Mendidik Anak Untuk Makan Sendiri, Cara Apa yang Bisa Dilakukan Orangtua?

Mendidik Anak Untuk Makan Sendiri, Cara Apa yang Bisa Dilakukan Orangtua?

font size A Ǎ

Setiap orangtua pasti ingin anaknya menjadi seorang yang mandiri – termasuk, dalam hal makan. Untuk itu, mengenalkan aturan makan yang baik dan benar secara konsisten perlu dilakukan, meski dibutuhkan kesabaran dari orangtua.

Mendidik anak agar ia bisa makan sendiri – dapat diawali dengan mengenalkan etika makan. Sehingga, nantinya ia pun dapat mengikuti dan menerapkannya sendiri.

Lalu, bagaimana cara mendidik anak agar ia bisa terbiasa makan sendiri? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

6 Tips Mendidik Anak

Agar Ia Terbiasa Makan Sendiri

Mendidik Anak Untuk Makan Sendiri, Cara Apa yang Bisa Dilakukan Orangtua?

Mendidik Anak Untuk Makan Sendiri, Cara Apa yang Bisa Dilakukan Orangtua? / Credit: tintapendidikanindonesia.com

Pahami Kondisi Anak

Kadang ada waktunya si kecil tidak mood untuk makan – biasanya hal ini disebabkan oleh anak masih merasa kenyang, sedang tidak enak badan, atau kurang selera dengan menu makanan yang telah disediakan.

Nah, orangtua perlu peka terhadap keadaan ini. Karena, anak tidak selalu bisa mengungkapkan hal yang sedang ia rasakan. Lihat tanda-tanda pada anak, misalnya ketika sakit mungkin suhu tubuhnya akan lebih hangat, atau mukanya menjadi lesu.

Pastikan anak selalu dalam kondisi fit, sehingga ia bisa lahap menyantap makanan yang ada.

 

Sesuaikan Ekspektasi

Terkadang, ada orangtua yang memaksakan anaknya untuk makan banyak. Menuangkan nasi satu mangkuk penuh bersamaan dengan lauk lainnya. Wah, coba hentikan kebiasaan ini ya, parents!

Kamu pun perlu memerhatikan kondisi tubuh anak, jika ia memiliki tubuh cenderung kurus – apakah porsi tersebut sudah sesuai? Ada baiknya, berikan porsi makan anak secukupnya saja. Selama anak sudah merasa kenyang, maka ini sudah dianggap memenuhi kebutuhan pangan si kecil.

 

Makan di Meja Makan

Mendidik Anak Untuk Makan Sendiri, Cara Apa yang Bisa Dilakukan Orangtua?

Mendidik Anak Untuk Makan Sendiri, Cara Apa yang Bisa Dilakukan Orangtua? / Credit: mommiesdaily.com

Sejak kecil, biasakan untuk mengajak anak makan di meja makan bersama anggota keluarga lainnya. Dengan demikian, anak pun mengerti bahwa ia harus duduk dengan tenang di tempat tersebut – hingga makanannya habis.

 

Mengenalkan Berbagai Jenis Makanan

Apakah si kecil tidak menyukai jenis makanan tertentu? Tapi, ini bukan berarti kamu tidak memberikannya makanan tersebut, lho!

Misalnya, si kecil tidak suka ati ayam – padahal makanan ini tinggi akan gizi, tetapi kamu tak perlu ragu untuk memberikan ati ayam pada anak. Kamu bisa mengolahnya menjadi menu yang berbeda-beda, dan lihat menu mana yang paling anak sukai. Jadi, dikemudian hari – kamu bisa berikan kembali menu tersebut.

Lalu, kenalkan pula beragam jenis makanan lainnya, termasuk buah-buahan dan sayuran pada si kecil ya.

 

Ajarkan Menggunakan Alat Makan

Mendidik Anak Untuk Makan Sendiri, Cara Apa yang Bisa Dilakukan Orangtua?

Mendidik Anak Untuk Makan Sendiri, Cara Apa yang Bisa Dilakukan Orangtua? / Credit: kumparan.com

Anak juga perlu diajari menggunakan alat makan, khususnya sendok dan garpu. Berikan alat makan dengan bentuk-bentuk menarik – yang membuat anak semakin senang menggunakannya!

Selain itu, kamu juga bisa perkenalkan cara memakai sumpit. Intinya, anak-anak harus dibiasakan mengenai beragam hal baru ya.

 

Makanan Harus Dihabiskan

Yang terakhir, ajari pula anak untuk menghabiskan makanannya. Hal ini bisa dengan memberi contoh terlebih dahulu pada anak – jadi, pastikan kamu juga menghabiskan makananmu secara konsisten ya!

 

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya tips mendidik anak agar ia mau makan sendiri. Caranya tidak terlalu sulit, bukan?

 

Featured Image - berkeluarga.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!