Mendidik Anak Untuk Suka Sayur, Lakukan Dengan Cara yang Menyenangkan

Mendidik Anak Untuk Suka Sayur, Lakukan Dengan Cara yang Menyenangkan

TAGS : Anak tips makan sayur
font size A Ǎ

Mendidik anak untuk suka makan sayur – memang terkadang jadi tantangan yang cukup membuat pusing para orangtua. Tak sedikit orangtua yang bingung menghadapi hal ini, atau bahkan kamu sedang mengalaminya?

Meski terasa sulit, tetapi mendidik anak agar ia suka makan sayur harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan, lho. Sebab, jika orangtua sampai memberi ancaman agar anak mau makan sayur – maka semakin sulit pula ia menjalani hal tersebut.

 

 

Bahkan, jangan sampai si kecil merasa tertekan ketika diarahkan untuk makan sehat ya. Lalu, bagaimana cara mendidik anak agar ia suka makan sayur? Tenang, berikut ini 5 tips yang bisa diterapkan oleh orangtua!

Tak perlu repot kok, bahkan kelima tips ini sungguh menyenangkan!

 

5 Tips Mendidik Anak Agar Suka Makan Sayur

Mudah dan Menyenangkan, Lho!

Mendidik Anak Untuk Suka Sayur, Lakukan Dengan Cara yang Menyenangkan

Mendidik Anak Untuk Suka Sayur, Lakukan Dengan Cara yang Menyenangkan / Credit: limone.id

Menjadi Panutan Bagi Anak

Dalam keseharian, anak pasti menjadikan orangtua sebagai panutannya. Tak jarang, ia akan meniru sikap dari orangtua. Dalam hal mendidik anak agar ia suka makan sayur – kamu pun harus menjadi panutan langsung untuknya.

Tunjukkan ekspresi bahagia ketika makan sayur – maka, ia pun akan mengikutinya! Intinya, jika kamu ingin si kecil suka makan sayur, maka kamu pun perlu memperlihatkan rasa suka ketika makan sayur dihadapannya.

 

Memasak Sayur Bersama

Jika kamu sering menyiasati untuk ‘menyembunyikan’ sayur dalam lauk – tapi, cara ini justru membuat anak makin takut mencoba makanan baru karena khawatir tertipu, maka kamu bisa mencoba cara lainnya!

Yaitu, dengan mengajak anak untuk memasak sayur bersama. Kamu bisa biarkan si kecil memilih sayur yang ia sukai – lalu, buat sajian dengan dalam bentuk yang menarik.

 

Meminta Anak Mencoba Dahulu

Dalam mendidik anak agar ia suka makan sayur, hindari memaksa untuk menghabiskan semua sayuran sekaligus ya! Karena, sebenarnya anak belum bisa beradaptasi dengan rasa sayuran tersebut. Hal ini justru membuatnya makin benci dengan sayuran.

Sebaiknya, biarkan anak mencoba sayuran sesuai kemampuannya. Ketika ia suka familiar dengan rasanya, ia pun akan menambah banyak sayuran yang dikonsumsi sesuai selera.

 

Mendidik Anak Untuk Suka Sayur, Lakukan Dengan Cara yang Menyenangkan

Mendidik Anak Untuk Suka Sayur, Lakukan Dengan Cara yang Menyenangkan / Credit: klikhijau.com

 

Jelaskan Manfaat Sayuran

Ingin anak makin lahap mengonsumsi sayuran? Coba jelaskan berbagai manfaat yang bisa ia peroleh dari rutin mengonsumsi sayur! Jelaskan dengan cerita menarik, sehingga anak pun memahami bahwa makan sayuran itu baik.

 

Beri Apresiasi

Agar si kecil semakin semangat makan sayur, berikan ia apresiasi! Misalnya, sekedar berterima kasih karena sudah berani makan sayur, atau sesekali beri ia hadiah.

 

 

Sembari Mendidik Anak Agar Ia Suka Makan Sayur,

Jangan Lupa Penuhi Kebutuhan Vitaminnya Ya!

Mendidik Anak Untuk Suka Sayur, Lakukan Dengan Cara yang Menyenangkan

Mendidik Anak Untuk Suka Sayur, Lakukan Dengan Cara yang Menyenangkan / Credit: kumparan.com

Nah, hal yang satu ini nggak boleh dilupain sama para orangtua! Sembari mendidik anak agar ia menyukai sayur – pastikan kamu juga sudah memenuhi kebutuhan vitamin serta nutrisinya ya. Lalu, bagaimana caranya?

Selain memberi anak makanan bergizi seimbang, berikan ia suplemen khusus anak untuk penuhi asupan vitamin hariannya. Nah, kamu bisa memberinya multivitamin yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup Anak.

Enervon-C Plus Sirup memiliki kandungan vitamin lengkap untuk si kecil, yaitu, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah tak lagi kebingungan untuk mencari cara agar si kecil suka makan sayur ya? Yuk, kamu bisa mulai menerapkan kelima tips tersebut!

 

Featured Image - lokadata.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!