memiliki deretan hal ini, tentu saja orangtua tentu perlu melakukan berbagai upaya.

Anak-anak umumnya masih memiliki sistem imun yang cenderung masih rentan, sehingga ada kemungkinan ia lebih mudah jatuh sakit – jika dibandingkan dengan orang dewasa. Untuk itu, memastikan anak memiliki sistem imun yang kuat penting dilakukan orangtua untuk mengurangi risiko berbahaya.

Lalu, hal apa saja yang bisa dilakukan? Setidaknya ada lima tips mudah yang bisa kamu lakukan. Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

5 Tips Sederhana

Meningkatkan Sistem Imun Anak

5 Tips Sederhana Untuk Tingkatkan Imun Tubuh Anak / Credit: kumparan.com

Pola Makan Sehat dan Bergizi

Yang pertama, pastikan pola makan anak sudah baik ya. Berikan ia makanan bernutrisi dan bergizi tinggi – sebab, jenis makanan seperti ini dapat bantu meningkatkan sistem imun tubuhnya. Lalu, hindari memberi anak fast food, makanan yang digoreng, hingga makanan tinggi gula.

 

Jaga Selalu Kebersihan

Menjaga kebersihan, terutama bagian tangan – juga berperan penting dalam meningkatkan sistem imunitas, lho. Ajari anak untuk rutin cuci tangan, terlebih sebelum makan serta sesudah menggunakan kamar mandi.

Kebiasaan baik ini dapat bantu menghindari terjadinya masalah pencernaan dan gangguan pernapasan juga!

 

Istirahat yang Cukup

5 Tips Sederhana Untuk Tingkatkan Imun Tubuh Anak / Credit: generasimaju.co.id

Umumnya, anak-anak membutuhkan waktu tidur lebih banyak, terutama di masa awal kehidupannya. Kekurangan tidur dapat mengakibatkan sistem imun menurun – bahkan, anak berisiko lebih mudah terkena flu.

Anak berusia 3-5 tahun membutuhkan tidur selama 10-13 jam, sementara anak berusia 6-13 tahun memerlukan 9-11 jam waktu tidur setiap malamnya. Kemudian, untuk remaja – membutuhkan waktu tidur selama 8-10 jam.

Tidur yang cukup dapat membantu proses pembentukan sitokin, yaitu protein yang berperan untuk mengurangi peradangan dan membantu proses pemulihan ketika sedang sakit.

 

Mendapat Vaksinasi

Poin yang satu ini juga penting dalam pembentukan sistem imun yang kuat! Pastikan si kecil mendapatkan vaksinasi secara lengkap ya. Sebab, vaksin dapat membantu melindungi anak dari beragam jenis penyakit.

 

Penuhi Kebutuhan Vitamin

5 Tips Sederhana Untuk Tingkatkan Imun Tubuh Anak / Credit: mamapapa.id

Yang tidak boleh dilupakan, penuhi selalu kebutuhan vitamin si kecil juga wajib dilakukan – selain dengan memberinya makanan bergizi seimbang, berikan ia suplemen khusus anak untuk memenuhi asupan vitamin hariannya.

Kamu bisa memberinya multivitamin yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup Anak.

Enervon-C Plus Sirup memiliki kandungan vitamin lengkap untuk si kecil, yaitu, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

 

Wah, bagaimana nih? Untuk menjaga sistem imun anak – dapat kamu lakukan dengan menerapkan kelima tips mudah di atas ya.

 

Featured Image - klikdokter.com