Tak hanya di China, virus Corona sudah menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia. Per tanggal 20 Maret 2020, total sudah ada 180 negara yang terpapar wabah ini dengan kasus sebanyak 245.660. Adapun korban jiwa akibat virus ini sudah mencapai 10.049 orang. 

Virus Corona tidak boleh disepelekan mengingat penyakit ini dapat menyerang siapa saja, bahkan orang yang sehat sekalipun. Namun, ada beberapa hal mudah dilakukan di mana saja sebagai cara mencegahnya. 

 

 

Mencuci Tangan 

7 Cara Minimalisir Covid-19 yang Penting Namun Sering Dilupakan / Credit: kompas.com

Hal yang paling sederhana untuk mencegah virus Corona yaitu membersihkan tangan dengan hand sanitizer

 

Hindari Bersentuhan dengan Orang Lain

Ketika kamu sedang berada di ruang publik sebaiknya menerapkan pembatasan fisik atau physical distancing untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

 

Hindari Menyentuh Wajah 

7 Cara Minimalisir Covid-19 yang Penting Namun Sering Dilupakan / Credit: klikdokter.com

Hindari menyentuh wajah termasuk mulut, hidung, dan mata karena bisa saja tangan kita kotor dan memudahkan virus untuk masuk ke dalam tubuh. Hal ini juga merupakan cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah Covid-19. 

 

Tidak Meminjamkan Barang Pribadi kepada Orang Lain

Meskipun tidak terlihat, virus Corona ada di mana mana. Contohnya penggunaan alat makan bersamaan. Maka dari itu, sebaiknya jangan meminjamkan barang pribadi ke orang lain dan bawalah peralatan makan sendiri saat makan di luar rumah sebagai cara menghindari virus Corona.

 

Gunakan Masker 

7 Cara Minimalisir Covid-19 yang Penting Namun Sering Dilupakan / Credit: hot.liputan6.com

Mengenakan masker dapat mencegah penularan virus Corona ketika kamu berinteraksi dengan orang di luar rumah. Kamu bisa menggunakan masker medis yang sekali pakai atau masker kain yang harganya lebih terjangkau.

 

Hindari Kerumunan 

Ketika kamu keluar rumah, sebaiknya hindari kerumunan yang membuat kamu melakukan banyak interaksi dengan orang di tempat tersebut yang mana kamu tidak tahu mereka terpapar Covid-10 atau tidak. Hal ini dapat memperbesar penularan virus Corona. 

 

Hindari Makan di Tempat Umum

Cara terakhir yang bisa kamu terapkan yaitu menghindari makan di tempat umum. Dengan adanya kemajuan teknologi, memudahkan kita untuk memesan makanan secara online dan langsung diantarkan ke rumah. Hal ini dinilai lebih aman dan praktis tidak mengharuskan kamu keluar rumah. 

 

 

Itulah beberapa cara mencegah penyebaran virus Corona. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Dan yang terpenting adalah selalu jaga kekebalan imun tubuhmu ya!

 

Featured Image - sfidnfits.com

Source - detik.com