3 Kota Batik yang Paling Populer di Indonesia. Kamu Sudah Tahu?

3 Kota Batik yang Paling Populer di Indonesia. Kamu Sudah Tahu?

font size A Ǎ

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang penting untuk dijaga. Sebab, batik menjadi satu-satunya jenis pakaian tradisional yang memiliki ciri khas, makna, hingga filosofi yang terkandung di dalamnya.

Jadi, kamu nggak perlu heran ya kalau batik seringkali dijadikan sebagai busana wajib dalam peringatan maupun acara adat tertentu. Saat ini, ada beragam jenis batik di Indonesia – berdasarkan daerah masing-masing, batik memiliki corak khas tersendiri, lho.

Tapi, tahukah kamu bahwa ada tiga kota di Indonesia yang dikenal sebagai Kota Batik dan pusat batik? Kira-kira di mana saja ketiga kota tersebut?

Biar kamu nggak penasaran, yuk langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini!

 

 

3 Kota Batik yang Ada Di Indonesia,

Kamu Sudah Tahu Belum Nih?

3 Kota Batik yang Paling Populer di Indonesia. Kamu Sudah Tahu?

3 Kota Batik yang Paling Populer di Indonesia. Kamu Sudah Tahu? / Credit: mojok.co

Pekalongan, Jawa Tengah

Yang pertama, yaitu Pekalongan – merupakan kota pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang terdaftar sebagai anggota jaringan kota kreatif dunia UNESCO berkat kerajinan batiknya. Dilansir dari Pop Bela – batik khas Pekalongan pun punya beberapa ciri.

Seperti, didominasi oleh warna-warna cerah khas pesisir – misalnya, merah, biru, hijau, violet, dan oranye. Kemudian, batik Pekalongan juga memiliki corak yang penuh dengan ornamen garis dan titik.  

 

Solo, Jawa Tengah

3 Kota Batik yang Paling Populer di Indonesia. Kamu Sudah Tahu?

3 Kota Batik yang Paling Populer di Indonesia. Kamu Sudah Tahu? / Credit: travel.kompas.com

Kampung Batik Laweyan – merupakan kampung yang terkenal sebagai tempatnya pengrajin batik. Berawal sebagai lokasi para pengrajin batik untuk Keraton Surakarta di abad ke-14, kemudian batik khas Solo akhirnya terkenal di seluruh negeri.

Bahkan, saat ini Kampung Batik Laweyan dikenal sebagai situs bersejarah karena proses pembuatan batiknya dan arsitektur bangunan yang khas.

Batik khas Solo dikenal dengan motifnya yang kecil-kecil, namun banyak. Berbeda dengan batik Pekalongan yang penuh warna, batik Solo umumnya hanya punya satu warna yang mendominasi, yaitu cokelat soga kekuningan.

 

Cirebon, Jawa Barat

3 Kota Batik yang Paling Populer di Indonesia. Kamu Sudah Tahu?

3 Kota Batik yang Paling Populer di Indonesia. Kamu Sudah Tahu? / Credit: ayuniverse.com

Pada abad ke 18-19, Cirebon merupakan kota pelabuhan yang ramai dibicarakan. Salah satu komoditas perdagangan utama di sana adalah kain serta tekstil. Jadi, nggak heran kalau Cirebon dinobatkan menjadi salah satu kota batik di Indonesia.

Salah satu motif batik khas Cirebon yang terkenal adalah Batik Mega Mendung. Batik ini terinspirasi dari motif awan khas budaya Tiongkok. Tetapi, motif batik ini selalu digambarkan dengan gradasi warna dari gelap dengan dasar warna yang lebih terang.

 

 

Wah, bagaimana nih? Sudah tak lagi penasaran soal tiga kota batik di Indonesia ya? Dari salah satu kota di atas, apakah kamu sudah pernah mengunjunginya?

 

Featured Image - jual-batik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!