5 Tanda Kamu Overthinker, Hati-Hati Bisa Bikin Stres dan Lemahkan Imunitas!

5 Tanda Kamu Overthinker, Hati-Hati Bisa Bikin Stres dan Lemahkan Imunitas!

font size A Ǎ

Dalam kehidupan sehari-hari, nggak jarang kamu sering memikirkan hal secara mendalam. Memang, ini merupakan hal wajar – tapi, kalau dilakukan secara berlebihan, kamu dapat alami overthinking, lho! Padahal, bisa jadi sesuatu yang kamu pikirkan belum tentu terjadi.

Overthinking kerap kali jadi permasalahan bagi sebagian besar orang. Untuk kamu yang suka berpikir berlebihan – pasti suka membuat berbagai macam skenario mengenai masa depan, maupun hal yang tidak mungkin terjadi.

Apakah kamu sedang alami kondisi demikian? Hati-hati, kebiasaan overthinking bisa memengaruhi kesehatan tubuh, termasuk menurunkan imunitas. Padahal, kekebalan tubuh yang kuat – jadi poin penting, terlebih di kondisi saat ini. Nah, biasanya para overthinker dapat merasakan lima tanda pasti. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya.

 

 

Sering Memikirkan Kejadian Memalukan

5 Tanda Kamu Overthinker, Hati-Hati Bisa Bikin Stres dan Lemahkan Imunitas!

Credit Image - kumparan.com

Kalau kamu pernah mengalami suatu kejadian memalukan, tapi tidak bisa berhenti memikirkannya – ini berarti kamu sedang alami overthinking! Kamu mungkin tidak serta merta mudah untuk melupakan kejadian tersebut. Misalnya, kamu tak sengaja jatuh di tempat umum – maka kejadian itu akan terus dipikirkan, bahkan dalam waktu yang cukup lama.

 

Panik Saat Tak Dapat Respon Cepat

Ketika kamu mengirimkan pesan ke orang lain dan tidak mendapatkan balasan dalam waktu singkat – kamu mungkin langsung merasa khawatir. Dari sini, berbagai pertanyaan pun muncul, seperti apakah kamu telah berbuat salah pada orang tersebut. Bahkan, sebelum mengirim pesan tersebut – kamu sudah overthinking dahulu dan khawatir jika mengganggu orang yang akan kamu kirimi pesan.

 

Cemas Akan Segala Hal

5 Tanda Kamu Overthinker, Hati-Hati Bisa Bikin Stres dan Lemahkan Imunitas!

Credit Image - halodoc.com

Dalam hidup ini, nggak semua hal bisa kamu kendalikan. Tetapi, seorang overthinker cenderung sering memikirkannya, sampai mencemaskan hal-hal yang di luar kendali. Seperti, khawatir akan pendapat orang lain terhadap dirimu. Padahal, kamu tidak bisa mengendalikan pikiran dan pendapat orang lain – sekuat apapun kamu berusaha.

 

Terlalu Banyak Berpikir, Sedikit Bertindak

Seorang yang sedang mengalami overthinking juga punya kebiasaan – lebih sering berpikir, ketimbang melakukan aksi nyata. Umumnya, kamu mudah terjebak dalam pikiran secara mendalam dan berlebihan.  

Misalnya, ketika mendapatkan project baru – dengan mudahnya segala rencana detail dapat diselesaikan. Namun, pada akhirnya kamu lebih sering berpikir dan merencanakan tanpa melakukan tindakan apapun.

 

Merasa Khawatir Berlebihan

5 Tanda Kamu Overthinker, Hati-Hati Bisa Bikin Stres dan Lemahkan Imunitas!

Credit Image - health.kompas.com

Karena sering mengalami overthinking – nggak jarang kamu jadi mudah cemas dan khawatir akan berbagai hal, bahkan sesuatu yang belum terjadi. Selain itu, berbagai pikiran negatif pun bermunculan di benakmu. Pertanyaan what if – jadi pertanyaan yang sering dipikirkan, terutama dalam membuat keputusan. Akibatnya, kamu pun terlalu khawatir saat memikirkan hal-hal yang menanti di masa depan. Intinya, let it flow aja ya!

Jika kamu mengalami kelima tanda di atas – ini artinya kamu sedang alami overthinking! Yuk, segera atasi – agar dampak buruknya, terlebih dalam hal kesehatan nggak makin merugikanmu.

 

 

Yang perlu juga diingat – selalu optimalkan daya tahan tubuhmu dengan minum multivitamin. Kamu direkomendasikan minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang baik untuk menjaga daya tahan tubh agar tidak mudah sakit.

Kamu bisa pilih Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg – yang bisa berikan perlindungan ekstra!

 

Featured Image - jovee.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!