Jika kamu seseorang yang suka memikirkan sesuatu secara berlebihan, hati-hati ini artinya kamu seorang yang overthinking! Sebenarnya, sikap ini juga tak melulu buruk, lho – namun, di sisi lain overthinking juga bisa merugikan kamu.

Lalu, bagaimana cara mengatasi overthinking? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini!

 

 

Overthinking merupakan sikap di mana kamu berpikir terlalu berlebihan dan dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga tenaga menjadi terkuras dan tidak ada tindakan yang dilakukan. Selain membuang-buang waktu, overthinking dapat menyebabkanmu mengalami kecemasan.

Kondisi ini nantinya juga dapat mengakibatkan stres, risiko gangguan kejiwaan, depresi, gangguan kecemasan, hingga serangan panik.

Untuk itu, berbagai cara untuk mengatasi overthinking mesti segera diterapkan! Ikuti lima tips berikut ini untuk bantu hilangkan sikap tersebut.

 

5 Tips Atasi Overthinking

5 Tips Efektif Atasi Overthinking. Dapat Hindari Masalah Kesehatan Mental! / Credit: honestdocs.id

Kenali Pemicunya

Overthinking cenderung membuat seseorang memikirkan suatu masalah secara berulang kali – yang dipikirkan masalahnya saja lho, tapi tidak mencari solusinya! Jadi, alih-alih efektif hal ini juga akan membuatmu makin sulit untuk menemukan jalan keluar.

Pada beberapa orang, overthinking muncul ketika menghadapi masalah, untuk itu mencari tahu pemicunya sangat diperlukan ya. Sehingga, kamu bisa lebih waspada dan membatasi diri untuk tidak terlalu memikirkan hal tersebut.

 

Buat Diri Terdistraksi

Lalu, kamu juga bisa mengatasi overthinking dengan melakukan aktivitas lain. Tujuannya agar otak tidak terfokus pada pemicu overthinking dan kamu dapat menahan diri untuk tidak larut dalam memikirkan suatu masalah.

Jadi, pastikan kamu mencari aktivitas yang kamu sukai untuk mendistraksi pikiranmu ya!

 

Batas Waktu Untuk Mengambil Keputusan

5 Tips Efektif Atasi Overthinking. Dapat Hindari Masalah Kesehatan Mental! / Credit: kompasiana.com

Yang paling mudah untuk mengatasi overthinking, yaitu tetapkan batas waktu bagi dirimu untuk berpikir – dan pilih waktu kapan kamu harus sudah menetapkan keputusan. Dengan demikian, kamu tidak terlalu banyak berpikir, yang berujung pada membuang waktu saja.

 

Ambil Tindakan

Jika kamu ingin segera menghilangkan overthinking dalam hidupmu, coba ambil tindakan sekarang juga! Sebab, kalau kamu hanya berpikir saja – tanpa adanya tindakan, tentu tidak ada hasil yang bisa diperoleh.

 

Hindari Terlalu Larut Dalam Penyesalan

Seseorang yang overthinking sering kali tenggelam dalam penyesalan, terlebih ketika salah dalam mengambil keputusan. Adanya skenario kemungkinan “seandainya” hanya dapat memperburuk situasi saja. Jadi, sebaiknya hindari hal ini ya!

Karena, sikap ini tidak membuatmu merasa lebih baik, malah sebaliknya – kamu bisa semakin stres.

 

 

Nah, itulah kelima tips untuk mengatasi overthinking. Intinya, daripada kamu menyesal dan terlalu larut dalam suatu masalah tertentu, ada baiknya kamu move on! Cobalah belajar dari suatu kesalahan dan jadikan acuan untuk ke depannya.

 

Featured Image - mymilk.com