Maksimalkan Masa Pubertas Remaja, Orangtua Perlu Berikan Deretan Nutrisi Ini

Maksimalkan Masa Pubertas Remaja, Orangtua Perlu Berikan Deretan Nutrisi Ini

font size A Ǎ

Masa pubertas anak memang membawa banyak perubahan, tak hanya bagi anak yang mengalaminya – tetapi, orangtua pun juga. Seperti diketahui, masa pubertas merupakan transisi anak untuk menuju fase yang lebih dewasa.

Menjalani masa pubertas memang tidaklah mudah – perubahan hormon dan bentuk fisik bisa sangat membingungkan. Untuk itu, orangtua dituntut agar bisa bantu anak dalam menghadapi masa pubertas ini.

Salah satunya, dengan memberi berbagai nutrisi untuk maksimalkan masa pubertas remaja. Lalu, apa saja nutrisi yang sebaiknya diberikan?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Deretan Nutrisi Penting

Untuk Dukung Masa Pubertas Anak

Maksimalkan Masa Pubertas Remaja, Orangtua Perlu Berikan Deretan Nutrisi Ini

Maksimalkan Masa Pubertas Remaja, Orangtua Perlu Berikan Deretan Nutrisi Ini / Credit: kafekepo.com

Zinc

Yang pertama, zinc wajib diberikan pada anak – terlebih di masa pubertasnya. Mineral ini dapat membantu mengurangi risiko anemia, khususnya bagi anak perempuan yang mengalami masa menstruasi.

Berikan anak zinc dari sumber makanan seperti bayam dan daging merah. Atau, berikan ia multivitamin lengkap seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc. Sejumlah vitamin ini dapat bantu jaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Lalu, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon Active mampu optimalkan proses metabolisme. Sehingga tubuh memiliki energi yang lebih tahan lama. Sudah pasti, tubuh jadi tak mudah lelah selama beraktivitas.

 

Vitamin A, C, dan E

Asupan vitamin A penting untuk menjaga kesehatan organ reproduksi – yang juga mengalami banyak perubahan selama masa pubertas. Vitamin A bisa ditemukan pada tomat, wortel, sayuran hijau, dan juga susu.

Begitu pula dengan vitamin E – yang penting karena sifat antioksidannya dapat membantu dalam pengembangan massa tubuh. Sementara, vitamin C baik untuk merawat jaringan ikat dan kolagen – vitamin C bisa kamu temui dalam jeruk, lemon, kiwi, mangga, nanas, brokoli, dan bayam.

 

Kalsium

Maksimalkan Masa Pubertas Remaja, Orangtua Perlu Berikan Deretan Nutrisi Ini

Maksimalkan Masa Pubertas Remaja, Orangtua Perlu Berikan Deretan Nutrisi Ini / Credit: hot.liputan6.com

Selama masa pubertas, anak membutuhkan asupan kalsium agar pertumbuhan tulangnya semakit kuat. Untuk memenuhinya, kamu dapat berikan susu, keju, dan olahannya untuk mencukupi kebutuhan kalsium anak.

 

Protein

Tak kalah penting, protein juga sangat dibutuhkan selama masa pubertas. Protein berperan untuk memperkuat dan mendorong pertumbuhan otot tubuh. Nutrisi yang satu ini dapat kamu temukan pada telur.

 

Karbohidrat

Maksimalkan Masa Pubertas Remaja, Orangtua Perlu Berikan Deretan Nutrisi Ini

Maksimalkan Masa Pubertas Remaja, Orangtua Perlu Berikan Deretan Nutrisi Ini / Credit: halodoc.com

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh, sehingga asupannya penting didapatkan setiap hari – termasuk bagi anak di masa pubertasnya. Berikan anak makanan kaya karbohidrat baik seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

 

Lemak

Asam lemak esensial dalam makanan, seperti susu, daging sapi, dan keju – diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan selama masa pubertas anak, terutama bagi anak perempuan.

 

 

Menghadapi anak di masa pubertas memang bukan perkara mudah – tetapi, hal terbaik yang dapat dilakukan orangtua adalah memberi dukungan, termasuk yang berkaitan dengan asupan gizi seimbang.

 

Featured Image - economictimes.indiatimes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!