4 Etika Bisnis yang Mesti Dimiliki Oleh Para Pengusaha!

4 Etika Bisnis yang Mesti Dimiliki Oleh Para Pengusaha!

font size A Ǎ

Buat kamu para pelaku usaha, apakah kamu sudah menerapkan keempat etika bisnis tepat, seperti yang menjadi ulasan kali ini?

 

 

Dalam menjalani bisnis, tentu saja tidak hanya membutuhkan kemampuan. Tetapi, diperlukan pula etika bisnis. Hal ini penting dalam menjalani usaha tertentu, sebab etika bisnis merupakan suatu peraturan tidak tertulis – mengenai apa yang benar dan tidak dalam menjalani bisnis.

Untuk itu, para pelaku usaha mesti memahami mengenai etika bisnis. Jika tidak menerapkan etika bisnis, justru dapat membuat persaingan menjadi tidak sehat dan saling menjatuhkan antara pebisnis lainnya.

Selain itu, adanya etika bisnis juga dapat membuat usaha tersebut dapat berjalan lebih lancar, bisa digunakan untuk membangun image pemilik bisnis yang baik, hingga menjadikan bisnis tersebut memiliki kreadibilitas.

Dan tentu saja, etika bisnis bisa membantu membangun hubungan antara karyawan dan manajemen yang baik – sebab, perusahaan sudah mampu menjalani sejumlah nilai-nilai yang tepat.

Berbicara soal etika bisnis, setidaknya ada empat poin yang wajib dimiliki oleh para pelaku usaha. Apa saja keempat hal tersebut?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

 

4 Etika Bisnis Ini

Wajib Dimiliki Pelaku Usaha!

4 Etika Bisnis yang Mesti Dimiliki Oleh Para Pengusaha!

4 Etika Bisnis yang Mesti Dimiliki Oleh Para Pengusaha! / Credit: jurnal.id

Sudah Pasti, Sikap Jujur

Yang paling penting, yaitu kejujuran. Para pelaku bisnis mesti bisa jujur kepada pihak konsumen maupun klien. Karena, konsumen berhak tahu mengenai produk yang kamu tawarkan, lho. Mulai dari bahan, hingga kualitas produk yang dijual.

Hindari membuat pernyataan palsu mengenai kualitas produk. Intinya, jangan sampai kamu berbohong pada konsumen – karena, hal ini bisa membuat image bisnis kamu jadi buruk!

 

Baik Kepada Semua Orang

Etika bisnis selanjutnya adalah mampu bersikap baik kepada semua orang. Dengan demikian, image kamu akan menjadi baik, bahkan meningkat! Tak hanya citra diri sendiri saja, lho – tetapi, hal ini bisa bantu meningkatkan image baik bisnismu.

 

Ini Juga Penting, Anti Suap!

4 Etika Bisnis yang Mesti Dimiliki Oleh Para Pengusaha!

4 Etika Bisnis yang Mesti Dimiliki Oleh Para Pengusaha! / Credit: kaba12.co.id

Suap merupakan kasus yang kerap terjadi dalam dunia bisnis. Tapi, jangan biarkan kamu tergiur akan hal ini juga, ya! Menerima suap – sudah pasti bukanlah tindakan terpuji, namun hal ini juga dapat merusak image kamu dan bisnismu.

Selain itu, kamu juga bisa terancam berurusan dengan hukum, lho. Jadi, etika bisnis yang satu ini juga mesti dimiliki!

 

Mampu Bersikap Dewasa

Bersikap dewasa dapat menguntunganmu dalam menjalani bisnis. Jika tidak, kamu akan lebih sulit dalam mengurus bisnis, hingga membuat bisnis berkembang.

Hindari terlalu mementingan ego. Untuk bisa mengambil keputusan dalam berbisnis – kamu mesti bersikap dewasa. Hal ini juga penting, terlebih kamu yang ingin menjalani partnership dengan rekan bisnis lainnya.

 

 

Wah, bagaimana nih? Buat kamu yang memiliki usaha, sudahkah kamu menerapkan keempat etika bisnis dasar tersebut? Dengan memiliki etika bisnis yang baik, kamu pun bisa bantu membangun image bisnis yang baik pula, lho! Sudah pasti, hal ini dapat bantu mengembangkan usahamu, ya.

 

Featured Image - fpedia.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!