Waspadai Lima Titik Lengah Penularan Virus Corona yang Kerap Diabaikan

Waspadai Lima Titik Lengah Penularan Virus Corona yang Kerap Diabaikan

font size A Ǎ

Kasus virus Corona tidak kunjung usai, justru terus mengalami peningkatan. Terhitung Senin 11 Januari 2021 kemarin, terdapat penambahan sebanyak 8.692 kasus baru sehingga totalnya mencapai 836.719. 

Tak sedikit pasien sudah menerapkan protokol kesehatan namun dinyatakan dirinya positif Covid-19. Untuk menjelaskan hal ini, Dokter Spesialis Penyakit Dalam RA Adaninggar mengatakan ada titik lengah yang terkadang tidak disadari dan menjadi pintu masuk virus corona. Berikut beberapa titik lengah yang harus kamu tahu. 

 

 

Waspadai Lima Titik Lengah Penularan Virus Corona yang Kerap Diabaikan

Waspadai Lima Titik Lengah Penularan Virus Corona yang Kerap Diabaikan / Credit: health.detik.com

Titik lengah pertama di lingkungan kerja, sekolah, dan tempat umum

Titik lengah pertama saat di sekolah, kantor, dan tempat umum. Kamu bisa tertular virus Corona saat makan bareng teman, desak-desakan di lift, berfoto bersama dengan tidak mengenakan masker. Selain itu, saat rapat di kantor maupun belajar kelompok, naik transportasi umum, hingga toilet umum dan tempat wudhu umum.

 

Titik lengah di lingkungan rumah 

Tempat penularan Covid-19 selanjutnya adalah lingkungan rumah ini terjadi ketika makan bareng keluarga yang tidak serumah, beribadah di tempat ibadah, memanggil tukang servis atau pijat ke rumah, kumpul keluarga atau dengan teman yang tidak serumah, pegawai rumah pulang pergi, dan foto bersama dengan membuka masker.

Pasalnya, titik lemah terbesar ketika berkumpul bersama keluarga atau teman yang dianggap aman. Apalagi bila sebelum berkumpul, sudah melakukan tes dan hasilnya negatif.

 

 

Titik lengah di lingkungan sosial 

Titik lengah selanjutnya berada di lingkungan sosial yang dapat tertular ketika makan di acara namun membuka masker, menghadiri pernikahan,  pemakaman, pesta, dan foto bersama tanpa masker, serta menciptakan kerumunan.

 

Titik lengah di aktivitas sehari-hari

Selain lingkungan rumah dan tempat umum lainnya, beberapa aktivitas sehari-hari yang seringkali tidak disadari. Seperti makan bersama, olahraga bersama orang yang tidak serumah serta mengunjungi mall, bioskop, bar, dan restoran.

 

Titik lengah di kos atau asrama

Titik lengah yang terakhir berada di asrama atau kost, penularan Covid-19 dapat terjadi dengan berbagai alat pribadi bersama tamu keluarga atau teman menginap di rumah kerabat.
 

 

Pastikan Kamu Selalu Terapkan Protokol Kesehatan, 

Dan Jaga Kesehatan!

Waspadai Lima Titik Lengah Penularan Virus Corona yang Kerap Diabaikan

Waspadai Lima Titik Lengah Penularan Virus Corona yang Kerap Diabaikan / Credit: lifestyle.kompas.com

Mengingat masih banyaknya titik lengah penularan virus corona, kamu sangat dianjurkan untuk terus menerapkan protokol kesehatan, meliputi memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas. 

Lalu, pastikan pula kamu menjaga kesehatan dengan menjalani gaya hidup sehat. Cara ini penting dilakukan agar imunitas tubuh tetap terjaga. Seperti diketahui, imunitas merupakan perlindungan utama tubuh dari risiko penularan virus. 

Adapun gaya hidup sehat sederhana yang direkomendasikan untuk dilakukan, yaitu mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, rutin berolahraga, usahakan berjemur setiap pagi, hindari stres, serta konsumsi multivitamin

Terkait multivitamin, kamu direkomendasikan minum Enervon-C setiap hari! Mengapa mesti Enervon-C?

Enervon-C mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. 

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, bagi kamu yang sudah mulai beraktivitas di luar rumah, bisa minum Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg. 


 

 

Itulah beberapa titik lengah yang tanpa kita sadari menjadi tempat penyebaran virus Corona. Maka dari itu penting untuk selalu menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, atau hand  sanitizer. 

 

Featured Image - lifepack.id

Source - kompas.tv


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!