Selama pandemi, selain menjaga kesehatan agar daya tahan tubuh tetap terjaga – memerhatikan kebersihan juga jadi hal yang penting dilakukan. Jika kamu dianjurkan untuk rutin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, kamu pun sebaiknya selalu membersihan benda-benda di sekitarmu.

Mengingat, ada sejumlah benda yang kerap kali disentuh banyak orang. Tentu saja, hal tersebut bisa jadi media perpindahan virus. Untuk itu, melakukan disinfeksi secara berkala sangat direkomendasikan.

 

 

Meski demikian, ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan selama melakukan disinfeksi benda-benda yang ada di sekitarmu. Sebab, jika salah menggunakan produk – maka virus maupun kuman tidak akan terbasmi secara maksimal.

Untuk memastikan proses disinfeksi sudah dilakukan dengan benar, berikut ini 5 poin yang perlu diperhatikan.

 

Deretan Hal Terkait Disinfeksi yang Wajib Kamu Ketahui! / Credit: kompas.com

Disinfeksi dan Membersihan Itu Berbeda

Perlu diketahui bahwa kedua hal tersebut berbeda, tapi sayangnya masih banyak orang yang mengira sama. Membersihkan berarti kamu menghilangkan kotoran dan kuman dari suatu permukaan maupun benda. Sementara, saat melakukan disinfeksi kamu harus benar-benar membunuh kuman maupun virus yang menempel.

Membersihan memang dapat membantu, tetapi mendisinfeksi merupakan pilihan yang lebih baik lagi.

 

Menunggu Sebelum Lap Cairan Disinfektan

Ketika menyemprotkan disinfektan, kamu tak boleh langsung menghapus atau dilap – sebab, dengan cara ini virus dan kuman justru tidak akan mati. Sebaiknya, tunggu terlebih dahulu sekitar 10 menit, agar cairan disinfektan bisa membunuh kuman secara maksimal.

 

Ingin Membuat Disinfektan Sendiri? Pemutih Bisa Jadi Pilihan

Deretan Hal Terkait Disinfeksi yang Wajib Kamu Ketahui! / Credit: sehatq.com

Pemutih merupakan salah satu disinfektan yang efektif dan mudah digunakan. Bahan yang satu ini juga bisa digunakan untuk membuat cairan disinfektan sendiri di rumah.

Tetapi, hindari menggunakan pemutih – jika kamu atau anggota keluarga memiliki masalah pada saluran pernapasan, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), maupun gangguan saluran pernapasan lainnya.

Jika kamu tak memiliki gangguan pernapasan, maka kamu bisa menggunakan pemutih untuk disinfeksi benda-benda. Jangan lupa, gunakan sarung tangan saat melakukan proses disinfeksi.

 

Tetap Cuci Tangan

Pastikan kamu mencuci tangan sebelum dan sesudah proses disinfeksi. Lalu, gunakan pula sarung tangan lateks selama proses pembersihan – agar kulit bagian tangan tidak terkena cairan disinfektan, yang mungkin bisa menimbulkan alergi.

 

Lakukan Secara Rutin

Agar hasilnya semakin maksimal dan tidak ada virus maupun kuman yang menempel pada benda-benda di rumahmu. Lakukan disinfeksi secara rutin. Misalnya, disinfeksi seisi rumah setidaknya seminggu sekali, dan beri perhatian khusus pada benda yang lebih sering disentuh.

 

 

Featured Image - pennmedicine.org

Source - popmama.com