Siap Bekerja, Fresh Graduate Harus Ketahui 5 Hal Ini Terlebih Dahulu Ya!

Siap Bekerja, Fresh Graduate Harus Ketahui 5 Hal Ini Terlebih Dahulu Ya!

font size A Ǎ

Fresh graduate! Sebelum kamu memasuki dunia kerja – ada sejumlah hal yang wajib kamu ketahui terlebih dahulu nih. Hal ini dapat bantu kamu agar semakin siap dalam bekerja.

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Setiap fresh graduate pasti merasa senang dan gembira – ketika sudah berhasil lulus sarjana atau diploma. Tetapi, rasa senang ini biasanya hanya sesaat, sebab kamu masih harus menghadapi tantangan lainnya, yaitu mencari pekerjaan.

Jika kamu seorang fresh graduate dan sudah berhasil mendapatkan pekerjaan – selamat! Sekarang saatnya kamu mulai mempersiapkan diri untuk terjun di dunia kerja.

Dirangkum dari Kompas.com, berikut ini lima hal yang wajib diperhatikan fresh graduate agar siap bekerja. Simak ulasan lengkapnya ya!

 

5 Hal yang Wajib Diperhatikan Fresh Graduate

Agar siap Bekerja!

Siap Bekerja, Fresh Graduate Harus Ketahui 5 Hal Ini Terlebih Dahulu Ya!

Siap Bekerja, Fresh Graduate Harus Ketahui 5 Hal Ini Terlebih Dahulu Ya! / Credit: diadona.id

Harus Berani!

Poin pertama yang harus diingat oleh fresh graduate, yaitu berani dan tidak takut gagal! Ketika kamu baru lulus kuliah, maka segera cari pekerjaan sebanyak mungkin. Kamu harus berani mencoba – jangan pernah merasa takut gagal ya.

Jika nantinya kamu tidak diterima oleh suatu perusahaan, tak perlu berkecil hati. Sebab, masih banyak perusahaan lainnya yang tertarik padamu!

 

Idealis Boleh Saja, Tapi Jangan Berlebihan!

Biasanya, seorang fresh graduate memiliki idealisme yang tinggi. Sebenarnya, hal ini tidak salah, lho – tapi hindari terlalu berlebihan. Jangan sampai kamu melupakan realita, karena terlalu idealis ya.

 

Maksimalkan Usahamu

Jika sebelumnya kamu lebih sering mendatangi job fair untuk mencari pekerjaan – tak ada salahnya lho untuk mencoba cari pekerjaan via internet. Tentu saja, ada banyak informasi lowongan pekerjaan yang bisa kamu dapatkan dari berbagai platform.

 

Asah Kemampuan!

Sebagai seorang fresh graduate, nggak ada salahnya untuk mengasah kembali skill yang kamu miliki. Bahkan, kamu bisa mencari kemampuan baru – lalu, diasah kembali!

Hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti berbagai macam kegiatan atau aktivitas tertentu. Misalnya, kalau kamu punya skill menggambar, maka kamu bisa mengasahnya dengan mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan menggambar.

 

Hindari Bermalas-Malasan Ya

Poin terakhir yang wajib diketahui fresh graduate – hindari bermalas-malasan ya! Kamu harus tetap semangat dalam hal apapun. Sebab, jika kamu terlalu sering bersantai, maka akan semakin besar pula rasa malas tersebut – dan akhirnya, kamu bisa jadi penggangguran.

Wah, kamu nggak mau kan kalau hal ini terjadi padamu?

 

 

Nah, itu dia kelima hal yang wajib diperhatikan oleh fresh graduate. Apakah kamu seorang fresh graduate yang sedang mencari maupun sudah mendapatkan pekerjaan? Jangan lupa untuk tetap perhatikan hal-hal penting di atas ya!

 

Featured Image - kumparan.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!