7 Tips Mendidik Anak Soal Hidup Sehat. Perlu Dicoba Nih!

7 Tips Mendidik Anak Soal Hidup Sehat. Perlu Dicoba Nih!

font size A Ǎ

Mendidik anak sekaligus membiasakannya untuk hidup sehat penting dilakukan sejak ia usia dini, lho! Parents, tak perlu takut sulit mengajarkannya ya – sebab, ketujuh tips berikut ini bisa bantu kamu dalam mendidik anak hidup sehat!

 

 

Mengajari anak hidup sehat, berarti kamu sudah berperan dalam mengoptimalkan pertumbuhannya. Selain itu, hal ini juga dapat membuat anak sadar mengenai pentingnya asupan nutrisi yang cukup, serta bergerak aktif sepanjang hari.

Si kecil pun akan memahami bahwa mengonsumsi terlalu banyak kalori, serta menjalani berbagai gaya hidup tak sehat lainnya dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, hingga penyakit jantung.

Meski sering kali dianggap sulit, tetapi mendidik anak untuk hidup sehat tak sesulit yang dibayangkan, kok! Parents, bisa memulainya dengan menerapkan berbagai tips sederhana ini.

Silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya.

 

7 Tips Mendidik Anak Jalani Hidup Sehat

7 Tips Mendidik Anak Soal Hidup Sehat. Perlu Dicoba Nih!

7 Tips Mendidik Anak Soal Hidup Sehat. Perlu Dicoba Nih! / Credit: ibudanbalita.com

Atur Porsi Makan

Langkah pertama dalam mendidik anak soal hidup sehat, yaitu ajari prinsip mengenai porsi makan – hindari makan atau minum secara berlebihan, jadi poin penting. Anak perlu diajari mengukur porsi makan, salah satunya dengan membandingkan dengan benda lain.

Misalnya, konsumsi sayur dan buah sekitar satu kepalan tangan, karbohidrat sebesar satu scoop es krim, ikan atau daging sebesar telapak tangan, serta keju sekitar satu ruas ibu jari.

 

Kunyah Makanan Perlahan

Anak juga perlu diajari soal mengunyah makanan secara perlahan. Hal ini dapat membantu mengenali apakah ia masih lapar atau sudah kenyang. Lalu, biasakan pula untuk menunggu 15 menit, ketika anak ingin nambah makanan.

 

Berbelanja dan Siapkan Makanan

7 Tips Mendidik Anak Soal Hidup Sehat. Perlu Dicoba Nih!

7 Tips Mendidik Anak Soal Hidup Sehat. Perlu Dicoba Nih! / Credit: kumparan.com

Mengajaknya melakukan kedua kegiatan ini – juga bisa kamu terapkan dalam proses mendidik anak hidup sehat, lho. Ketika berbelanja, kamu juga bisa ajari anak membaca kandungan nutrisi pada label kemasan.

Lalu, dengan mengajaknya mengolah makanan bersama, hal ini dapat membuat anak makin terampil dalam memasak ketika ia dewasa.

 

Makan Bersama Keluarga

Ketika makan bersama keluarga, coba isi dengan percakapan atau cerita yang menyenangkan. Atau, parents juga bisa sembari menjelaskan kandungan nutrisi dari makanan yang sedang ia konsumsi, lho.

 

Hindari Jadikan Makanan Sebagai Hukuman Atau Penghargaan

7 Tips Mendidik Anak Soal Hidup Sehat. Perlu Dicoba Nih!

7 Tips Mendidik Anak Soal Hidup Sehat. Perlu Dicoba Nih! / Credit: halodoc.com

Hal ini wajib dihindari dalam urusan mendidik anak soal hidup sehat, ya! Misalnya, menghukum anak untuk langsung tidur tanpa memberinya makan malam, hanya membuat si kecil kelaparan. Begitu pula dengan memberi makanan manis – sebagai penghargaan.

Kebiasaan ini hanya akan membuat anak merasa jenis makanan tertentu lebih penting dibanding makanan sehat.

 

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Membiasakan anak minum air putih yang cukup juga penting, ya. Hindari memberinya terlalu banyak minuman manis, karena dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes.

 

Biasakan Rutin Berolahraga

Hidup aktif dan rutin berolahraga ternyata tak sesulit yang dibayangkan, kok. Justru, kegiatan ini bisa menjadi ajang kamu dan anak menjadi lebih dekat! Ajak si kecil untuk berolahraga ringan, seperti jalan di sekitar rumah, atau naik sepeda.

 

 

Dukung Hidup Sehat Anak,

Dengan Beri Ia Multivitamin Tepat!

Dalam mendidik anak soal hidup sehat – tak hanya soal menerapkan ketujuh tips di atas saja, lho. Kamu juga perlu mendukungnya dengan memberi asupan vitamin yang tepat! Selain dari sumber makanan, pastikan kamu memenuhi kebutuhan vitamin anak dari multivitamin.

Parents, bisa berikan multivitamin yang punya kandungan lengkap, memiliki kadar gula rendah, serta berbentuk sirup! Ketiga hal ini bisa diperoleh dari Enervon-C Plus Sirup, lho.

Enervon-C Plus Sirup memiliki kandungan vitamin lengkap, seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Nah, beragam vitamin tersebut dapat membantu menjaga imun tubuh anak, bantu memenuhi kebutuhan nutrisinya, memelihara kesehatan anak selama masa pertumbuhan, meningkatkan nafsu makan, serta bantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

 

 

Jadi, tunggu apa lagi? Sudah saatnya kamu mendidik anak soal hidup sehat. Sebab, kebiasaan ini dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan anak, bahkan hingga ia dewasa nanti!

 

Featured Image - mybaby.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!