Di masa pandemi yang belum tentu ini, penting untuk menjaga kesehatan keluarga, terutama anak di mana daya tahan tubuhnya masih dalam perkembangan.  Jika tidak diperhatikan anak-anak akan mudah terserang berbagai macam penyakit. Apalagi, kita menghabiskan sebagian waktu di rumah dan pastinya melakukan interaksi dengan anggota keluarga. 

Oleh karena itu, penting menerapkan gaya hidup sehat yang bisa dicontoh oleh anak-anak. Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut? Simak ulasan lengkapnya di sini.

 

 

Menerapkan protokol kesehatan di rumah 

7 Kebiasaan Sehat Keluarga Selama Pandemi yang Perlu Dicontoh Anak / Credit: mooimom.id

Menerapkan protokol kesehatan 3M menjadi hal utama yang harus dilakukan. Orang tua dapat memberi contoh kepada anak, seperti menjaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain. 

Mengutip dari Centers for Disease and Control Prevention, setelah berada di tempat umum atau sehabis menyeka hidung, batuk, dan bersin harus mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik. 

 

Rutin berolahraga 

Menjaga sistem kekebalan tubuh adalah kunci utama selama pandemi. Kebiasaan sehat yang bisa orang tua ajarkan yaitu olahraga di dalam rumah. Selain berguna untuk  menjaga kesehatan dengan aktif bergerak juga dapat melindungi anak dari obesitas. 

Dengan berolahraga secara rutin, orang tua juga dapat melakukan berbagai aktivitas fisik yang menarik dan menyenangkan bersama anak. Seperti menari, bermain bola, membersihkan rumah, dan sebagainya. 

 

Mengonsumsi makanan sehat 

7 Kebiasaan Sehat Keluarga Selama Pandemi yang Perlu Dicontoh Anak / Credit: id.theasianparent.com

Kebiasaan sehat selanjutnya yaitu mengonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi. Sebaiknya ajak anak untuk konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, terutama yang mengandung vitamin C. Seperti, tomat, stroberi, jeruk, brokoli, jambu biji, bayam, leci dan sebagainya. 

 

Mencegah diri dari stress

Selain menjaga kekebalan tubuh, orang tua juga harus memperhatikan kesehatan mental anak. Perubahan yang besar di masa pandemi tentunya membutuhkan adaptasi yang tidak mudah untuk mereka. 

Beberapa tips menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam menjaga kesehatan anak agar terhindar dari stres, diantaranya. 

  • Buat rutinitas baru, dan disiplin dalam menjalankan rutinitas tersebut.
  • Dukung anak dengan pembelajaran di rumah dan pastikan waktu tersedia untuk bermain.
  • Bicarakan hal-hal mengenai COVID-19 dengan anak secara jujur, menggunakan bahasa yang sesuai dengan usia.
  • Bantu anak tetap berhubungan dengan teman dan anggota keluarga lain secara online.
  • Bantu anak menemukan cara positif untuk mengungkapkan perasaan seperti ketakutan dan kesedihan. 
  • Mengajak anak melakukan aktivitas kreatif, seperti bermain atau menggambar, dapat membantu.

 

Tidur cukup

7 Kebiasaan Sehat Keluarga Selama Pandemi yang Perlu Dicontoh Anak / Credit: halodoc.com

Menerapkan pola hidup sehat dengan tidur yang cukup dan berkualitas untuk membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik. Meski jam tidur pada setiap orang berbeda-beda, para ahli menyarankan orang dewasa berusia 18-60 tahun setidaknya tujuh jam atau lebih per malam. 

Sedangkan untuk bayi (Infant) usia 4-11 bulan disarankan untuk tidur sebanyak 12-15 jam per hari. Balita usia 1-2 tahun sebanyak 11-14 jam per hari, dan balita 3-5 tahun disarankan untuk tidur sebanyak 10-13 jam per hari. 

 

Konsumsi air putih 

Menurut Pedoman Gizi Seimbang 2014 dari Kementerian Kesehatan, air merupakan cairan paling baik yang memiliki banyak manfaat. Misalnya membantu pencernaan, membuang racun, sebagai penyusun sel dan darah, serta mengatur keseimbangan asam basa tubuh hingga mengatur suhu tubuh. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan air setiap harinya tercukupi ya. 

 

Perhatikan kondisi kesehatan

Jika anak terlihat sehat-sehat saja, atau tidak ada riwayat penyakit yang diderita bukan berarti orang tua bisa merasa tenang. Terlebih di masa pandemi, lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mengetahui status kesehatan anak. Dengan begitu, apabila ada penyakit atau gangguan pada tubuh, bisa segera ditangani. 

 

 

Konsumsi Vitamin Secara Rutin Wajib Diterapkan Juga, Lho!

7 Kebiasaan Sehat Keluarga Selama Pandemi yang Perlu Dicontoh Anak / Credit: orami.co.id

Menerapkan ketujuh langkah di atas memang penting adanya, sehingga penularan virus dapat diminimalisir. Tapi, yang kerap kali dilupakan, yaitu mengonsumsi vitamin secara rutin! Padahal, kebiasaan baik ini perlu dilakukan lho, terlebih konsumsi vitamin C. 

Seperti diketahui, vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Apalagi, selama pandemi, imunitas yang kuat merupakan perlindungan utama bagi tubuh. Untuk itu, memenuhi kebutuhan vitamin C, salah satunya dengan minum suplemen sangat dianjurkan. 

Tapi, suplemen apa yang direkomendasikan untuk anak? Enervon-C  Plus Sirup bisa jadi pilihan tepat! 

Enervon-C Plus Sirup mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol. Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Lalu, untuk orang dewasa, kamu direkomendasikan minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah sakit. 

Kamu dapat minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg, cocok untuk kamu yang sudah mulai beraktivitas di luar rumah. 

 

 

Selama pandemi, usahakan untuk terus menerapkan ketujuh kebiasaan sehat di atas. Lalu, pastikan pula kamu terus menerapkan protokol kesehatan yang berlaku agar penularan virus dapat diminimalisir.

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - orami.co.id