Sulit Berpikir Kreatif? Mungkin Kamu Mengalami 5 Kendala Ini!

Sulit Berpikir Kreatif? Mungkin Kamu Mengalami 5 Kendala Ini!

font size A Ǎ

Di dalam dunia kerja – setiap orang pasti dituntut untuk dapat berpikir kreatif. Bagaimana tidak? Dari ide kreatif, akan muncul inovasi-inovasi baru yang mampu bantu meningkatkan bisnis, sekaligus kinerja – tentu saja, hal ini bisa memberikan dampak yang positif ya.

Setiap individu pasti memiliki sisi kreatifnya masing-masing. Kreativitias dapat dicari, dilatih, dan dipertahankan. Tetapi, pernahkah kamu merasa ‘mandek’ dan justru tidak bisa berpikir kreatif? Tenang! Hal ini wajar dialami kok – bahkan, tak sedikit orang yang kreatif, namun tidak bisa mengaplikasikan kreativitasnya, lho.

Tapi, mengapa kondisi tersebut terjadi? Dan apa kendala mengapa kamu sulit untuk berpikir kreatif? Setidaknya ada lima alasan yang menyebabkan hal tersebut nih.

Untuk ulasan lengkapnya, silahkan simak di bawah ini ya!

 

 

Kamu Sulit Berpikir Kreatif?

Mungkin 5 Hal ini Penyebabnya!

Sulit Berpikir Kreatif? Mungkin Kamu Mengalami 5 Kendala Ini!

Sulit Berpikir Kreatif? Mungkin Kamu Mengalami 5 Kendala Ini! / Credit: alodokter.com

Tujuan Kurang Jelas

Inilah penyebab utama mengapa kamu sulit untuk berpikir kreatif. Ya, mungkin tujuan kamu masih kurang jelas, masih rancu, atau masih buram. Jika kamu mengalaminya – coba, tuliskan tujuan kamu secara lebih detail.

Ketika tujuan usaha kamu sudah lebih jelas – maka, ide kreatif pun lebih sering muncul.

 

Takut Untuk Gagal

Setiap akan melakukan hal baru – pasti rasa takut untuk gagal kian menghampiri, kan? Tapi, jangan jadikan hal ini penghambatmu untuk berpikir kreatif ya! Segera hilangkan perasaan takut – sebaliknya, tanamkan pikiran positif bahwa kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda.

 

Takut Ditolak

Sulit Berpikir Kreatif? Mungkin Kamu Mengalami 5 Kendala Ini!

Sulit Berpikir Kreatif? Mungkin Kamu Mengalami 5 Kendala Ini! / Credit: magazine.job-like.com

Selain takut untuk gagal – perasaan akan takut ditolak juga kerap jadi penghambatmu dalam berpikir kreatif, lho. Adanya rasa takut untuk dikritik seringkali yang menyebabkan kamu merasa takut.

Ingatlah, bahwa kamu tidak harus menyenangkan semua orang. Hindari terlalu mengikuti kata orang lain – justru, ikuti hal yang kamu sukai dan yakini. Lalu, jangan bebani pikiran kamu dengan pemikiran takut ditolak, karena ini hanya akan menghambat kreativitasmu!

 

Kurang Proaktif

Apakah kamu masih proaktif alias lebih sering pasif? Hal ini juga merupakan salah satu penghambatmu untuk berpikir kreatif, lho! Sebaiknya, rangsang terus pemikiranmu dengan ide dan informasi baru!

Temukan kreativitas di mana pun kamu berada – karena, kreatif itu gratis! Jadi, kamu bisa mendapatkannya kapanpun, di mana pun, dan dalam kondisi apapun.

 

Pemikiran Terlalu Rasional

Rasionalitas memang perlu dan dibutuhkan dalam menjalani pekerjaanmu – tetapi, terlalu ‘serius’ dalam berpikir secara rasional juga dapat menghilangkan kreativitas kamu. Padahal, seringnya ide-ide kreatif muncul di luar logis, lho.

Jadi, cobalah untuk melihat dari sisi orang lain, biasanya pikiran kreatif akan muncul begitu saja – tanpa harus selalu terpaku pada hal-hal yang rasional!

 

 

Wah, bagaimana nih? Sudah tahu ya berbagai penghambat dalam berpikir kreatif? Kalau kamu merasa sedang stuck – coba perhatikan kembali poin-poin di atas.

Berpikir kreatif memang menyenangkan – hal ini dapat membantu bisnis serta pekerjaanmu dapat berjalan lebih baik, serta tidak membosankan. Selamat menggali kembali kreativitas kamu ya!

 

Featured Image - pelatihindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!