Tanaman Hias Tak Sekedar Pemanis Saja, Tapi Ada Banyak Manfaatnya! Apa Saja?

Tanaman Hias Tak Sekedar Pemanis Saja, Tapi Ada Banyak Manfaatnya! Apa Saja?

font size A Ǎ

Tanaman hias biasa digunakan sebagai dekorasi ruangan. Namun, tidak melulu mengenai estetika, masih ada serangkaian manfaatnya yang jarang sekali kita ketahui. Berikut 10 kegunaan tanaman hias bagi kesehatan. 

 

 

Tanaman Hias Tak Sekedar Pemanis Saja, Tapi Ada Banyak Manfaatnya! Apa Saja?

Tanaman Hias Tak Sekedar Pemanis Saja, Tapi Ada Banyak Manfaatnya! Apa Saja? / Credit: bunnings.co.nz

Menghilangkan racun udara

Hasil penelitian yang dilakukan oleh NASA membuktikan bahwa tanaman hidup menjernihkan udara karena mampu menghancurkan 87% racun dalam 24 jam yang berasal bahan kimia organik yang gampang menguap dari karpet, tas belanja, hingga koleksi buku. 

 

Membuat tidur semakin nyaman 

Dengan adanya tanaman hias di kamar tidur dapat membuat tidur semakin nyenyak. Hal ini karena tanaman menghembuskan oksigen di siang hari, jadi ruangan yang dipenuhi dengan oksigen membantu kita untuk lebih mudah terlelap. 

 

Membantu penyembuhan 

Hasil dari studi Kansas State University, pasien di rumah sakit yang ditemani tanaman hidup di ruangannya terbukti lebih cepat sembuh dibandingkan mereka yang ada di ruangan tanpa tanaman.  

 

Memperbaiki suasana hati 

Tanaman Hias Tak Sekedar Pemanis Saja, Tapi Ada Banyak Manfaatnya! Apa Saja?

Tanaman Hias Tak Sekedar Pemanis Saja, Tapi Ada Banyak Manfaatnya! Apa Saja? / Credit: femalenetwork.com

Manfaat selanjutnya yaitu memberikan kesegaran dan relaksasi pada ruangan, sehingga memperbaiki suasana hati. Tanaman hidup memberikan getaran positif dan mengurangi stress, serta mampu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas sebesar 15%. 

 

Meningkatkan daya ingat 

Kamu sering kelupaan meletakkan barang? Tidak ada salahnya kamu penuhi rumah dengan tanaman hias. Menurut hasil studi The University of Michigan, orang yang sering menghabiskan waktu di alam mengalami peningkatan pada perhatian dan memorinya sebanyak 20%.

 

Mengembangkan kecerdasan emosi 

Merawat tanaman hidup dapat mengembangkan kecerdasan secara emosional. Orang tua bisa mengajak anak untuk berpartisipasi merawat tanaman dan juga mengajarkan rasa sayang, dan rasa peduli terhadap lingkungan. 

 

Meningkatkan daya tahan tubuh 

Tanaman Hias Tak Sekedar Pemanis Saja, Tapi Ada Banyak Manfaatnya! Apa Saja?

Tanaman Hias Tak Sekedar Pemanis Saja, Tapi Ada Banyak Manfaatnya! Apa Saja? / Credit: hellodoctor.com.ph

Beberapa tanaman hias seperti devil's ivy terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Hasil studi bangunan kantor Paharpur yang memiliki lebih dari 1.200 tanaman devil’s ivy adalah bangunan paling sehat di India. Dibanding pekerja di bangunan lain, karyawan kantor Paharpur menunjukkan tingkat penyakit harian (asma, iritasi mata, sakit kepala, masalah pernapasan) yang jauh lebih rendah.

 

Meredakan flu dan batuk 

Ternyata salah satu tanaman hias jenis eucalyptus bisa menyembuhkan penyakit flu dan batuk. Dengan menghirup aroma eucalyptus, batuk berdahak, pilek, hidung mampet, akan terasa lega. Hal itu karena adanya dekongestan alami yang memiliki efek melegakan. 

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa kombinasi khusus eucalyptus, ekstrak jeruk nipis, dan pinus bisa digunakan untuk membantu mengatasi bronkitis.

 

Menjaga kesehatan mental 

Menaruh tanaman hias di rumah akan memancarkan getaran positif bagi kehidupan kita. Melihat warna yang hijau alami atau menghirup aromanya mampu memelihara kondisi mental manusia. 

 

Meningkatkan konsentrasi 

Kadar karbondioksida atau CO2 yang berlebih dalam ruangan dapat membuatmu mudah lelah, letih, dan lesu. Kondisi ini tentu mengganggu kelancaran aktivitas dan menurunkan tingkat produktivitas.

Dengan adanya tanaman hias di dalam ruangan atau di meja kerjamu, CO2 akan terserap dan tergantikan oleh O2 yang dibutuhkan tubuh sehingga dapat meningkatkan konsentrasi bekerja kamu. 

 

 

Featured Image - treehugger.com

Source - orami.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!