Bagaimanakah cara agar tetap kuat terjaga saat bekerja di malam hari? Hal-hal apa sajakah yang dapat mengundang rasa kantuk? Berikut ini adalah 5 kiat menjaga kesehatan fisik bagi pekerja shift malam. Silakan dicek ya!

1. Mengatur Pola Tidur

Saat bekerja di malam hari, kamu diharuskan kuat menahan kantuk dan melaksanakan tugas yang diberikan. Rasa kantuk tersebut kabarnya berasal dari hormon melatonin yang dilepaskan tubuh. Hormon ini kabarnya juga membuat seseorang tidak merasa waspada.

Sebagaimana kita tahu, malam hari merupakan waktu di mana manusia perlu mengistirahatkan tubuhnya usai beraktivitas seharian penuh. Waktu tidur yang dibutuhkan orang dewasa berkisar dari 7 sampai 8 jam per hari. Usai bekerja, kamu sebaiknya segera mengganti waktu tidur yang hilang agar tubuh tetap sehat. Jangan lupa juga untuk makan sebelum tidur agar tidur terasa lebih nyenyak.

2. Mengelola Pola Makan secara Sehat

Pekerja malam kabarnya berpeluang lebih besar mengalami sindrom metabolik serta risiko obesitas. Hal ini tentu saja dipicu oleh pola makan yang buruk serta terganggunya jam biologis tubuh. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya mengatur pola makan agar kondisi tubuh tetap sehat selama kerja dan dapat tidur nyenyak.

Pada malam hari, cobalah untuk mengonsumsi makan sesuai dengan pola makan di siang hari. Kamu juga dianjurkan untuk menyantap camilan sehat agar terhindar dari rasa kantuk akibat kekenyangan. Jadi, santaplah kuliner yang mudah dicerna seperti buah-buahan, nasi, susu, roti, sayuran, dan salad.

3. Mengambil Waktu Istirahat

Salah satu contoh aktivitas penting yang perlu dilakukan pekerja shift malam adalah tidur siang. Mengambil waktu istirahat sejenak sebelum bekerja akan meminimalisir risiko terkena lelah di malam hari. Kamu bakal merasa lebih segar serta mampu menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

Ketika tidur siang, kamu dapat menaikkan dan memperbaiki kemampuan otak. Waktu tidur 45 menit cukup untuk membuat tubuh kembali terasa segar. Kamu juga menghapus lelah cukup dengan beristirahat selama 20 sampai 45 menit.  Upayakan waktu tidur siang kamu tidak lebih dari 45 menit agar tidak bangun dalam keadaan pusing atau uring-uringan.

4. Tidak Berlebihan Minum Kopi

Ketika hendak bekerja, banyak orang meneguk kopi terlebih dahulu untuk menghindari rasa kantuk. Kandungan kafein dalam kopi akan memudahkan kamu untuk terjaga saat bekerja di malam hari. Akan tetapi, perlu diingat, meminum kopi pun perlu dilakukan dengan bijak.

Apabila nekat mengonsumsi kafein secara berlebihan, kamu ditakutkan dapat mengalami gangguan pencernaan serta kejang otot. Kopi sendiri baiknya tidak diminum sekitar 6 jam menjelang tidur. Hal tersebut dimaksudkan agar stimulan dapat dipastikan tidak mempengaruhi pola tidur.

5. Menentukan Jadwal Shift

Jadwal shift para pekerja umumnya telah diatur oleh pihak perusahaan. Meski begitu, ada juga perusahaan yang memperbolehkan karyawannya untuk menentukan jadwal shift sendiri. Jika memungkinkan, cobalah untuk tidak terus mengambil shift malam berturut-turut agar kondisi tubuh tidak mudah jatuh sakit selama bekerja. 

Demikian 5 tips menjaga kesehatan tubuh selama bekerja di malam hari. Semoga bermanfaat bagi kamu yang mengambil kerja shift pada malam hari. Tetap jaga kesehatan tubuh kalian ya!

Source

Feature Image - discovermagazine.com