Selama pandemi – mengganti aktivitas liburan ke luar kota maupun negeri menjadi staycation pun kerap kali jadi pilihan masyarakat. Kebutuhan untuk menyegarkan pikiran, tetapi harus bepergian ke destinasi yang jauh – mungkin memang bukan pilihan tepat saat ini.

Untuk itu, tak sedikit masyarakat yang akhirnya memilih staycation sebagai alternatif liburan. Meski identik dengan hotel, tetapi staycation dapat dilakukan dengan hal lainnya, lho. Bahkan, kamu pun tak perlu merogoh kocek terlalu dalam!

Apa saja ide staycation – selain menginap di hotel? Berikut ini 7 di antaranya.

 

 

Pergi ke Spa

Tak Harus Di Hotel, Ini Lho 7 Ide Staycation Menarik Lainnya. Ramah Di Kantong! / Credit: dipalembang.com

Yang pertama, kamu dapat manjakan diri dengan pergi ke tempat spa – ide yang satu ini terdengar menarik dan menyenangkan, ya? Tetapi, pilih tempat perawatan yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat ya!

Kamu dapat memilih beragam perawatan untuk relaksasi diri, mulai dari perawatan wajah, tubuh, atau manicure dan pedicure.

 

Memasak Bersama

Tak Harus Di Hotel, Ini Lho 7 Ide Staycation Menarik Lainnya. Ramah Di Kantong! / Credit: indozone.id

Kamu juga dapat mengisi waktu luangmu, terlebih di dalam hari dengan memasak bersama keluarga! Selain lebih hemat, masakan yang disantap sudah pasti lebih sehat dan bersih, bukan?

 

Perjalanan Sehari

Tak Harus Di Hotel, Ini Lho 7 Ide Staycation Menarik Lainnya. Ramah Di Kantong! / Credit: littlewanderbook.com

Kalau kamu tidak ingin menginap, tetapi tetap pergi ke luar rumah – kamu bisa melakukan perjalanan sehari untuk datang ke suatu tujuan. Gunakan mobil pribadi untuk berlibur satu hari ke suatu tempat tertentu, misalnya pergi ke air terjun atau trekking.

Meski pergi sehari saja – kegiatan ini tetap menyenangkan, lho!

 

Berkemah

Tak Harus Di Hotel, Ini Lho 7 Ide Staycation Menarik Lainnya. Ramah Di Kantong! / Credit: review.bukalapak.com

Jika di rumahmu memiliki halaman belakang – kamu bisa gunakan untuk berkemah, nih! Kegiatan satu ini bisa jadi alternatif ketika kamu tidak bisa pergi untuk camping di alam bebas. Selain itu, biar semakin seru kamu juga dapat membuat jagung bakar atau marshmallow ya.

 

Maraton Film

Tak Harus Di Hotel, Ini Lho 7 Ide Staycation Menarik Lainnya. Ramah Di Kantong! / Credit: tribunnews.com

Sudah rindu untuk pergi nonton di bioskop? Tenang! Kamu bisa dapatkan suasana tersebut di rumah sendiri. Coba jadwalkan waktu untuk memutar beberapa film yang kamu sukai, siapkan tata lampu yang tepat, speaker, sofa yang empuk dan camilan lengkap.

Sudah mirip seperti bioskop beneran, kan?

 

Ikut Kelas Seni

Tak Harus Di Hotel, Ini Lho 7 Ide Staycation Menarik Lainnya. Ramah Di Kantong! / Credit: theurbanlist.com

Ingin mencoba sesuatu hal yang baru? Kamu bisa ikut kelas seni, lho. Coba cari tahu terlebih dahulu soal komunitas lokal yang ada di kota kamu – baik itu kelas seni tanah liat, melukis, maupun merangkai bunga.

Mengikuti hal baru bisa menambah pengalaman dan skill kamu!

 

Gowes

Tak Harus Di Hotel, Ini Lho 7 Ide Staycation Menarik Lainnya. Ramah Di Kantong! / Credit: dirtyfreehub.com

Aktivitas gowes memang jadi kegiatan yang sering dilakukan. Nah, kamu juga bisa melakukannya untuk refreshing! Dengan mencari track yang sejuk, ditambah pemandangan alam – dijamin dipikiranmu makin rileks dan segar setelahnya.

Kamu bisa lakukan kegiatan ini di pagi hari ataupun sore hari bersama orang-orang terdekatmu ya!

 

 

Nah itu dia ketujuh ide staycation mudah dan sederhana untuk dilakukan! Kalau kamu tertarik melakukan aktivitas yang mana dahulu, nih?

 

Featured Image - joeragan-artikel.com