Wabah Covid-19 membuat masyarakat di belahan dunia gelisah, takut, dan cemas. Virus ini menyebar sangat cepat sehingga kasusnya pun meningkat. 

Rasa gelisah hingga cemas inilah yang dapat menimbulkan permasalahan baru pada kesehatan mental, yaitu stres. Adanya ketakutan tentang suatu penyakit dapat menyebabkan emosi yang kuat pada orang dewasa maupun anak-anak. 

 

 

Lalu, jika seperti ini bagaimana langkah kita dalam mengatasi stres di tengah pandemi yang tidak kunjung selesai? Nah, berikut upaya yang bisa kamu lakukan untuk melindungi diri dan keluarga dari stres yang disebabkan akibat virus corona. 

 

Tetap melangkah ke depan 

Kenali Penyebab Stres Akibat Pandemi dan Cara Atasinya / Credit: flexjobs.com

Berpikiran negatif hanya akan membuat kamu semakin cemas dan gelisah. Meskipun tidak bisa melakukan aktivitas di luar rumah seperti, traveling, berkumpul, atau pergi ke tempat belanja. Namun, kamu bisa melakukan kegiatan lain yang bisa membunuh kebosanan mu, di antaranya berkebun, memelihara binatang, atau piknik bersama keluarga. 

 

Beradaptasi dengan kebiasaan baru 

Mengubah kebiasan-kebiasan lama menjadi kebiasaan baru memang bukan hal yang mudah. Seperti membiasakan dirimu mengenakan masker setiap kali ke luar rumah, rajin mencuci tangan, dan memakai hand sanitizer, bekerja dari rumah, hingga bertemu dengan keluarga ataupun teman secara daring. Tetapi dengan menjadikan rutinitas tersebut menjadi kebiasaan baru akan mengurangi beban mental untuk diri kamu loh. 

 

Temukan hal yang membuat kamu bahagia 

Kenali Penyebab Stres Akibat Pandemi dan Cara Atasinya / Credit: wellandgood.com

Melakukan segala aktivitas dari rumah sangatlah membosankan. Oleh sebab itu, gunakan waktu berharga kamu di rumah untuk melakukan hobi atau aktivitas yang sebelumnya tidak pernah atau jarang kamu lakukan. Seperti, bisa mulai memasak,  mencoba resep baru, menjahit, olahraga, main musik, atau bahkan melukis. 

 

Lakukan self-care 

Melakukan self-care bisa menjadi kegiatan untuk memanjakan dirimu lewat berbagai me time. Misalnya, Misalnya, bagi para perempuan, kamu bisa melakukan DIY spa, berjemur, luluran, manicure, dan sebagainya.

Sementara, bagi kaum pria, kamu bisa shaving dengan leluasa, mengecat rambut, membersihkan barang-barang hobi, dan sebagainya.  Oh ya, kamu juga bisa memanjakan orang tercinta di rumah lewat kegiatan self-care ini, misalnya memotong rambut anak atau memijat pasangan.

 

Mengasah kreativitas bersama sahabat secara virtual 

Cara terakhir untuk mengatasi stress yaitu dengan berkumpul dengan teman-teman. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Zoom, Skype, atau Google Hangout, misalnya makan siang secara daring, ngopi bareng, bersenda gurau ataupun saling bertukar cerita.

 

 

 

Itulah beberapa tips untuk mengatasi stress akibat pandemi. Tetap berpikir positif dan jauhkan dirimu dari hal-hal negatif ya. Yuk, lindungi keluarga dan teman-temanmu dari virus Corona. 

 

Featured Image - ilovelife.co.id

Source - cnnindonesia.com