Banyaknya urusan yang harus dikerjakan dalam sehari bisa membuatmu sering menunda waktu makan. Pagi hari, kamu cenderung melewatkan sarapan karena takut keburu terjebak macet. Siangnya ketika benar-benar lapar, kamu justru memilih untuk jajan sembarangan di pinggir jalan yang serba seadanya dan cepat saji. Malam harinya, kamu mungkin melewatkan lagi waktu makan karena lembur atau kecapekan. Ketika pola makan seperti ini terus berlanjut lama, produktivitas kerja bisa ikut terpengaruh.

Tubuhmu membutuhkan energi untuk bisa beraktivitas setiap hari. semua yang dimakan akan mempengaruhi tubuhmu berfungsi dan seberapa baik kinerjanya. Pemilihan jenis dan porsi makanan yang salah dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan yang akhirnya dapat mengancam produktivitas kerjamu.

Credit: Hipwee

Jika kamu malah jadi ngantuk, lemas, dan sakit kepala setelah makan siang itu artinya kamu salah pilih makanan. Berbagai efek ini muncul karena makanan yang biasanya ada di tempat umum cenderung tinggi karbohidrat, lemak, dan kalori tapi minim gizi.

Selain itu, kamu juga cenderung lebih lemot setelah makan banyak karena asupan gula darah ke otak menurun drastis. Otak yang lemot dapat menurunkan kemampuanmu untuk sigap dalam memecahkan masalah, mengingat, mengolah informasi, dan fokus. Semua efek inilah yang kemudian saling bekerja sama berpartisipasi membuat produktivitas kerjamu jadi menurun.

Tips makan sehat agar bisa tetap produktif

Asupan nutrisi yang buruk tidak akan memberikan energi tahan lama yang kamu butuhkan untuk bekerja. Padahal, produktivitas kerja dan kesehatan tubuh secara keseluruhan dalam jangka panjang bergantung pada asupan gizi yang tepat. Agar bisa terus produktif sepanjang hari tanpa cepat capek, ikuti tips berikut:

1. Jangan lewatkan sarapan

Credit: IDNTimes

Hindari untuk melewatkan sarapan dan pastikan menu sarapanmu sehat. isi piring sarapanmu dengan protein rendah lemak seperti telur rebus, daging tanpa lemak, susu atau yogurt, atau kacang- kacangan. Kemudian karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, atau sereal gandum. Dan serat dari buah serta sayuran segar.

Kombinasi gizi ini mampu menyediakan energi yang tahan lama dan menjaga kadar gula darah  tetap stabil, sehingga kamu tidak cepat lemas dan mengantuk di tempat kerja.

2. Jangan telat makan siang

Credit: Lifestyle Okezone

Sering telat makan siang atau malah tidak sama sekali justru membuatmu makin tidak produktif. Karena, pasokan glukosa ke otak akan semakin menipis dalam 4-6 jam sejak waktu makan terakhir. Jika bahan bakar tubuh tidak diisi ulang, tubuhmu tidak akan mendapatkan vitamin, mineral, protein, dan energi yang dibutuhkan.

3. Sebaiknya bawa bekal

Credit: Kompasiana

Untuk menghindari godaan jajan makanan instan, ada baiknya kamu bawa bekal dari rumah untuk dimakan di kantor. Dengan begitu, kamu bisa lebih ketat menyeleksi sumber makanan yang sehat dan bergizi seimbang.

Ketika kamu makan sehat, tubuh akan lebih efektif memproses nutrisi dan memaksimalkannya untuk menghasilkan energi yang optimal.

 

Featured Image - Liputan6