Makan Sayur dan Buah, Penting Dilakukan Sebelum Diberi Vaksin Covid-19

Makan Sayur dan Buah, Penting Dilakukan Sebelum Diberi Vaksin Covid-19

font size A Ǎ

Mulai diedarkannya vaksin corona memang menjadi suatu titik terang, dalam upaya penghentikan pandemi yang sudah setahun terjadi. Jika sebelumnya Presiden Joko Widodo, serta segenap pihak lainnya yang telah memperoleh vaksin – tak lama lagi, masyarakat umum pun juga akan segera divaksinasi.

Tetapi, ada satu poin yang mesti diketahui dan diterapkan masyarakat – ini terkait sebelum memperoleh vaksin Covid-19. Hal tersebut, yaitu masyarakat dianjurkan mengonsumsi sayuran dan buah terlebih dahulu sebelum divaksinasi.

Dilansir dari CNN Indonesia, Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Kemayoran, Jakarta, Endang Murdiati – dalam wawancaranya mengatakan bahwa sebelum vaksin, alangkah baiknya jika masyarakat makan sayur dan buah dahulu.

Sebab, sayuran dan buah mengandung berbagai vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh – jadi, hal ini dinilai penting dilakukan jelang penyuntikan vaksin Covid-19.

 

 

Makan Sayur dan Buah, Penting Dilakukan Sebelum Diberi Vaksin Covid-19

Makan Sayur dan Buah, Penting Dilakukan Sebelum Diberi Vaksin Covid-19 / Credit: onceuponachef.com

Tak hanya penting untuk menjaga imunitas tubuh, tetapi sayuran dan buah dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar, sehingga tubuh lebih siap untuk disuntik vaksin yang nantinya bisa menimbulkan kondisi tertentu. Salah satunya, rasa pegal – yang mungkin terasa kurang nyaman bagi sebagian orang.

Lalu, masyarakat juga mesti menjaga kesehatan secara keseluruhan. Memenuhi waktu tidur dapat menjaga tubuh tetap fit menjelang vaksinasi. Ketika tubuh tak dalam kondisi prima, maka vaksin tidak akan boleh disuntikkan.

Yang terpenting – masyarakat juga mesti menghindari stres! Jangan merasa takut atau canggung sebelum disuntik vaksin. Terkadang, ada orang yang kalau disuntik tangannya jadi dingin, bahkan ada pula yang justru pingan.

Hal ini bukan karena vaksinnya, namun akibat penerima vaksin kurang siap. Jadi, untuk kondisi seperti ini seharusnya bukan lagi menjadi masalah.

 

Makan Sayur dan Buah, Penting Dilakukan Sebelum Diberi Vaksin Covid-19

Makan Sayur dan Buah, Penting Dilakukan Sebelum Diberi Vaksin Covid-19 / Credit: cnnindonesia.com

Setelah mendapatkan vaksin, masyarakat juga diminta untuk tetap menjalani protokol kesehatan, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas – sebab, vaksin tidak bisa 100 persen melindungi tubuh dari ancaman virus.

Jadi, menjalani sejumlah protokol kesehatan setelah memperoleh vaksin penting dijalani.

Kemudian, terus menjaga daya tahan tubuh juga menjadi hal yang krusial. Memerhatikan asupan gizi seimbang, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, hingga menghindari hal-hal yang membuat stres – termasuk cara sederhana untuk menjaga kekebalan.

Mengonsumsi suplemen juga sangat dianjurkan, terlebih vitamin C dan vitamin B kompleks yang memang memiliki peran untuk meningkatkan imunitas tubuh. Terkait suplemen, kamu disarankan minum Enervon-C yang punya sejumlah kandungan lengkap.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat konsumsi Enervon-C tablet yang memiliki kandungan 500 mg Vitamin C, Atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg – cocok untuk kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah, sehingga membutuhkan perlindungan ekstra.

 

 

Setelah mengetahui informasi di atas, kamu diharapkan menerapkannya sebelum mendapatkan vaksinasi. Hingga saat ini, belum ada keluhan serius yang dilaporkan dari para peserta vaksin Covid-19 di RSUD Kemayoran.

Pemprov DKI Jakarta sendiri menargetkan vaksinasi pada 7,9 juta warga. Dan ditahap pertama ini, DKI Jakarta sudah mendistribusikan vaksin ke 488 fasilitias kesehatan, serta memberi prioritas vaksin untuk para tenaga kesehatan.

 

Featured Image - statesmanjournal.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!