Selama pandemi, anak melakukan proses belajar di rumah saja. Kebijakan ini diambil untuk meminimalisir kontak fisik, sehingga anak belajar di rumah – tapi, orangtua tak boleh lupa untuk tetap penuhi kebutuhan nutrisinya ya!

Memenuhi kebutuhan nutrisi anak selama ia belajar di rumah, merupakan kunci terpenting lho. Nutrisi dapat menjaga kesehatan anak, sehingga imunitas tubuhnya tetap terjaga dan mampu melawan berbagai macam penyakit.

Selain itu, nutrisi yang tepat pun dapat bantu kegiatan belajar di rumah – dapat membuat anak tetap fokus, jadi ia pun lebih mudah memahami pelajaran yang diberikan.

 

 

Poin penting yang juga perlu diketahui orangtua – pastikan anak tetap makan tepat waktu. Hindari melewatkan jam makan, atau membiarkan anak sembarangan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Hal ini akan berdampak bagi kesehatannya selama pandemi.

Jangan lupa untuk memerhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi anak ya! Pastikan anak mendapatkan berbagai nutrisi penting – usahakan sejumlah nutrisi ini ada di setiap waktu makannya. Lalu, apa saja nutrisi yang mesti diberikan?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

5 Nutrisi Penting,

Wajib Diberikan Selama Anak Belajar Di Rumah!

Penuhi Nutrisi, Jadi Cara Jitu Jaga Kesehatan Anak Selama Belajar di Rumah / Credit: halodoc.com

Karbohidrat

Asupan nutrisi yang satu ini memang penting diperoleh anak, mengingat peran karbohidrat sebagai penghasil energi. Ingat, meskipun anak belajar di rumah – ia tetap membutuhkan energi agar semakin semangat!

Jadi, asupan karbohidrat mesti ada dalam menu makannya, terutama sarapan sebelum ia memulai belajar. Kamu bisa berikan sumber karbohidrat yang baik, seperti roti gandum, atau sereal.

 

Protein

Selanjutnya, protein juga nggak boleh dilewatkan dalam menu makanan si kecil! Nutrisi yang satu ini memiliki banyak manfaat, termasuk untuk memperbaiki sel-sel tubuh dan mendukung tumbuh kembang anak.

Salah satu sumber protein yang mudah diperoleh dan dioleh, yaitu telur. Jadi, kamu bisa berkreasi dengan bahan makanan tersebut, misalnya menyajikan nasi dan telur, atau roti dengan isian telur!

 

Serat

Selain dari buah dan sayur, serat juga dapat diperoleh dari sumber karbohidrat kompleks, seperti serealia. Nah, kamu bisa berikan sumber serat ini di setiap waktu makan anak, mulai dari sarapan hingga makan malam.

Asupan serat yang cukup dapat membantu menjaga pencernaan anak, serta meningkatkan daya tahan tubuhnya, lho.

 

Lemak

Penuhi Nutrisi, Jadi Cara Jitu Jaga Kesehatan Anak Selama Belajar di Rumah / Credit: health.kompas.com

Nutrisi yang satu ini juga penting, ya! Tapi, pastikan kamu memberikan anak asupan lemak yang baik – seperti dari daging, ikan, dan kacang-kacangan. Lemak yang baik berguna dalam membantu fungsi kognitif anak, sehingga anak bisa berkonsentrasi selama belajar di rumah.

 

Vitamin dan Mineral

Nggak boleh dilewatkan! Asupan vitamin dan mineral juga wajib dipenuhi anak setiap harinya. Salah satu vitamin yang penting, yaitu vitamin A, vitamin B kompleks, Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat optimalkan proses tumbuh kembang si kecil.

Selain dari sumber makanan, sejumlah vitamin tersebut bisa diperoleh dengan memberi si kecil multivitamin khusus anak! Tapi, multivitamin apa yang direkomendasikan? Kamu bisa pilih Enervon-C Plus Sirup ya.

Enervon-C Plus Sirup memiliki kandungan vitamin lengkap untuk si kecil, yaitu, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

 

Yuk, moms mulai sekarang pastikan kamu sudah mencukupi sejumlah kebutuhan nutrisi anak tersebut ya! Cara ini dapat bantu menjaga kesehatan si kecil, sekaligus optimalkan proses belajarnya selama di rumah.

 

Featured Image - klikdokter.com