Ramai Soal Self Love. Apa Pentingnya Mengajarkan Pada Anak Remaja?

Ramai Soal Self Love. Apa Pentingnya Mengajarkan Pada Anak Remaja?

TAGS : Anak tips self love
font size A Ǎ

Kamu pasti sudah mengenal betul kata self love – yang semakin digaungkan beberapa waktu belakangan ini. Ternyata, self love memang penting, lho. Bahkan, ada baiknya orangtua mengenalkan self love pada anak, terutama remaja!

 

 

Kepercayaan diri merupakan salah satu kunci seseorang dapat tampil secara maksimal dalam segala aspek yang dijalani. Untuk memiliki kepercayaan diri yang baik – memang bukanlah hal mudah. Tetapi, cara paling ampuh agar bisa menanamkan rasa percaya diri, yaitu dengan memahami self love – yang dapat diartikan sebagai seseorang yang sudah menerima dan menghargai segala hal yang terkait dengan dirinya, baik secara fisik maupun mental.

Ini berarti, kamu sudah bisa menerima segala kekurangan dan menganggapnya sebagai bagian dari diri kamu.

Mengenalkan dan menanamkan self love pada remaja memang penting adanya. Sebab, pada umur tertentu, anak akan terus mencoba sesuatu yang baru dan telah menetapkan tujuannya terkait suatu hal.

Dengan mengajari remaja soal self love, dapat membantunya tetap kuat meskipun terkadang gagal atau pun mengalami kekecewaaan. Namun, tantangannya adalah bagaimana cara mengajarkan hal ini pada remaja?

Parents, tak perlu khawatir! Berikut ini empat tips yang bisa kamu terapkan untuk ajari self love pada anak remaja.

 

4 Tips Ajari Self Love

Pada Anak Remaja

Ramai Soal Self Love. Apa Pentingnya Mengajarkan Pada Anak Remaja?

Ramai Soal Self Love. Apa Pentingnya Mengajarkan Pada Anak Remaja? / Credit: liputan6.com

Beri Rasa Cinta

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengajari self love pada remaja, yaitu dengan memberinya banyak rasa cinta – dengan begitu, anak tahu bahwa orangtua selalu ada untuknya.

Memberi rasa cinta juga membuat seseorang merasa dihargai, bukan terkait apa yang ia lakukan atau penampilannya. Cara ini dapat membuat anak memahami bahwa menjadi diri sendiri adalah yang terbaik.

 

Rasa Sukses

Sebagai orangtua, kamu bisa memberikan tanggung jawab dan kepercayaan diri dengan membuat anak mampu melakukan berbagai hal – kemudian, ia bisa merasa sukses setelah melewatinya. Dari pengalaman sukses ini dapat menimbulkan rasa self love terhadap diri anak.

 

Omongan Orang Lain

Ramai Soal Self Love. Apa Pentingnya Mengajarkan Pada Anak Remaja?

Ramai Soal Self Love. Apa Pentingnya Mengajarkan Pada Anak Remaja? / Credit: sehatq.com

Poin yang cukup penting dalam menanamkan self love pada anak, yaitu biasakan ia untuk tidak memikirkan omongan orang lain. Ajari anak untuk selalu menjadi diri sendiri, tanpa perlu memikirkan apa yang orang lain pikir baik.

Dengan demikian, anak bisa tampil apa adanya dan nyaman menjadi dirinya sendiri.

 

Berharga dan Istimewa

Remaja juga perlu terus diingatkan bahwa dirinya berharga dan istimewa ya! Sehingga, rasa self love dapat tumbuh tanpa harus membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

 

 

Demikian keempat tips untuk mengajari anak soal self love. Dengan mengajari hal tersebut sejak usia dini – anak dapat menerima diri seutuhnya, meskipun ia memiliki kekurangan.

 

Featured Image - idntimes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!